Chevy Bel Air Generasi Keempat (1959-1960)

"Setelah bertahan di Generasi ketiga yang konon dianggap sebagai generasi terburuk dari Bel Air, di tahun 1959 General Motors melakukan pembenahan habis-habisan."

Semua bodi mobil yang diproduksi diperbarui hingga sama sekali tidak mirip dengan generasi sebelumnya. Bisa dikatakan generasi keempat ini adalah mobil jenis baru yang dibuat untuk memperbaiki kesalahan di generasi sebelumnya. Berikut ulasan selengkapnya tentang Chevrolet Bel Air generasi keempat.

Tahun 1959

Seperti yang telah dibicarakan, generasi keempat ini adalah generasi Bel Air yang mengusung konsep yang benar-benar baru, seperti versi pertama yang membuang apa-apa saja yang berbau kendaraan paska perang. Generasi ini mengusung konsep yang jauh lebih segar dibandingkan ketiga versi sebelumnya yang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Bel Air yang diproduksi di tahun 1959 memiliki perubahan dari bagian depan hingga belakang. Tanda-tanda mobil produksi benar-benar dihilangkan oleh General Motors. Generasi ini dibuat agar lebih layak dan terlihat gagah ketika dikendarai di jalanan.

Lampu depan dari produksi pertama dibuat agak ke bawah dan mengusung cat-eye tail light yang sangat memikat. Bodi mobil secara keseluruhan menggunakan metal dan frame yang berbeda dari versi sebelumnya. Jika diperhatikan secara saksama, maka Bel Air generasi keempat ini akan terlihat lebih tipis.

Mobil ini dibuat dengan roda dasar sepanjang 3.000 mm atau lebih panjang dari versi di tahun 1957. Sebagai tambahan generasi ketiga ini lebih lebar di bagian luar sepanjang 3 inchi dan juga lebih lebar ke dalam sepanjang 5 inchi. Penambahan ukuran ini membuat Chevrolet Bel Air versi ini seperti memiliki sayap yang akan mengembang ketika dikendarai di jalan raya.

Tahun 1960

Sebenarnya Chevrolet versi 1960 tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Hanya saja beberapa bagian telah diperhalus hingga terlihat jauh lebih sempurna. Bagian lampu pada mobil juga didesain ulang agar lebih terlihat lebih bagus dan sesuai dengan bodi yang dibuat lebih tipis tanpa mengurangi performa mesin.

Mesin dan Transmisi

Secara garis besar, generasi keempat ini hanya memproduksi empat bodi dimulai dari Chevrolet sedan dengan empat pintu, Hardtop dengan empat pintu, Couple dengan dua pintu dan yang terakhir Hardtop 2 pintu yang khusus diproduksi di tahun 1960. Versi Chevrolet Sport Car tidak diproduksi pada generasi ini karena General motor lebih berfokus pada pembaruan bodi dan juga mesin.

Untuk menunjang performa dari Bel Air versi keempat ini, Generals Motors menggunakan 235.5 cu in (3.9 L), 283 cu in (4.6 L) mesin V8, terakhir 348 cu in (5.7 L) yang juga sudah mengusung mesin V8 versi terbaru. Untuk transmisi, generasi keempat menggunakan 2-speed auto dengan Powerglid, 3-speed manual, dan 4-speed manual.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bawah Generasi keempat diciptakan untuk memperbarui Bel Air secara menyeluruh terutama masalah bodi. Untuk informasi lebih detail, silakan kunjungi website Chevrolet.