Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Harga Sparco Dan Recaro Tidak Seberapa Dibandingkan Dengan Jok Butut Ini!

Jok adalah tempat duduk bantalan atau biasa juga disebut pelana yang berfungsi untuk menopang tubuh dan peredam guncangan. Istilah Jok umum digunakan pada tempat duduk bagi pengendara/pengemudi, ataupun penumpang kendaraan bermotor. Tetapi berlaku juga untuk kursi rumah.

Bahan utama pembuat Jok bermacam-macam tapi untuk saat ini yang paling banyak digunakan adalah busa,  yang bagian luarnya dilapisi dengan kain, kulit, atau bahan sintetis. 

Mengenai bentuknya, Jok untuk kendaraan bermotor, khususnya mobil, terdiri dari beragam model. Selain untuk kenyamanan tujuan juga untuk  meningkatkan tampilan dari sisi interior.

Pada sebuah mobil, interior adalah hal krusial dalam menentukan harga jual mobil, karena termasuk bagian yang paling sering terlihat oleh pengguna.

Mobil lawas dengan interior yang terawat dan rapi, apalagi lagi masih standar bawaan pabrik, menyiratkan bahwa pemiliknya memang merawat mobil tersebut dengan apik. Ketelatenannya akan tampak juga pada kondisi jok pengemudi yang masih kencang dan terlihat seperti baru. 

Kerusakan pada jok yang paling sering terjadi adalah retak ataupun sobek akibat kerap diduduki, juga terlihat kotor terutama bagian pengemudi. Untuk mencegahnya, beberapa pengguna menambahkan pelapis jok tambahan agar kondisi standarnya tetap terjaga dengan baik. Terutama untuk yang materialnya menggunakan bahan fabric.

Jika jok dan kelengkapan interior masih lengkap, orisinal dan terjaga dengan baik, dijamin harga mobil lawas anda akan melambung lebih tinggi.

 

BERAPA HARGA JOK MOBIL?

Jika membahas harga jok mobil ada 2 jenis jok yaitu yang original dan modifikasi. Mana yang harganya lebih mahal?  Mari kita lihat jok untuk modifikasi. Ada 2 merek yang yang mendominasi yaitu Sparco dan Recaro. Merek Sparco adalah jok lansiran negeri Italia. Harga jualnya berkisar di angka Rp 14 juta sampai Rp 15 jutaan per unitnya.

Kemudian ada jok Recaro. Jok aftermarket paling melegenda ini punya banyak tipe yang dipasarkan di Indonesia melalui Agen Pemegang Merek (APM). Ada beberapa tipe yang favorit seperti model semi-bucket Recaro SR-6 yang harga per piecenya dibanderol Rp 24 juta.

Untuk Recaro RS-GS, harganya dibanderol seharga Rp 25 juta, tak terpaut jauh. Namun ada jenis Recaro dengan harga termahal, yaitu Recaro CrossSportster limited, harganya Rp 100 juta dan belum termasuk badge-nya.

Dan, berapa harga jok original?

jok butut harga milyaranCoba lihat satu set jok mobil itu berwarna merah ini. Kondisi jok mobil sudah tak layak pakai dengan bagian-bagian yang robek dan warna yang kusam. Busa jok itu juga sudah tak utuh. 

Dua merek jok kelas premium diatas ternyata tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan satu set jok butut tersebut. Dilansir dari Auto Classics, harganya adalah USD 90.000 atau setara Rp 1,3 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.751). Fantastis! 

Mengapa bisa harganya semahal itu?

Menurut Motorious, kursi itu adalah jok milik Chevrolet Corvette pertama dan kini sudah berusia 68 tahun. Kursi itu disebut unik dan hanya ada satu-satunya.

Maka harga mahal itu bukan merujuk pada kondisinya saat ini, melainkan latar belakang si kursi. Si penjual kursi itu menyebut bahwa jok mobil bersejarah itu sangat cocok untuk para kolektor.

Sumber: otosia.com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia