Fiat 1100 Dante Giacosa

"Fiat 1100 menjadi salah satu mobil klasik paling laris di masanya."

Diproduksi pertama kali pada tahun 1937, mobil Fiat 1100 mampu melakukan penetrasi ke pasar-pasar di Eropa hingga penjualannya terus meningkat sebelum dan pasca perang dunia ke-II. Kesuksesan dari mobil Fiat 1100 di pasaran Eropa bahkan dunia tidak lepas dari campur tangan Dante Giacosa.

Pria kelahiran Roma, Italia ini merancang hampir semua jenis Fiat 1100 hingga akhirnya mendulang kesuksesan yang cukup besar. Berikut kisah hidup dari perancang mobil Fiat klasik yang namanya selalu dikenang sepanjang masa.

 

Awal Kehidupan Dante Giacosa

Dante giacosaDante Giacosa lahir dan besar di Roma, Italia. Sejak kecil, dia dikenal sebagai seorang anak yang cerdas. Segala hal bisa dia lakukan hingga orang tuanya rela menyekolahkan Dante hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Setelah menamatkan sekolah setingkat SMA, Dante memilih masuk ke jurusan mesin di Polytechnic University of Turin hingga lulus di tahun 1927. Setelah lulus dari kampus, Dante tidak langsung bekerja di perusahaan impiannya.

Selama setahun hingga tahun 1928, dia menjalani wajib militer di kota tempatnya tinggal. Setelah wajib militer selesai dilakukan, Dante mulai bergabung dengan Fiat dan menjadi salah satu perancang mobil andalan perusahaan mobil terbesar di Italia itu.

 

Perjalanan Karier Dante Giacosa

  • Perjalanan karier Dante Giacosa bisa dibilang penuh tantangan. Sejak pertama kali bergabung dengan Fiat, dia sudah masuk ke divisi aero-engine di bawah pengasuhan Tranquillo Zerbi yang membuat mobil Grand Prix.
  • Setelah bergulat selama 5-6 tahun dengan Grand Prix, Dante dipindah dan bekerja di bawah asuhan Antonio Fessia yang membuat mobil jaman dulu jenis Fiat 500 tahun 1933.
  • Saat bekerja dengan Antonio, Dante mengalami banyak sekali kesulitan. Dia kerap tidak dipercaya hingga semua pekerjaannya harus dilihat ulang untuk menghindari adanya masalah. Empat tahun berselang tepatnya pada tahun 1937, Dante akhirnya dipercaya untuk menjabat posisi sebagai engineering manager.
  • Dari sini, dia mulai menggarap beraneka jenis mobil Fiat 1100 yang diminati oleh banyak orang di dunia. Setelah menjadi salah satu manager penting di Fiat, karier dari Dante akhirnya melesat dengan cukup tajam.
  • Dia akhirnya berhasil menjadi Direktur pada divisi mesin di Fiat pada tahun 1950. Kemampuannya dalam mendesain aneka mesin mobil klasik Fiat membuat namanya begitu dihormati oleh banyak pihak.
  • Menjadi direktur mesin di Fiat membuat Dante semakin mengembangkan kemampuannya. Banyak mobil baru dia rancang dan direspons baik di pasaran mobil dunia. Dante baru berhenti menjadi perancang mobil secara penuh pada tahun 1970.  
  • Setelah berhenti bekerja, Dante lebih banyak mengisi seminar atau menulis buku-buku yang mengisahkan perjalanan kariernya dari bawah.

 

Demikianlah kisah perjalanan karier dari Dante Diancosa yang merancang mobil Fiat 1100. Semoga bisa membawa inspirasi bagi kita semuanya.

Artikel Terkait

Fiat Balila 1100 (1937)

"Fiat Balila 1100 merupakan salah satu mobil penggebrak dunia otomotif di kawasan Italia."

Fiat 1100 - 103

"Klasik, elegan, bersejarah, serta tidak tergerus oleh zaman, adalah karakter yang pas untuk mobil-mobil yang diproduksi Fiat, produsen mobil asal Italia."

Fiat 1100 TV

"Pecinta mobil klasik pasti tidak asing lagi dengan Fiat, mobil yang diproduksi perusahaan asal Italia sejak tahun 1900an sampai sekarang."

Fiat 1100 TV Pininfarina

"Bayangkan Anda menyetir mobil klasik yang hanya memiliki dua pintu dan dua jok, alias coupe....."