Inilah Helm Retro Yang Banyak Dipalsu

Bukan sekadar desainnya saja, merek aslinya pun ditempel agar lebih meyakinkan. Hal itulah yang terjadi pada jenis helm yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada saat sidak ke Pasar Anyar Tangerang atau sunday morning ride (sunmori) di Bandung pada Akhir tahun 2018 yang lalu. Jokowi memang tampak bergaya cukup trendi ketika berada di atas kuda besi, yang merupakan salah satu hobinya.

Helm yang digunakan Jokowi bermerek Cargloss CF Retro Army, dengan harga jual resminya Rp220 ribu. Sedangkan versi palsunya dijual dengan harga yang lebih murah.

Inilah Helm Retro Yang Banyak Dipalsu 2

Hasil investigasi General Manager Cargloss Helmet, Endin Nasrudin, berhasil menemukan helm polos yang dipasok ke toko. Jika ingin dijual, helm ini baru diberi stiker dengan merek Cargloss. Pemalsuan helm ini tidak hanya terjadi di satu tempat saja, ada 3 produsen yang melakukannya.

Endin kemudian memberikan tips untuk membedakan antara helm Cargloss yang asli dan palsu. Yang paling mudah adalah dengan memeriksa stiker dan label yang ada di helm. Cargloss yang asli menggunakan decal dan dilindungi lapisan clear coat, sehingga tidak muda dicopot. Sedangkan yang palsu pakai stiker yang mudah dilepas.

Kemudian lihat bagian dalamnya, produk yang asli terdapat tulisan nama produsennya yaitu PT Mega Karya Mandiri. Sedangkan yang palsu tidak ada.

Sumber: medcom.id