Mobil Klasik Fiat 1100 R

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."

Anda pecinta mobil Fiat 1100? Koleksi Anda tentu tidak akan lengkap sebelum memiliki seri terakhirnya, yaitu Fiat 1100 Rinnovata. Fiat 1100 Rinnovata, atau yang biasa disebut dengan Fiat 1100 R adalah seri mobil fiat 1100 berbentuk sedan yang terakhir diproduksi. Masa produksi mobil ini tidak terlalu lama, berawal pada bulan Februari tahun 1966, kemudian pada tahun 1969 produksinya dihentikan dan digantikan dengan seri Fiat 128.

Fiat 1100 R memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan pendahulunya. Perbedaan hanya terletak pada bentuk Fiat 1100 R yang lebih panjang dan lebih ramping. Fisik mobil yang lebih panjang ini membuat bagasi mobil menjadi lebih luas. Selain itu, Mesin yang digunakan oleh Fiat 1100 R berkapasitas 1089 cc. Kapasitas mesin ini mampu menghasilkan kekuatan sebesar 48 bhp (36 kW) dengan rasio kompresi sebesar 8:1.

Bodi Fiat 1100 R memiliki panjang 3962 mm dengan berat 850 kg. Tenaga putaran maksimal yang dihasilkan adalah 76 N·m tiap 2800 rpm. Lampu belakang mobil berbentuk vertikal, yang terdapat di seri 1100 D tidak lagi digunakan pada seri 1100 R ini. Lampu yang digunakan pada Fiat 1100 R memiliki desain sederhana dengan bentuk lingkaran, seperti pada Fiat 850.

Fiat kuno ini sudah jarang dijumpai di jalanan. Karena umurnya yang sudah tua, Fiat 1100 R saat ini digolongkan sebagai mobil jadul dan tidak cocok lagi digunakan sebagai alat transportasi di jalan, kecuali Anda melakukan renovasi pada mesin mobil. Mobil klasik seperti Fiat 1100 R ini lebih cocok untuk dijadikan pelengkap koleksi mobil kuno Anda.

Anda tidak perlu khawatir merasa kesulitan untuk menemukan penjual Fiat 1100 R. Fiat 1100 dijual di berbagai situs jual beli mobil online. Namun, mobil Fiat kuno yang masih memiliki kondisi istimewa biasanya hanya dijual oleh kolektor atau pecinta Fiat. Biasanya mereka yang penghobi Fiat akan melakukan perawatan terbaik untuk koleksi-koleksinya.

Memang tidak banyak pemilik Fiat 1100 yang menjual mobil miliknya, karena jenis mobil yang langka dan butuh perawatan yang khusus. Biasanya karena alasan kebutuhan ekonomi yang mendesak, mereka baru terpaksa menjual koleksinya. Meskipun begitu, mereka tetap tidak akan sembarangan melepas koleksinya ke pembeli. Oleh karena itu, Anda yang mengidamkan Fiat dalam kondisi istimewa harus ekstra sabar untuk menjalin komunikasi dengan kolektor Fiat.

Komunikasi dengan para kolektor bisa dilakukan melalui milis. Biasanya kolektor mobil kuno memang membentuk milis sebagai sarana untuk berbagi informasi mengenai mobil mereka, seperti informasi mengenai perawatan khusus untuk mobil antik hingga informasi tentang kolektor yang ingin menjual mobilnya.

Nah, dengan bergabung di milis tersebut, Anda bisa memperoleh informasi mengenai kolektor yang sedang menjual koleksinya, sekaligus mendapat informasi penting mengenai cara perawatan mobil.