Toyota Corolla E20 (1970-1973)

"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."

Mobil klasik yang dirilis pada tahun 1971 -1973 ini ternyata juga "booming". Tidak hanya di negara-negara tempat perakitan seperti Jepang, Australia, dan Amerika, mobil ini juga laris di Indonesia dan bahkan dijadikan armada taksi di era tersebut.

 

Desain

Model desain seri E-20 tidak terlalu jauh berbeda dengan pendahulunya. Hanya saja ukurannya sedikit lebih besar dengan list rangka yang lebih ramping. Adapun ukuran dimensinya sebagai berikut:

Panjang     : 2,64 m
Lebar    : 1,51 m
Tinggi    : 1,35 m

Ciri khas E20 terletak pada lampu depan yang bulat dan agak besar. Namun pada tahun 1972 model tersebut diperbarui dengan memisahkan lampu sein belakang dan menggantinya dengan warna oranye.

Variasi model E20 series mencakup coupe 2 pintu, sedan 2 & 4 pintu, station wagon 3 & 5 pintu, serta van 3 pintu. Dengan bobot yang cukup ringan, yaitu sekitar 770kg – 850kg, mobil antik ini bisa menghasilkan performa yang cukup responsif.

 

Mesin & Transmisi

Mobil ini dibekali dengan beberapa jenis mesin, seperti 3k 1.200cc, 3K-B (1.200cc – 2 karburator), T (1400cc), 2T (1600cc), serta 2T-G (1600cc DOHC) yang memiliki kemampuan yang tinggi. Untuk transmisinya, menggunakan sistem transmisi 4 percepatan manual.

Layout yang digunakan seri ini adalah FR atau penggerak roda belakang. Adapun untuk mengatur performa handlingnya, E20 mengandalkan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan live axel yang berparalel dengan leaf spring.

 

Seri Sprinter

Tidak hanya memproduksi seri KE, Pada tahun 1972 Toyota Auto Stores memperkenalkan seri TE, yaitu varian sporty berupa sprinter terbaru yang mesinnya berbasis E20, yaitu Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

Seri sprinter ini diproduksi dalam bentuk coupe 2 pintu dan ditenagai oleh mesin 2T-G 1600cc dengan dobel karburator Mikuni. Adapun sistem transmisinya menggunakan 5-speed manual.

Sprinter ini memiliki performa yang sangat andal dan mendapatkan atensi yang cukup baik di pasar otomotif saat itu dan masih dicari hingga saat ini. Corolla levin bahkan sempat menjuarai Rally Press on Regardles di Amerika Serikat dan Lakes Rally di Finlandia.

 

Corolla E-20 di Indonesia

Toyota Corolla E20 adalah seri Corolla pertama yang masuk ke pasar Indonesia. Mobil antik ini mulai masuk pada tahun 1970 dan dirakit dengan model sedan 4 pintu. Walaupun bukan tergolong mobil mewah, Corolla E20 juga banyak digunakan oleh para petinggi negeri.

Toyota Corolla dinilai memiliki mesin yang bandel dan mendapat julukan Corvet atau Corolla Veteran, mungkin karena modelnya abadi juga untuk membedakannya dengan Corolla versi yang lebih muda.

 

Itu tadi ulasan singkat mengenai generasi ke-2 Toyota Corolla seri E20. Semoga bisa menambah wawasan otomotif Anda, khususnya seputar mobil-mobil klasik dan antik keluaran Toyota Corolla.

Artikel Terkait

Toyota Corolla E70

"Desain terbaru seri Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari"

Corolla TE71 (1979–1983)

TE71 adalah seri Toyota Corolla yang diproduksi dengan banyak model body.

Aneka Versi Toyota Corolla

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

Toyota Sprinter dan Trueno Sprinter (1970 - 1974)

"Setelah sukses mengeluarkan Toyota Corolla pada tahun 1966, Toyota Jepang lagi-lagi menelurkan mobil versi baru yang lebih canggih."

Toyota Sprinter (E40 & E60) & Trueno Sprinter (1974 - 1979)

"Toyota Sprinter E40 dan E60 adalah generasi ketiga dari jenis Corolla yang menjadi simbol kebangkitan Toyota pasca perang dunia ke-II."