PeReCi Adalah Wadah Solidaritas Pemilik Mobil Klasik Buatan Perancis

Sedikitnya populasi serta sulitnya mencari spare part, membuat pemilik dan pengguna mobil klasik merek Prancis yakni Peugeot, Renault dan Citroen membuat suatu paguyuban. Perkumpulan ini diberi nama PeReCi yang merupakan singkatan Peugeot, Renault dan Citroen.

"Awalnya ada suatu acara di GBK (Gelora Bung Karno) saat itu saya ketemu Om Arief dari komunitas Peugeot dan Om Teddy dari komunitas Renault," ucap Angky D. Angkasa, salah satu inisiator PeReCi, saat ditemui GridOto.com, Sabtu (28/3/2021) di Bintaro, Tangerang Selatan.

Kala itu, ketiganya berinisiatif untuk membuat perkumpulan pemilik dan pengguna mobil klasik Perancis, yang mereka sebut France Connection. Tujuannya, tak lain sebagai wadah silaturahmi dan perkumpulan para pemilik dan pengguna mobil klasik merek Peugeot, Renault dan Citroen. Namun mereka enggan disebut sebagai suatu komunitas atau klub.

"Kami hanya wadah saja, bukan klub atau komunitas. Kenapa begitu? Karena kami ini mau kelihatan, kami ini mau semua bergabung agar terlihat bahwa kami ini ada," ucap Teddy, salah satu inisiator PeReCi.

"Mobil kami ini kan bisa dibilang populasinya sangat sedikit di Indonesia, makanya saya ingin semuanya guyub, agar bisa berjalan bareng-bareng," lanjutnya.

Selain menjadi wadah, Angky menyebut, PeRuCi juga dibuat sebagai sarana saling support dalam hal mencari spare part ataupun membangun unit. Biasanya, para pemilik dan pengguna akan saling bertukar informasi dan bersama-sama membantu pemilik lainnya.

"Saya sering racuni teman-teman untuk membangun lagi mobilnya. Misalnya dia dulu punya Citroen, sudah lama terbengkalai. Nah, itu saya racuni supaya dibangun lagi," ucap Angky.

"Nanti teman-teman lain juga suka bantu cari spare part yang sedang dibutuhkan. Jadi intinya saling support lah agar kami ini bisa 'hidup' bersama-sama," tambahnya.

"Karena kalau sendiri-sendiri, saya yakin akan tertatih-tatih, karena memang sulit cari barangnya," lanjutnya.

Kini, anggota PeRuCi jumlahnya sudah sekitar 100 orang. Mereka berencana membuat acara gathering untuk ketiga kalinya.

"Gathering yang pertama di daerah Pancoran itu antusiasmenya tinggi, kami lanjut ke gathering kedua antusiasmenya juga lumayan. Nah, kami sih rencananya bikin yang ketiga, tapi nanti dulu lah, didiskusikan dulu konsep dan lain sebagainya," tutup Teddy.

Sumber: Naufal Shafly – gridoto.com

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Motor Trail Listrik Jadi Andalan TNI Untuk Operasi Senyap

Sepeda motor listrik lambat laun akan mejadi tren, mengingat isu lingkungan yang semakin santer serta harga bahan bakar yang terus melambung. Di beberapa kawasan dunia sudah menuju ke sana, meski terus dalam proses. Baca selengkapnya...
Honda GL Tetap Eksis

Honda GL, Motor Sport yang Tetap Eksis

Membicarakan tentang sepeda motor yang beredar di Indonesia, merek Honda tak bisa ditanggalkan. Tak dipungkiri, pabrikan Jepang ini memang bisa dikatakan ‘rajanya’ pasaran motor di Tanah Air. Sejak dulu hingga kini, seri yang dikeluarkan merek ini terbukti laris manis, tak peduli apakah model… Baca selengkapnya...

Citroen FAF, Dirancang Saat Styling Dianggap Tidak Penting

Citroën adalah produsen otomotif besar asal Prancis, dan merupakan salah satu anak usaha dari PSA Peugeot Citroën sejak tahun 1976. Sejak 2021 Citroën menjadi satu anak perusahaan dari Stellantis. Didirikan pada tahun 1919 oleh André-Gustave Citroën, Citroën adalah produsen mobil massal pertama di… Baca selengkapnya...

Toyota Corolla DX, Mobil Legenda dengan Harga dan Performa yang Masih Terjaga

Ada sejumlah asumsi yang dipatahkan oleh Toyota Corolla DX tentang pandangan umum terkait mobil retro. Pertama tentang performa mobil retro yang diasumsikan mobil rongsok yang gampang rusak dan mogok serta sulit untuk mencari suku cadangnya. Corolla DX tidak seperti asumsi tersebut. Meski sudah… Baca selengkapnya...