Chevy Bel Air Generasi Keenam (1965-1970)

"Memasuki tahun 1965, Chevy Bel Air terus mengalami perubahan. 

Baik dari segi tampilan fisik hingga mesin, Bel Air mendapat banyak sentuhan dengan karakter yang berbeda."Baik dari segi tampilan fisik hingga mesin, Bel Air mendapat banyak sentuhan dengan karakter yang berbeda.

Tahun 1965 Hingga 1967

Pada 1965, ada perubahan total yang dialami Chevrolet. Misalnya, ukurannya secara keseluruhan terlihat lebih ramping hingga 213.3 in atau 5.420 mm. Meskipun demikian, jarak antara roda tetap sama. Grille di bawah bemper lebih diperluas dan sedikit lebih tajam. Kaca jendela terlihat melengkung sehingga memberi karakter yang berbeda.

Selain bagian interior yang didesain ulang supaya terlihat lebih menarik perhatian, mesinnya pun dibuat lebih bertenaga. Meskipun Chevrolet ini menggunakan mesin V8 standar, tetapi dengan opsi mesin CID 396 cu in (6.490 cc) dengan kekuatan 325 dan 340 hp (250 kW) serta 409 CID dengan kekuatan 400 dan 425 hp (317 kW).

Bel Air juga menggunakan sabuk dari stainless steel, sepatbor belakang yang memiliki tanda tertentu, dan sebuah laci kecil di dekat setir. Segala aksesori ini menjadi pembeda dengan seri Biscayne yang dijual dengan harga yang lebih rendah.

Setahun kemudian, yaitu pada 1966, Chevrolet sedan kembali mengalami perubahan total dari segi bodi. Permukaannya lebih ringan sehingga memengaruhi daya dorong kendaraan. Di bagian depan, ada sepatbor yang tumpul dan grille yang lebih baik. Di bagian belakang, terpasang lampu belakang berbentuk bundar dengan gaya tradisional.

Pada 1967, Chevrolet memperkenalkan bodi baru dengan tambahan sepatbor belakang. Ini merupakan tren pada tahun tersebut. Bel Air juga menyisipkan tiga lampu belakang, berbeda dengan model Biscayne yang hanya memiliki 2 unit. Mesin masih memiliki standar yang sama dengan tahun sebelumnya.

 

Tahun 1968 hingga 1970

Perubahan yang dialami Bel Air pada tahun ini tidak jauh berbeda dengan model yang keluar di tahun sebelumnya. Bodi kendaraan menjadi lebih panjang, yaitu 214.7 in (5.450 mm). Desain grille terlihat sangat mirip dengan Cadillac, tetapi dengan lampu belakang yang berbentuk bulat. Lampu belakang ini diletakkan di bemper. Ini merupakan gaya yang tidak biasa.

Tahun 1969 merupakan tahun terakhir kehadiran Bel Air sedan 2 pintu. Bel Air yang berbentuk station wagon diubah namanya menjadi Townsman. Perubahan ini adalah praktik yang dilakukan sebelum 1962 yang menggunakan nama berbeda untuk station wagon. Pada 1970, hanya ada sedikit perubahan yang dilakukan pada Chevrolet. Seri Bel Air hanya keluar dalam model 4 pintu.

Generasi keenam Bel Air ini adalah penjualan keempat terbaik dalam sejarah otomotif setelah Volkswagen Beetle, Ford Model T, dan Lada Riva. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Chevrolet Bel Air, termasuk Chevrolet sport car yang dikeluarkan pabrik General Motors ini, Anda bisa mengunjungi website Chevrolet.