Suzuki Jimny SJ20

"Varian kedua dari Suzuki Jimny ini akhirnya diproduksi pada tahun 1978."

Pada varian ini, Suzuki tidak melakukan perubahan yang cukup signifikan. Perusahaan otomotif yang terus membesar di Jepang ini mulai berkonsentrasi untuk menghasilkan produk baru yang mampu berjaya di kancah internasional. Suzuki ingin berjuang melawan pabrikan-pabrikan hebat Eropa da Amerika yang sudah berjaya sebelum perang dunia tersulut.

Akhirnya dengan sangat bangga mobil klasik jenis SJ20 dihasilkan oleh Suzuki. Mobil dengan mengusung konsep terakhir Jimny ini disasarkan untuk pasar dunia sebelum berganti menjadi generasi kedua yang memiliki desain yang lebih hebat. Berikut uraian lengkap tentang SJ20 yang menjadi varian pamungkas generasi pertama mobil antik Suzuki Jimny.

 

Desain dan Mesin SJ20

Desain bodi dari SJ20 lagi-lagi tidak memiliki perbedaan yang cukup siginifikan. Series Jimny masih menggunakan tiga jenis bodi dengan beberapa perubahan sana-sani. Pada SJ20, bodi yang digunakan masih mengusung konsep wagon 2 pintu, convertible 2 pintu, dan cab chassis 2 pintu. Desain ini tetap dipertahankan meski Suzuki sudah mempersiapkan beberapa desain baru untuk generasi kedua yang rilis 3 tahun setelah SJ20 diluncurkan.

Interior dari SJ20 mengalami perubahan yang cukup siginfikan. Pengguna akan mendapatkan jok yang lebih nyaman, setir mobil yang kokoh serta beberapa pintu metal yang sangat berkelas. Perubahan pada bodi ini membuat SJ20 semakin dikagumi hingga mobil classic ini tidak pernah sepi oleh pembeli.

Mesin dari SJ20 sudah mengusung jenis yang lebih modern. Suzuki memasang 797 cc (48 cu in) dengan 4-stroke SOHC dan bersilinder empat. Dengan mesin seperti ini varian SJ20 mampu bergerak dengan daya 41 HP. Perubahan besar dari daya mobil membuat SJ20 sangat gahar ketika melaju di jalanan.

 


Produksi Mobil SJ20

SJ20 disasarkan untuk pasaran internasional. Suzuki tidak memproduksi versi down grade dari SJ20 untuk Jepang karena terbentur masalah kei car dan juga emisi yang dihasilkan untuk mesin. Akhirnya SJ20 eksklusif diproduksi secara besar-besaran untuk diekspor ke berbagai negara besar seperti Eropa, Amerika, dan Australia yang secara mengejutkan menerima mobil ini dengan sangat baik.

SJ20 mendapatkan julukan Stockman di Australia karena bentuk bodi yang besar dan stocky jika dipandang dari kejauhan. Di negara yang memiliki banyak sekali kanguru ini, SJ20 mulai diperkenalkan pada publik pada April 1979. SJ20 memberikan versi wheelbase yang cukup besar mulai dengan ukuran 2200 mm.

Untuk pasaran Jerman, SJ20 lebih banyak dikenal sebagai Jimny 8 atau LJ80. Suzuki ingin menguji nyali untuk menghadirkan mobil berdesain terbaik dan mengungguli mobil-mobil jenis Volkswagen yang merupakan produk asli Jerman yang namanya sudah sangat mendunia.

 

Keberhasilan SJ20 dan Munculnya Generasi Dua

Generasi pertama dari Suzuki Jimny dianggap berhasil dalam menggebrak pasar Jepang dan dunia untuk lini SUV offroad car. Dengan SJ20 yang mampu dipasarkan ke berbagai penjuru dunia, Suzuki akhirnya terus berusaha menghadirkan generasi baru yang dimunculkan pertama kali pada tahun 1981 dan melanjutkan tongkat estafet dari generasi pertama yang bertahan selama 11 tahun.

Sebagai seri pamungkas, mobil kuno SJ20 mampu menunjukkan taringnya dengan hebat. Mobil ini mampu menjadi pembuka pasar internasional hingga Suzuki mampu bertahan hingga memunculkan generasi kedua yang berjalan selama kurang lebih 17 tahun lamanya.

 

Demikianlah uraian singkat tentang varian mobil tua Toyota versi Jimny SJ20. Semoga menambah pengetahuan Anda tentang mobil-mobil jadul yang hebat di zamannya.

Artikel Terkait

Suzuki "Maruti Gypsy" Jimny

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

Suzuki Jimny "Farm Worker"

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

Suzuki Jimny SJ40

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

Suzuki Jimny SJ30

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

Suzuki Jimny Coilspring

"Suzuki Jimny versi Coilspring termasuk salah satu dari mobil antik generasi kedua yang diproduksi oleh Suzuki."