Perancang Mercy Kentang

Mercy Kentang atau disebut juga Mercy Ponton adalah salah satu jenis mobil antik yang dewasa ini banyak sekali dicari oleh kolektor.

Desain dari Mercy Ponton yang unik, memiliki daya tarik tersendiri meski diproduksi pada tahun 1950-an silam. Bahkan, harga mobil klasik ini jadi meroket saking banyaknya kolektor yang mencari dan berani membeli dengan harga tinggi.

Desain dari Mercy Ponton atau Mercy Kentang ini tidak akan seunik ini tanpa tangan-tangan perancangnya. Mereka adalah Karl Wilfer yang menjadi perancang gaya dari bodi. Selanjutnya ada Dr. Fritz Nallinger yang merupakan kepala dari semua perancang. Terakhir ada Bela Barenyi yang memiliki konsep unik dari beberapa model bodi. Berikut uraian lengkap tentang perancang Mercy Kentang.

 

Dr. Fritz Nallinger

Fritz Nallinger adalah bapak dari desain-desain mobil Mercy Kentang. Sejak pertama kali bergabung dengan Daimler Benz di tahun 1922, Fritz Nallinger telah membuat banyak sekali gebrakan baru. Dia merancang independent suspension untuk mobil penumpang. Setelah sukses dengan rancangannya itu, Fritz Nallinger juga mulai merancang mesin diesel untuk Mercy Kentang di tahun 1930.

Saat Hitler berkuasa di Jerman, Fritz Nallinger mendapatkan status Wehrwirtschaftsfuhrer yang merupakan orang penting dalam perusahaan otomotif. Dia berperan serta dalam mendesain alat-alat perang yang sangat hebat di masa perang dunia ke-II. Bahkan pada tahun 1940-an dia menjadi orang penting dalam departemen pengembangan dan riset Jerman.

 

Karl Wilfert

Karl Wilfert dikenal sebagai raja dari berbagai ide di Daimeler Benz AG. Sejak bergabung di tahun 1959, Karl Wilfert telah banyak membuat desain mobil Mercy Kentang. Kecintaannya pada dunia otomotif terutama desain bodi mobil membuat Karl Wilfert enggan pensiun. Bahkan sebelum akhirnya meninggal dunia pada tahun 1976, Karl Wilfert masih berkata bahwa dirinya masih memiliki banyak sekali ide.

Karl Wilfert lahir dari keluarga seorang arsitek. Dalam generasi keluarganya, nilai-nilai kreatifitas sangat ditekankan. Sebelum masuk ke jajaran pendesain Mercy Kentang, Karl Wilfert pernah bekerja dengan Steyr pada tahun 1926. Tiga tahun berselang, dia akhirnya bekerja di Mercedes-Benz dan di tahun 1959 dipindahkan ke departemen pengembangan Mercy Ponton.

 

Bela Barenyi

Bela Barenyi adalah seorang pria yang merancang kenyamanan dan keamanan dari mobil Mercy Kentang. Bela membuat mobil produksi Mercedes-Benz aman saat dikendarai sehingga kemungkinannya untuk kecil terjadi kecelakaan di jalanan. Atas dedikasinya yang sangat tinggi terhadap Marcedes-Benz, Bela Barenyi sempat dibuatkan iklan persembahan atas jasanya dalam merancang aneka jenis mobil Mercedes-Benz terutama Mercy Kentang.

Selain ahli dalam merancang kenyamanan dan keamanan dalam mobil, Bela Barenyia juga dikenal sebagai penemu yang unggul. Dalam hidupnya, tidak kurang dari 2.000 paten didapatkan dari hasil penemuan dan penelitian terkait dengan dunia otomotif yang terus berkembang dengan pesat.

 

Inilah tiga perancang dari Mercy Kentang. Dari tangan mereka, mobil klasik nan unik ini akhirnya bisa diproduksi dan digunakan di seluruh dunia.

Artikel Terkait

Mesin Mercy Kentang

Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.

Mercy Kentang Station Wagon

Bagi pecinta mobil tua keluaran Mercedes-Benz, Mercy Kentang bisa menjadi salah satu pilihan yang sempurna.

Mercy Kentang Pickup

Mungkin ada sebagian dari pembaca yang kurang begitu mengenal Mercy Kentang versi pick-up karena hampir semua model yang ada hingga sekarang adalah jenis sedan.

Mercy Kentang 220S (W180) dan 220SE (W128) Cabriolet

Salah satu mobil klasik dari Mercedes-Benz adalah seri cabriolet.

Mercy Kentang 219 (W105), 220S (W180), 220SE (W128) Sedan

Setelah berkutat di mobil sedan dengan empat silinder seperti Mercy Kentang 180 dan 190, Mercedes-Benz kembali menggebrak dunia otomotif.