Chevy Bel Air Generasi Ketiga (1958)

"Berbeda dengan generasi sebelumnya yang membutuhkan waktu 3-4 tahun untuk bertansformasi, generasi ketiga Bel Air hanya butuh satu tahun untuk melakukan perubahan yang mendasar."

Pada versi ini, General motor mulai bermain-main lagi dengan bodi yang dibuat agak lebih rendah dan memodifikasi beberapa kaca bagian belakang agar jauh lebih gaya. Berikut ulasan selengkapnya tentang Chevrolet Bel Air generasi ketiga.

 

Produksi dan Perakitan

Generasi ketiga bukanlah versi andalan dari General Motor untuk dijual di banyak negara di kawasan Amerika. Itulah mengapa lokasi perakitannya hanya dilakukan di 4 tempat kawasan Amerika saja. Meski demikian, animo masyarakat dengan mobil Bel Air generasi ketiga ini lumayan tinggi hingga General Motors memproduksi sekitar lima jenis versi bodi.

Pertama adalah jenis Bel Air Couple dua pintu. Selanjutnya Hardtop dan Convertible yang sama-sama memiliki dua pintu. Versi Chevrolet Sedan juga diproduksi di tahun 1958 dengan 4 pintu diikuti dengan Chevrolet Sport Car yang sangat memikat.

 

Desain Generasi Ketiga

Chevrolet generasi ketiga yang diproduksi di tahun 1958 mengusung konsep yang sedikit lebih nyeleneh. Bodi dibuat lebih memanjang dan rendah dari produksi di generasi pertama dan juga kedua. Selain itu, mobil juga jauh lebih berat dari versi sebelumnya yang lebih banyak mengusung bodi tipis namun berkelas.

Bel Air yang diproduksi di tahun 1958 juga memiliki keterkaitan dengan versi Chevrolet lain seperti Delray, Biscyane, Yeoman, Brookwood, dan Impala. Untuk versi Impala, Bel Air mengusung tipe Hardtop Couple dan Convertible. Versi Impala ini memiliki desain yang unik berupa garis-garis pada bagian atapnya. Selain itu, bagian jendela belakang juga dibuat lebih unik hingga terlihat lebih gaya.

 

Mesin dan Transmisi

Mesin yang digunakan pada generasi ketiga menggunakan 235.5 cu in (3.9L) 145 hp atau Blue Flame I6, dan 283 cu in (4.6 L) atau sering dikenal sebagai V8 generasi baru. Selanjutnya ada 348 cu in (5.7 L) 250-315 HP yang juga merupakan generasi baru V8 yang dikembangkan oleh General Motors secara terus-menerus.

Untuk transmisi pada mesin, generasi ketiga ini hanya menggunakan dua jenis kecepatan. Pertama adalah 3-speed manual yang diaplikasikan ke beberapa jenis Bel Air. Selanjutnya ada 2-speed auto yang mengusung Powerglide yang sangat canggih.

 

Isu Keselamatan Generasi Ketiga

Beberapa jenis di generasi ketiga ini banyak menuai kritik dari beberapa pengamat otomotif. Desainnya yang sedikit lebih panjang membuat kenyamanan dan keamanan kurang terjamin. Jika ada tabrakan dengan mobil lain, keselamatan pengemudi tidak begitu terjamin. Meski memiliki kekurangan pada keselamatan, mobil versi ketiga Bel Air tetap dipertahankan hingga tahun 1965.

Demikianlah ulasan singkat tentang generasi ketiga dari Chevrolet Bel Air. Silakan mengunjungi website Chevrolet untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait

Sejarah Food Truck Sebagai Alternatif Bisnis Kuliner

Bingung mencari lokasi usaha kuliner?, Food Truck adalah salah satu pilihan dengan tingkat fleksibilitas paling tinggi

Eko Putro Sandjojo Dan Harley Davidson

Sekedar Alat Transportasi Dan Cadangan Kendaraan, Bukan Untuk Gagah-gagahan

Truk Ford Model A (1928-1929)

Sejarah Truk Pengangkut Susu di Indonesia

Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi."