Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Suzuki dikenal sebagai salah satu perusahaan otomotif dari Jepang yang berhasil menjual dan mempopulerkan semua seri mobil yang dikeluarkannya, termasuk Suzuki Jimny. Seri mobil ini banyak diminati karena harganya yang ekonomis dan cocok untuk segala medan termasuk off road. Suzuki Jimny pertama kali dikeluarkan pada tahun 1968 dan seri-seri mobil yang keluar selanjutnya disebut sebagai Suzuki Jimny generasi pertama.

Suzuki Jimny seri SJ30 pertama kali diproduksi oleh Suzuki pada tahun 1981 dan menandai rilisnya seri Suzuki Jimny generasi kedua. Karena termasuk sebagai mobil klasik dan langka, SJ30 memiliki penggemar fanatik yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan mobil kuno asal Jepang ini. Mobil jip ini mulai dikenal orang karena film-film action Amerika dan memiliki mesin yang lebih garang dan andal dari Suzuki Jimny generasi pertama.

SJ30 juga memiliki bodi yang cantik dan onderdilnya pun mudah didapatkan. Selain karena handling-nya ringan dan irit bahan bakar, SJ30 banyak dicari oleh para penggemar otomotif karena mobil antik ini mudah dimodifikasi. Modifikasi pada SJ 30 umum dilakukan para offroader pada bagian bodi, roda, rangka, interior, dan mesin mobil. Para penggemar olahraga yang menstimulasi adrenalin ini tertarik untuk memodifikasi SJ30 karena suspensi dan mesinnya cukup tangguh di medan yang berat.

SJ30 ditawarkan  dengan 2 pilihan mesin 3 silinder berjenis  4 tak, dengan kapasitas   550 cc dan 660 cc. Walaupun berukuran kecil, mesin jenis ini cocok digunakan off road, dengan performa yang tidak kalah mumpuni dengan mesin-mesin pada mobil off road lainnya.

Bagian mobil SJ30 yang paling sering dimodifikasi untuk off road adalah roda. Biasanya mereka akan mengubah roda asli SJ30 dengan roda yang lebih besar dan garang, yaitu roda dengan diameter 35-38 inci. Selain mengubah roda, bagian delco mobil kuno ini juga ditinggikan agar mobil mudah melewati medan apapun termasuk jalanan yang banjir atau bahkan sungai.

Produksi mobil Suzuki Jimny jenis SJ30 dihentikan pada November 1987 seiring dengan rilisnya seri JA71 yang dikenal memiliki spesifikasi dan mesin yang lebih besar  dari SJ30. Meskipun begitu, SJ30 masih banyak diburu dan dicari oleh para penggemar otomotif dan mobil klasik, salah satunya Andre Irawan.

Andre Irawan dikenal sebagai builder, pemilik bengkel, sekaligus kolektor mobil Suzuki Jimny. Untuk memiliki mobil Suzuki Jimny seri SJ30 yang langka, Andre rela merestorasi Suzuki Katana keluaran tahun 2004 miliknya dan mengubah mobil itu menjadi semirip mungkin dengan seri SJ30. Restorasi ini tidak main-main, Andre bahkan rela mengubah seluruh bodi, mesin, dan interior mobilnya.

Pesona dan performa SJ30 memang tidak bisa dikalahkan. Meskipun kini sudah muncul berbagai jenis mobil dengan performa dan mesin yang jauh lebih baik dari SJ30, mobil ini tetap memiliki tempat sendiri di hati para penggemarnya. Pesona unik inilah yang membuat harga jual kembali Suzuki Jimny seri SJ30 tergolong tinggi untuk ukuran mobil tua dan antik.