Loading...
en

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Pakai Mobil Roof Box

Idul Fitri atau di Indonesia dikenal pula dengan istilah Lebaran adalah moment yang istimewa. Di Indonesia, salah satu hari besar umat Islam ini senantiasa dirayakan dengan penuh kemeriahan bersama sanak saudara, rekan dan sesama muslim. Itu sebabnya masyarakat dari tanah rantau tak segan pulang kampung alias mudik.  Berbagai cara dilakukan orang untuk mudik, mulai dari menggunakan transportasi umum hingga pribadi, seperti mobil.

Demi membuat kabin longgar dan bisa membawa lebih banyak barang, tak jarang pemudik pun menggunakan roof box. Bagi anda yang ingin mudik menggunakan roof box,  ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ulasannya.

Sesuai dengan namanya, roof box adalah kotak tambahan yang ditempatkan di atas atap mobil. Fungsinya adalah untuk membawa barang bawaan, agar ruang didalam kabin mobil jauh lebih longgar, karena tak ada ruang yang terpakai untuk barang bawaan. Dengan demikian, bisa memuat penumpang sesuai dengan kapasitas asli mobil.

Meski banyak keuntungan yang didapat, tidak bisa sembarangan saat menggunakan roof box. Demi keselamatan bersama, pastikan untuk menempatkan barang pada wadah tertentu dan kemudian mengikatnya, sebelum dimasukkan ke dalam roof box. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah barang berceceran di jalan selama perjalanan.

Tak hanya itu, pastikan pula untuk tidak melebihi daya angkut mobil saat menambahkan roof box. Yang harus ingat bahwa roof box berfungsi sebagai ruang tambahan agar barang yang sedianya diletakan di dalam kabin bisa diletakkan di luar dan kabin menjadi longgar, bukan untuk memuat barang melebihi batas maksimal yang ditetapkan pada setiap mobil.

Pasalnya, jika mobil over weight, maka akan mempengaruhi stabilitas dan kekuatan ban menahan beban. Wal hasil, hal ini justru akan membahayakan baik pengendara sendiri maupun pengendara kendaraan lain di jalanan. Penataan barang di dalam roof box juga harus diperhatikan. Jangan asal ‘cemplung’ saja, seperti memasukan pakaian ke dalam koper, tetapi pilihlah barang yang berat di belakang roof box.

Cara ini penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan titik tumpu beban. Anda juga bisa memanfaatkan strap yang ada di dalam roof box agar barang tidak bergeser ketika mobil bermanuver. Tak kalah penting dari hal itu adalah soal isi roof box sendiri. Pastikan Anda tidak mengisi kotak di atap ini dengan barang-barang yang mudah terbakar dan mengandung gas. Alasannya, berada di atas dan di luar ruang kabin, roof box sangat terpapar matahari, sehingga barang-barang mudah terbakar sangat rentan.

Saat memasang roof box, perhatikan pula ukurannya. Pakar transportasi menyarankan ukuran roof box maksimal adalah setengah dari panjang bodi mobil saja. Terakhir, pasanglah roof box dengan memperhatikan aspek aerodinamika. Hal ini penting, mengingat hadirnya perkakas di atas mobil sedikit banyak akan mengubah alur angin dan memiliki efek resistensi pada arah laju mobil.

Bentuk roof box yang depannya runcing akan sangat membantu perihal tersebut diatas. Pemilihan ini juga penting berkaitan dengan keselamatan dan keiiritan bahan bakar. Dikutip dari CNN, konon, aerodinamika menyumbang lima persen terhadap keiritan bahan bakar.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik pakai mobil roof box.

 

 

Mengapa Iklan Jual Mobil Retro dan Klasik Selalu Menyertakan Kata Mulus?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Kedua, Balai Pustaka, 1991, yang dimaksud dengan ‘mulus’ adalah (1) putih bersih, (2) halus tanpa cacat, (3) lancar; tidak ada halangan, (4) dapat berjalan dengan baik,dan (5) jujur, suci hati, tulus. Itu sebabnya, kata mulus sering digunakan untuk pada iklan penjualan mobil retro dan mobil klasik, dengan beberapa tujuan. 

VOLVO MANIA INDONESIA - JUAL/BELI/INFO VOLVO

Grup ini hanya di FaceBook & tidak ada di Media Sosial lain atau Chat Group. Untuk para penggemar, pemerhati, pengguna VOLVO. Share uneg2, informasi, jual-beli, dll yg hanya berhubungan dengan VOLVO. No SARA, No Politics, No Spam, No Promo Produk Lain & No Heart Feeling tentunya. 

Kulineran Di Mobil, Mengulang Trend 50 Tahun Yang Lalu

Kondisi yang terjadi saat pandemi ini memang merepotkan dunia kuliner, baik para penyedia ataupun…

Touring Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya Juga

Pada saat memasuki usia senja, umumnya kita seringkali dilanda kesepian. Juga dengan berbagai…