Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

Kendaraan yang diproduksi General Motors ini pertama kali diluncurkan pada 1950 dan bisa dibilang sebagai ikon penting pada masanya."Bel Air juga dianggap sebagai keluaran Chevrolet paling populer sehingga tak salah jika seri ini menjadi simbol kejayaan Chevrolet di dunia otomotif. 

 

Chevy Bel Air 1955

Dari sekian jenis Chevrolet yang muncul menyandang nama Bel Air, Chevy Bel Air 1955 adalah yang paling banyak mendapat perhatian. Generasi kedua dari keluaran Chevrolet model ini dinilai memiliki banyak keunggulan, baik dari segi mesin maupun tampilannya. Gaya motoramic yang terkesan flamboyan pertama kali diaplikasikan pada model ini sehingga mampu memikat hati para penggemar. Desain yang modern, seperti terlihat dari interior karpet, rangka jendela dan velg, serta pemilihan logo berlapis emas, membuat Chevy Bel Air 1955 tampak lebih mewah.

Untuk mesin, Chevy Bel Air 1955 menggunakan jenis V8 dengan kapasitas 4340 cc. Tenaga yang dihasilkan dengan mesin jenis ini adalah 162 hp atau kira-kira 121 kW. Meskipun Chevy Bel Air 1955 bukan jenis pertama yang dipasangi V8, model ini tetap menjadi pemenang secara keseluruhan. Tidak heran jika Chevy Bel Air 1955 menjadi legenda dan banyak diburu oleh para penggemar Chevrolet sedan hingga saat ini.

 

Bertahan Delapan Generasi

Bel Air telah bertahan hingga delapan generasi. Awalnya, mobil ini diproduksi di Amerika Serikat pada 1950. Setelah generasi ketujuh, Chevrolet membangun pabrik di Kanada dan berproduksi hingga 1981. Pada setiap era, Bel Air mengalami berbagai perubahan signifikan meskipun tidak mengubah bentuk aslinya. Pamor Bel Air mulai berkurang sejak model 1981 diluncurkan dan menyebabkan penjualan ikut menurun drastis.

Pada awal kemunculannya, Bel Air Hardtop tampil dengan gaya convertible dan menggunakan atap yang melekat dengan bodi mobil. Model seperti ini sebenarnya sudah pernah digunakan pada jenis Chevrolet sebelumnya, tetapi tidak menuai sukses. Bel Air edisi pertama ini memiliki tampilan yang sama dengan Styline DeLuxe Convertible Coupe dari segi kaca depan, pintu, dan bagasi. Namun, atap dan bagian belakang didesain dengan unik.

 

Eksis Di Film

Ternyata, popularitas Chevy Bel Air juga merambah hingga ke dunia film. Ada beberapa film yang diketahui memakai Chevrolet sebagai kendaraan para aktor. Misalnya, Two-Lane Blacktop (1971) yang menggunakan Chevy 1955 warna abu-abu dalam sebuah adegan balapan. Selain itu, jenis Chevy Bel Air Sport Coupe keluaran 1957 juga terlihat di film berjudul Return to Macon County (1975). Chevrolet sport car berwarna kuning ini dikendarai oleh dua remaja dalam perjalanan antar negara.

Kehadiran Bel Air dalam dunia film tentu merupakan kebanggaan tersendiri. Eksistensinya bukan hanya di dunia nyata, tetapi juga dalam dunia rekaan para sineas. Nah, untuk mencari tahu lebih lengkap mengenai Chevy Bel Air serta Chevrolet jenis lain, cobalah berkunjung ke website Chevrolet.