Suzuki Jimny LJ20

"Setelah mengalami kesuksesan dengan LJ10, Suzuki memperbarui banyak sekali aspek pada Suzuki Jimny generasi terbarunya."

Varian LJ20 adalah versi perbaikan yang mulai diperkenalkan kepada khalayak pada tahun 1972, atau 2 tahun pasca pengenalan generasi pertama yang mendapatkan respons oleh publik pencinta mobil klasik tipe sport offroad di Jepang. LJ20 menjadi senjata baru Suzuki untuk mampu bertahan di pasaran dunia otomotif yang sangat kejam.

Di masa perkembangan LJ20 pabrikan lain juga berusaha membuat jenis SUV dengan keunggulan yang berbeda-beda. Namun, LJ20 tetap menjadi yang terdepan karena didesain dengan sangat apik baik dari segi mesin maupun segi bodi. Berikut uraian lengkap tentang LJ20 yang menjadi penerus kejayaan mobil classic Suzuki Jimny.

 

Perubahan Desain dari Versi Sebelumnya

Seperti kata pepatah, tidak ada gading yang tidak retak. Tidak ada di dunia ini yang sempurna. Begitu pula Suzuki Jimny LJ10. Selama 2 tahun masa produksi sebelum akhirnya diganti dengan LJ20, mobil kuno ini sempat mengalami beberapa masalah. Pertama adalah desain bodi yang masih terlalu kaku dan kecepatan tertinggi yang tergolong rendah meski mesinnya telah diganti setingkat lebih bertenaga.

Dari kekurangan ini Suzuki akhirnya melakukan perbaikan yang cukup banyak sebelum merilis LJ20 pada musim semi tahun 1972. Perubahan pada bodi terlihat pada bagian grille. Pada LJ10 grille yang terletak pada bagian depan mobil memiliki penampakan horizontal, pada versi baru Suzuki membuatnya menjadi vertikal hingga lebih terlihat gahar dan sesuai dengan konsep mobil offroad.

Pada versi spesial, LJ20 memiliki sparepart berupa roda pada bagian belakang mobil. Versi ini diproduksi pada 1973. Pada bagian belakang sparepart terdapat sebuah ruangan yang cukup digunakan untuk mengangkut dua orang yang duduk berhadap-hadapan.

Perubahan selanjutnya yang dilakukan oleh Suzuki adalah mesin. LJ10 yang awalnya hanya bertenaga 25 dan 27 PS kini di-upgrade menjadi 28 PS. Kecepatan yang awalnya hanya mencapai 75 km/jam bisa bertambah hingga mencapai 80 km/jam. Kekurangan-kekurangan pada versi sebelumnya diperbaiki hingga menghasilkan varian baru mobil kuno yang sangat tangguh di pasaran.

 

Jenis Bodi LJ20

Karena masih satu saudara dengan LJ10, bodi dari LJ20 masih relatif sama meski mengalami beberapa perubahan terutama pada grille. LJ20 juga mengusung konsep mini SUV offroad dengan tipe bodi wagon 2 pintu, convertible 2 pintu, dan cab chassis 2 pintu. Bodi orisinal ini terus digunakan meski dalam beberapa waktu muncul beberapa versi baru untuk menarik perhatian calon pembeli.

Versi khusus pertama dari LJ20 dibuat dengan versi hardtop yang memiliki dua tempat duduk berhadapan di bagian belakang kursi utama dan sparepart berupa roda. Selanjutnya Suzuki memproduksi mobil dengan konsep left hand driver untuk ambisi pasaran Amerika. Dan yang terakhir adalah memproduksi jenis truk yang dipasarkan oleh International Equipment Co.

 

Mesin dan Transmisi LJ20

Seperti yang telah sekelumit dijelaskan di atas, mesin pada LJ20 menggunakan jenis baru yang lebih tangguh dari LJ10. Jika sebelumnya mesin yang digunakan hanya berkekuatan 25-27 PS dan bervolume 359 cc, pada jenis baru ini Suzuki mulai menaikkan kapasitas volume mesin menjadi 539 cc dan kekuatan menjadi 28 PS.

Dengan transmisi 4 kecepatan manual, LJ20 sudah mampu melajukan bodinya hingga kecepatan 80 km/jam. Dengan kecepatan yang cukup besar di zamannya ini, LJ20 mulai mampu memasuki pasaran Eropa dan Amerika dengan mudah.

 

Demikian uraian singkat tentang mobil tua Suzuki Jimny LJ20. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya!

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."