Julukan Beberapa Produk Mercedes Benz Klasik Di Indonesia

Sulitnya mengingat kombinasi angka dan huruf yang menandakan kode bodi dan generasi mobil produk Mercedes Benz, orang Indonesia kemudian menciptakan beberapa julukan unik, berdasarkan bentuknya hingga sejarahnya. Simak penjelasannya dibawah ini:

  • "Mercy Kentang" dipakai untuk menyebut Mercedes-Benz W120 dan W121 yang muncul pada era 50an. Disebut kentang karena bentuknya bulat dan agak peyang mirip dengan kentang. Diluar negeri Mercy ini sering juga disebut Ponton.
  • "Mercy Batman" dipakai untuk menyebut Mercedes-Benz W110, W111 dan W112 yang diproduksi antara tahun 1959 sampai 1968. Disebut Batman karena bentuk belakang mobil ini yang menyerupai sirip batmobile atau mobil yang dipakai Batman. Diluar negeri Mercy ini tenar dengan nama Fintail.
  • "Mercy Timun" atau "Mercy Ketimun" dipakai untuk menyebut Mercedes-Benz L319 minibus yang hadir pada era 50an. Disebut timun karena bentuknya mirip timun dengan bentuk bulat memanjang dengan lampu depan berbentuk bulat yang berkesan melotot ditambah warna standarnya hijau yang membuatnya makin mirip timun.
  • "Mercy Bagong" dipakai untuk Mercedes-Benz L series truk jadul. Disebut begitu karena memakai lampu bulat besar yang kesannya seperti orang melotot dan kap mesin tinggi yang kesannya punya jidat lebar atau nonong dalam bahasa Jawa. Dalam pewayangan, tokoh yang memiliki ciri fisik tersebut adalah Bagong.
  • "Mercy Kebo" dipakai untuk Mercedes-Benz W108 dan W109 yang muncul sekitar 1965 sampai 1972. Dijuluki Kebo karena ukuran bodi yang besar serta bumper depan yang sangar seperti tanduk kerbau. Kerbau dalam bahasa Jawa diterjemahkan menjadi Kebo.
  • "Mercy Mini" dipakai untuk Mercedes-Benz W114 dan W115 yang muncul pada tahun 1968 sampai 1976. Disebut mini karena pada waktu itu, W115 menjadi Mercy dengan ukuran yang paling kecil.
  • "Mercy Barong" dipakai untuk Mercedes-Benz W116 yang juga dipakai sebagai mobil kepresidenan era orde baru. Diberi nama barong karena ukran grill depan yang sangat besar menyerupai mulut barong.
  • "Mercy Eagle" dipakai untuk Mercedes-Benz W126 yang lagi-lagi dipakai untuk mobil kepresidenan jaman orde baru. Dijuluki begitu karena bentu lampu depan yang tajam seperti mata elang. Eagle berasal dari bahasa Inggris yang berarti elang.
  • "Mercy Tiger" dipakai untuk Mercedes-Benz W123 yang muncul antara 1976 sampai 1984. Disebut begitu karena dulu mobil ini hanya dipakai oleh ekspatriat dan pejabat dimana kebanyakan orang saat itu hanya bisa mengagumi lalu memberinya istilah “manis cantik” yang kemudian disingkat menjadi macan. Agar terkesan smart, digunakan istilah bahasa Inggris Tiger yang artinya macan dalam bahasa Indonesia.
  • "Mercy Boxer" dipakai Mercedes-Benz W124 bukan karena mobil ini memakai mesin boxer tapi karena bantuknya yang kotak dan besar. Kata boxer diambil dari kata Box yang artinya kotak dalam bahasa Inggris. 

Julukan Beberapa Produk Mercedes Benz Klasik Di Indonesia

Ada julukan lain yang mau anda tambahkan?

Sumber:

  • mobilmotorlama.com
  • wikipedia.org.

Mengenal Generasi Terakhir Ford D Series di Indonesia

Bicara soal mobil klasik, tidak saja tentang mobil mewah berbentuk kendaraan perang, family car atau berupa sedan mewah di zamannya. Kendaraan pekerja juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam bursa mobil klasik. Para pecintanya di Indonesia juga terus akan memburunya sekedar untuk panjangan atau… Baca selengkapnya...