Loading...
en

Motor Yamaha YT115 Tangguh Dan Mudah Dirawat

Sebuah jenis motor memiliki suatu kelebihan dibandingkan dengan motor lainnya. Sebagai contoh, motor dual purpose alias motor trail. Motor ini memiliki kelebihan pada letak ketinggian motor dengan tanah atau ground clearance yang cukup tinggi. Dengan model seperti ini, motor trail memiliki kemampuan yang mumpuni melewati jalanan rusak maupun jalanan yang tidak dirancang untuk dilalui kendaraan bermotor dengan mudah.

Berbicara mengenai motor trail, Yamaha pernah mengeluarkan motor Yamaha DT Series pada zaman 70 hingga 80an silam. Salah satu produksi motor trail paling terkenal dari Yamaha yaitu YT115. Produksi YT105 ini berlangsung cukup lama dan mampu menembus pasar dunia hingga wilayah Amerika Latin seperti Venezuela.

Di Indonesia sendiri, motor keluaran pabrikan Yamaha ini disebut-sebut muncul pertama kali pada akhir 1980-an, yakni pada 1988 silam. Jika dilihat dari sisi luarnya, beberapa orang mungkin tidak akan sadar akan keberadaan motor ini. Hal ini dapat dimaklumi lantaran bentuknya yang mirip bahkan sama persis dengan Yamaha RX-Special.

Sekalipun memiliki kesamaan bentuk, Yamaha YT115 tetap mempunyai beberapa perbedaan dengan Yamaha RX-Special. Pertama, Yamaha YT115 mempunyai shock depan yang lebih panjang dan juga menyertakan spakbor tinggi yang khas sebagaimana motor trail kebanyakan. Selain itu, jika dilihat dari stripping dan emblem, tulisannya jelas bahwa motor itu merupakan YT115.

Sementara itu, dari sisi mesin, Yamaha YT115 memiliki mesin yang sama dengan Yamaha RX-Special. Keduanya menggunakan mesin 1 silinder 2 tak dengan kapasitas murni 113cc dan dilengkapi dengan pendingin udara. Dengan demikian, mesin ini sudah cukup mumpuni untuk digunakan pada motor trail karena torsi yang lumayan besar. Dengan karbutator mikuni vm22, tenaga maksimal yang mampu diraih mesin dengan ini adalah 15,3 Hp pada 8500Rpm. Sementara itu, pada 8000RPm, motor ini mampu mencapai torsi maksimum 13,2Nm. Motor ini mempunyai berat 95 kg dan sudah sangat bertenaga untuk melewati jalanan yang kurang bagus sekalipun.

Untuk urusan fitur, tentu motor yang sudah cukup lama ini tidak seistimewa motor terkini. Konsol depan motor tidak terlalu lengkap. Terdapat spedometer yang hanya mampu mencapai 140 km/jam, odometer, juga indikator oli samping. Selain itu, indikator sein kiri dan kanan dibuat terpisah. Masih terdapat indikator gigi netral dan juga indikator hi beam. Tempat kunci kontak terdapat di bagian kanan spedometer.

Dengan pengapian CDI dan kelistrikan 12V, motor Yamaha YT115 hanya menyediakan kick stater saja untuk menyalakan motor. Tangki motor YT115 mampu menampung bahan bakar hingga 9 liter. Sementara itu, tangki oli samping mampu memuat hingga 1,2 liter. Untuk bagian roda, motor ini mempunyai roda depan berukuran 19 inci dan roda belakang 18 inci. Roda dilengkapi dengan velg jari-jari dan juga rem teromol pada bagian depan dan belakang.

Tidak banyak yang memiliki motor ini karena konon hanya dijual hingga 2004 atau 2007. Motor ini pernah menjadi motor operasional untuk bencana tsunami Aceh pada 2004. Selain itu, motor ini juga dipakai pada kebanyakan wilayah perkebunan di Sumatera dan Kalimantan. Motor ini memiliki kelebihan pada mesin yang besar dan bertenaga jika dibandingkan dengan kompetitor seperti Honda Win yang termasuk satu kategori.

Motor ini termasuk ke dalam kategori yang sudah langka. Akan tetapi, sparepart-nya bisa didapatkan dengan mudah karena sama dengan motor Yamaha RX-Special. Ini menjadi kelebihan tersendiri selain mesinnya yang bertenaga dan kuat.

 

 

Silahkan login untuk mengirimkan komentar

SILAHKAN BAYAR TUNAI ATAU BARTER DENGAN MOBIL JEPANG TAHUN MUDA!

Datsun P411 Dua Pintu

Sebuah mobil model 2 pintu buatan tahun 1967 yang sudah langka. Kondisinya sangat baik dan nyaris original. Bodi telah direstorasi untuk mengembalikan pesonanya, dengan interior yang masih dipertahankan sesuai aslinya. Mesinnya telah disempurnakan untuk mengembalikan kembali tenaganya yang luar biasa.

EVENT

One Day Adventure WAT #1

Wisata Alam Tasikmalaya

Touring Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya Juga

Pada saat memasuki usia senja, umumnya kita seringkali dilanda kesepian. Juga dengan berbagai…

Kulineran Di Mobil, Mengulang Trend 50 Tahun Yang Lalu

Kondisi yang terjadi saat pandemi ini memang merepotkan dunia kuliner, baik para penyedia ataupun…

Dari Kancil Jadi Kebo, Hanya Ada Di Dunia Otomotif

Hewan dengan nama latin Tragulus kanchil, adalah sejenis ungulata berteracak genap bertubuh kecil…

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang…

Cari Artikel