Suzuki Jimny Pemecah Rekor Dunia

"Puncak Gunung Andes di Amerika Selatan adalah saksi kehandalan Suzuki Jimny."

Jimny adalah mobil antik produk otomotif Jepang, Suzuki. Sejatinya mobil ini mulai dibuat sejak bulan April tahun 1970, namun "gen" mobil 4WD (four-wheel-drive) sudah terlihat pada tahun 1968, yaitu pada saat Suzuki membeli perusahaan otomotif lain bernama Hope Motor Company yang telah  memproduksi lima belas kendaraan off-road yang diberi nama HopeStarON360.

Suzuki Jimny perdana diberi nama LJ10, atau Light Jeep 10. Mobil klasik ini dirilis pada tahun 1970, dengan mesin dua silinder. Berikutnya menyusul beberapa seri lain, seperti LJ20 pada tahun 1972, dan LJ50 pada tahun 1985. LJ50 nantinya mendulang sukses pemasaran yang luar biasa di Australia, karena saat itu konsumen di negara tersebut memang membutuhkan mobil handal yang sesuai dengan kondisi medan yang cukup berat.

Seri berikutnya adalah LJ80 atau yang juga dikenal dengan sebutan TheJimny8, merupakan pengembangan dari LJ50. Selanjutnya Suzuki mengeluarkan Jimny 1000 dan Jimny 1300.  Khusus untuk konsumen di Amerika Serikat, Suzuki menawarkan SJ413. Seri SJ413 ini diberi julukan sebagai Suzuki Samurai. Tipe ini kemudian dipasarkan juga di Australia dengan kode produksi SJ410 (Jimny 1000) dan SJ413 yang diberi nama sebagai Suzuki Sierra.

Sepanjang masa yang telah dijalaninya, Suzuki Jimny terkenal sebagai mobil tangguh dan awet. Sejarah mencatat, pada 21 April 2007, sebuah Suzuki Samurai buatan tahun 1986 mampu memecahkan rekor Guinness Book of World Records sebagai mobil 4×4 yang mampu mencapai dataran tertinggi. Dikendarai oleh duo orang Chili yaitu Gonzalo Bravo dan Eduardo Canales berhasil mendaki gunung berapi tertinggi di dunia, Ojos de Solado, di Chili, yang memiliki ketinggian 6.688 m (DPL).

Hebatnya, rekor yang ditoreh oleh sebuah jip retro mungil dengan beberapa moodifikasi yang umum dilakukan pemilik Jimny, di tangan off-roader amatir pula, mampu menumbangkan raksasa otomotif dunia yang menggunakan kendaraan canggih, kru profesional, dan dukungan dana tak terbatas yaitu Jeep dengan JK Wrangler-nya, yang sebulan sebelumnya mencapai 6.646 m, serta VW Touareg pada  ketinggian 6.081 m ditahun 2005.

Luar biasa bukan?

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Suzuki Jimny Coilspring

"Suzuki Jimny versi Coilspring termasuk salah satu dari mobil antik generasi kedua yang diproduksi oleh Suzuki."