Suzuki Jimny Australia Dan New Zealand

"Di mana sajakah mobil klasik ini berjaya, selain Jepang dan Amerika Serikat? Apakah sama tangguhnya?"

Australia

Di Negeri Kangguru, Suzuki Jimny yang lebih dikenal sebagai Suzuki Jimny Sierra, termasuk mobil tua yang masih digemari.  Bagaimana tidak? Australia memiliki kontur yang didominasi oleh dataran rendah, hanya mobil-mobil yang memiliki kemampuan  off-road yang cocok digunakan dibenua ini.

Tak hanya itu, beberapa wilayah merupakan wilayah gurun dengan medan yang ekstrim,  misalnya: Gurun Victoria Besar dan Simpson di Australia Tengah atau Gurun Tanami di Australia Utara. Di sini, namanya menjadi Suzuki Jimny Sierra.

Jangan heran, tagline promosi mereka saja berbunyi begini:

 

JIMNY SIERRA - goes where the roads don’t go.”*

 

*Terjemahan: “JIMNY SIERRA – pergi ke jalanan yang tidak mudah dilalui.” (dari: http://www.suzuki.com.au/vehicles/suv/jimny-sierra)

Terdengar meyakinkan, bukan?

Sesuai promosinya, Suzuki Jimny Sierra memang terbukti tangguh meski sudah termasuk mobil kuno. Sejak tahun 1970 dengan LJ10 sebagai pelopornya, Sierra dianggap mumpuni untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kehutanan dan konstruksi bangunan seperti di daerah yang sulit dilalui kendaraan biasa. (Tidak heran, mobil jenis ini juga masih menjadi salah satu legenda di Jepang yang sering dilanda badai salju.) 

Dengan sistem penggerak 4WD (four-wheel drive), mobil ini telah lama menjadi andalan para pekerja. Jika Anda ingin bertualang ke daerah-daerah yang ‘lebih liar’ dari perkotaan, mobil ini bisa menjadi pilihan.  Suzuki Jimny atau lebih lengkapnya disebut sebagai Suzuki Jimnya 1.3 Sierra, memang memang diberi nama sesuai dengan kapasitas mesin yang disematkan yaitu 1300 cc. Mesin ini tergolong "bandel" dan minim perawatan.

Tak hanya fokus pada ketangguhan mesin dan suspensinya, pihak pabrikan ternyata juga memperhatikan kenyamanan supir dan penumpang. Misalnya: letak jok yang tinggi. Menyetir mobil classic ini menjadi lebih mudah, karena Anda dapat melihat lebih jelas jalanan dan medan yang harus Anda lewati. Tidak mau ‘kan, tiba-tiba Anda sampai terjungkal gara-gara tanpa sengaja melindas batu besar yang tidak terlihat di jalan?

Selain itu, jok bagian belakang juga bisa dilipat, sangat berguna untuk memperbesar fasilitas "cargo" saat Anda beharus pergian seorang diri dengan membawa banyak barang bawaan.

Selain di Australia, di mana lagikah Suzuki Jimny berjaya?

 

New Zealand

Setelah ke Negeri Kangguru, sekarang saatnya main ke tetangga sebelah mereka. Ya, ternyata Suzuki Jimny juga diminati di Negeri Kiwi ini. Selain 1.3 Sierra, jenis lainnya dari mobil antik adalah 1.3 JX. Seperti yang sudah dibahas di bagian Australia, kedua jenis mobil ini termasuk yang tangguh untuk medan-medan sulit, seperti gurun dan hutan.

Kelebihan lainnya adalah desainnya relatif kompak, sehingga memudahkan saat ber-manuver  di lahan yang tidak begitu luas. Untuk meningkatkan keselamatan, desainnya juga dilengkapi dengan airbags di jok depan, guna mencegah benturan fatal yang terjadi saat kecelakaan.

Selain itu, jok yang tinggi juga dibarengi dengan bagian sandaran (headrest) yang bisa diset sesuai kenyamanan Anda. Tersedia juga anti-lock braking system (ABS) atau sistem anti rem terkunci.

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."