Aneka Versi Toyota Corolla

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

Mobil pabrikan Jepang ini memiliki tampilan yang klasik dengan kualitas mesin yang tangguh dan jarang rewel. Suku cadang Toyota Corolla juga mudah dicari dan harganya cukup terjangkau.

Berikut ini adalah beberapa alternatif versi Toyota Corolla yang bisa menjadi referensi bagi Anda pecinta mobil klasik. Versi yang dibahas kali ini hanya sampai generasi ke-5 atau sampai era tahun 80-an, karena di atas tahun tersebut, modelnya sudah tidak bisa lagi dikatakan klasik.

 

Toyota Corolla E- Series

Generasi pertama Corolla diproduksi pada tahun 1966 dengan kode rangka/nomor chasis dimulai dengan huruf E.

 

Seri E10

E10 merupakan generasi antik pertama dengan kapasitas mesin 2K 1100cc. Ciri utama E10 adalah bentuknya yang mungil dengan kabin belakang yang pendek, serta dilengkapi dengan grill full chrom yang sangat klasik.

Untuk membedakan modelnya, dibuatkan kode KE10 untuk jenis sedan, KE15 untuk jenis coupe, dan KE16 untuk kelas wagon.

 

Seri E20

Di sekitar tahun 1970-1973, E20, sebagai generasi ke-2, diproduksi dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, hanya saja list rangkanya lebih ramping. Kapasitas mesin E20 lebih besar dan dibuat dalam dua versi, yaitu 1400cc dan 1600cc.

Di Seri ini ada KE20 yang berbentuk station wagon dan coupe yang cukup populer dan kerap disebut sebagai raja jalanan.

 

Seri E30-E60

Selanjutnya masih ada generasi ke-3 yang diproduksi sekitar tahun 1973, yaitu E30 untuk seri sedan, hardtop, dan wagon. Di seri ini ada KE30 yang sering disebut Corvet (Corolla Veteran) dengan mesin 1000-1300cc. Pada tahun 1974, Mobil ini pernah menjadi mobil terlaris di dunia, termasuk di Indonesia.

E40 merupakan kode kelas sprinter sedan, sedangkan E50 adalah kode kelas untuk sedan, sprinter sports coupe, dan liftback yang menggunakan mesin beremisi rendah. Adapun seri E60 yang hanya dijual di Jepang.

 

Toyota Corolla DX

Di generasi ke-4 ada seri E70, yaitu seri terakhir yang menggunakan penggerak roda belakang. Artinya mobil tipe ini masih bisa digunakan untuk drifting di arena balap.  Ada banyak varian di seri ini, namun yang cukup populer adalah seri K70 atau yang lebih dikenal sebagai Corolla DX. Sedan generasi ke-4 ini merupakan pengganti KE30.

Mobil dengan mesin 4K 1300cc ini hadir dengan body yang lebih panjang dan bemper urethane, serta memiliki tachometer pada bagian indikatornya. Mobil ini sangat cocok dimodifikasi dengan gaya retro, rally, atau pun touring.

 

Levin dan Sprinter Trueno

Pada tahun 1984 Corolla DX dihentikan penjualannya dan digantikan dengan seri E80. Di generasi ke-5 ini, semua model diproduksi dengan penggerak roda depan, hanya dua model yang masih menggunakan penggerak roda belakang, yaitu model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno dengan kode chassis AE86. Model ini merupakan mobil drifting legendaris dengan mesin 4A berperforma tinggi, karena dilengkapi dengan mesin 4 silinder berbahan bakar injeksi-twin cam 1587 cc, dengan daya output maksimum 130 ps (96 kw). Adapun model yang ditawarkan adalah coupe 2 atau 3 pintu.

 

Demikian tadi beberapa alternatif seri Corolla yang bisa Anda pilih untuk melengkapi koleksi Anda. semoga bermanfaat.