Fiat 1100 India

Awalnya diberi nama Fiat 1100 Delight, namun pada awal tahun 1973 diganti menjadi Premier Padmini.

Anda pecinta mobil antik? Jika ya, jangan sampai Anda belum mengoleksi Fiat 1100 yang diproduksi di India. Jenis mobil klasik Fiat 1100 yang diproduksi di India adalah Fiat 1100 Delight, atau biasa disebut dengan Fiat 1100 D. Mobil ini diproduksi pada tahun 1964 hingga tahun 2000 oleh Premier Automobile Limited, yang merupakan salah satu divisi dari Walchand Group.

Fiat 1100 Delight merupakan nama pertama yang diberikan saat mobil antik ini baru pertama kali diproduksi pada tahun 1964, berdasarkan lisensi dari Fiat. Namun, pada awal tahun 1973, nama tersebut diganti menjadi Premier Padmini.

Ternyata nama baru ini mengandung makna yang tersembunyi. Padmini dalam sejarah kerajaan India adalah nama putri Rajput dari abad ke-14. Padmini berarti “dia (wanita) yang duduk di atas bunga teratai”. Nama ini juga merujuk pada Dewi Lakshmi. Selain itu, nama Padmini juga sedang booming untuk menamai anak perempuan di India kala itu.

Premier Padmini adalah jenis mobil city car dengan tipe sedan 4 pintu. Penjualan mobil klasik ini sempat meledak pada tahun 1970 hingga tahun 1980. Mobil ini begitu diminati masyarakat India dibandingkan dengan pesaing utamanya, yaitu Hindustan Ambassador dan Standart Herald. Saat itu, Padmini lebih unggul karena memiliki tampilan yang lebih modern, penggunaan bahan bakar yang irit, dan mudah dioperasikan oleh pengemudi.

Pada awal tahun 1980, kekuatan mesin Padmini dikurangi menjadi 42 bhp dengan karburator yang dimodifikasi agar penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. Padmini juga mulai memasang fasilitas pendingin udara di dalam mobil, jok yang terbuat dari kulit, dan kaca mobil yang berwarna. Fitur-fitur baru tersebut semakin membuat mobil antik Premier Padmini tampak mewah dan elegan. Tidak heran jika mobil ini tidak hanya diminati oleh masyarakat umum, namun juga tokoh- tokoh terkenal, seperti Aamir Khan, Mammootty, dan Rajnikanth.

Namun, sayangnya, pada pertengahan tahun 1980-an pamor Premier Padmini mulai merosot sejak pemerintah India mulai mengizinkan produsen mobil asing untuk berproduksi di India. Padmini ternyata tidak mampu berkompetisi dengan mobil-mobil luar negeri yang lebih modern, murah, dan menggunakan bahan bakar yang lebih irit.

Meskipun penjualan Padmini menurun, produsen tetap berusaha bertahan di persaingan yang kompetitif tersebut dengan mengeluarkan seri Padmini S1 dan Premier Padmini 137 D. Kedua mobil tersebut memiliki spesifikasi yang sama, namun Padmini 137 D menggunakan mesin diesel yang saat itu sedang populer. Pada akhirnya, produksi mobil ini terpaksa harus ditutup karena masalah internal perusahaan.

Mobil antik Premier Padmini masih dapat Anda jumpai pada taksi yang beroperasi di India. Namun saat ini penggunaan mobil Padmini sudah dibatasi karena umurnya yang sudah tua, sehingga kurang layak digunakan untuk alat transportasi.  

Anda yang merupakan kolektor mobil klasik jangan ketinggalan untuk menambahkan Premier Padmini sebagai koleksi. Di Indonesia, Anda masih bisa menemukan Premier Padmini dengan kondisi bodi mulus dan harga yang terjangkau di situs-situs jual beli online. Mobil tua murah tentu dapat menambah koleksi Anda tanpa menguras kantong. Sedangkan untuk Anda yang tertarik dengan mobil Fiat terbaru, Anda bisa mengunjungi website Fiat Indonesia untuk melihat koleksi mobil Fiat saat ini.