Mercy Kentang 190SL (W121) Roadster

"Mercy 190SL adalah salah satu pendahulu dari Mercedes-Benz SL-Class yang terus dikembangkan hingga sekarang."

Sejak pertama kali muncul di tahun 1955, Mercy Kentang yang dikenal sangat mewah ini sudah menjadi buah bibir banyak orang. Bahkan, untuk kelas mobil antik jenis mewah, Mercy 190 SL cukup laris dan selama masa produksi telah dihasilkan sebanyak 25.881. Berikut uraian lengkap tentang Mercy 190 SL(W121) Roadster.

 

Bodi Mercy 190SL yang Unik

Mercy 190SL adalah jenis mobil klasik yang terbilang sangat unik jika dibandingkan dengan Mercy Kentang yang lain. Jika Mercy Kentang jenis lain hanya mengandalkan jenis Sedan, Coupe, dan Convertible. Jenis ini menggunakan roadster yang unik sehingga terlihat sangat mewah dan gaya.

Roadster adalah jenis bodi mobil yang terbuka, tidak memiliki atap di bagian atas, dan memiliki dua pintu. Mobil jenis ini biasanya dihubungkan dengan kegiatan olahraga. Mobil jenis Roadster pun punya kejuaraan resminya di Amerika dengan nama United States Auto Club Championship Racing.

 

Desain Mercy 190SL yang Berkelas


Mobil antik jenis Mercy 190 SL ini pertama kali diperkenalkan saat ada pameran New York Auto Show pada tahun 1954. Sejak diperkenalkan pertama kali hingga diproduksi massal setahun kemudian, Mercy 190SL sudah membuat banyak orang jadi kepincut.

Mercy 190 SL memiliki presentasi bodi yang sangat atraktif. Siapa saja yang melihat pasti ingin menjajal kehebatannya. Selain masalah presentasi bodi, harga dari Mercy Kentang ini juga terbilang terjangkau di kalangan mobil sport mewah. Para pembeli yang tidak bisa membeli mobil mewah jenis Mercedes-Benz 300 SL bisa membeli mobil jenis.

Mercy Ponton 190 SL ini memiliki beberapa style yang mirip dengan Marcedes-Benz 300 SL. Mesin, detail, dan suspension dibuat sangat mirip. Bahkan, bisa dibilang kalau Mercy Kentang ini adalah kloningan sempurna dari  Mercedes-Benz 300 SL yang sangat hebat dan berkelas.

 

Mesin dan Spesifikasi Mercy 190 SL


Mesin dari Mercy 190 SL menggunakan 1.897 cc M121 SOHC I4. Mesin ini didukung dengan suspensi 4-speed manual, fully synchronized. Mesin yang dimiliki oleh Mercy Kentang 190 SL ini mampu membuat mobil melaju dengan kecepatan hingga 171 km/jam. Saat tanki bahan bakar sedang full, mobil bisa menempuh jarak hingga 500 km.

Berlanjut ke masalah spesifikasi, Mercy 190 SL memiliki wheelbase dengan ukuran 94,5 inci. Panjang, Lebar, dan Tinggi dari Mercy 190 SL berturut-turut 168,9 inci, 68,5 inchi, dan 52 inci.

 

Perakitan dan Produksi

Mercy Ponton 190 SL diproduksi dan dirakit di Stuttgart Unterturkheim, Jerman. Selama delapan tahun masa produksi di tahun 1955-1963, mobil ini telah dibuat sebanyak 25.881 unit dan dijual di seluruh dunia.

 

Demikianlah uraian singkat tentang Mercy Kentang 190 SL yang dibuat dengan desain roadster. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Perancang Mercy Kentang

Mercy Kentang atau disebut juga Mercy Ponton adalah salah satu jenis mobil antik yang dewasa ini banyak sekali dicari oleh kolektor.

Mesin Mercy Kentang

Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.

Mercy Kentang Station Wagon

Bagi pecinta mobil tua keluaran Mercedes-Benz, Mercy Kentang bisa menjadi salah satu pilihan yang sempurna.

Mercy Kentang Pickup

Mungkin ada sebagian dari pembaca yang kurang begitu mengenal Mercy Kentang versi pick-up karena hampir semua model yang ada hingga sekarang adalah jenis sedan.