Chevy Bel Air Generasi Pertama (1950-1954)

"Chevrolet Bel Air generasi pertama (1950-1954) adalah seri yang lebih revolusioner dari Chevrolet generasi pendahulunya."

Di tahun 1920-an, Chevrolet pernah melakukan produksi mobil dengan desain yang nyaris mirip, sayangnya mobil itu tidak mampu bertahan di pasaran. Akhirnya, perusahaan harus rela merugi dan membuat desain Chevrolet menjadi lebih bagus hingga generasi pertama ini akhirnya lahir.

 

Tahun 1950

Tahun produksi mobil Chevrolet ini bisa dibilang sangat berat. Pengembang harus mengubah banyak hal agar mata pembeli kian melirik. Bel Air Hardtop diproduksi di awal tahun ini dengan beberapa revisi pada bodi agar terlihat lebih elegan. Dampak dari perubahan bodi ini benar-benar tidak terduga, di tahun pertama mobil-mobil Chevrolet laku keras hingga mampu dibuat sebanyak 76.662 unit.

Sebenarnya produksi tahun pertama ini mirip sekali dengan Styline Deluxe Convertible. Meski demikian, bagian atap, bagian buntut, serta jendela dibuat lebih unik. Penampakan yang baru ini membuat mobil terlihat lebih seimbang jika diperhatikan dari berbagai sisi.

 

Tahun 1951-1952

Produksi di tahun ke-2 dan ke-3 tidak memiliki perubahan yang berarti. Pabrikan masih mencoba melakukan revisi bagian bodi mobil Chevrolet agar terlihat lebih enak dipandang. Perubahan kecil yang terjadi di tahun-tahun ini hanya terletak pada bagian belakang mobil. Pelindung belakang Chevrolet jenis ini dibuat lebih tinggi dan bersudut di sepanjang permukaannya.

 

Tahun 1953-1954

Nama Bel Air secara resmi dipakai pada tahun 1953. Nama ini diberikan kepada mobil jenis premium yang diminati banyak orang. Di tahun ini Chevrolet melakukan promosi besar-besaran di beberapa media. Tajuk yang mereka usung adalah “Entirely new through and through”.

Mobil yang diproduksi pada tahun 1953-1954 dibuat untuk membuang penampakan mobil produksi saat dan pasca perang. Beberapa bagian yang khas dari era perang dunia ke-II dihilangkan agar mobil terlihat sempurna. Pabrikan bekerja dengan ekstra untuk menghadirkan banyak varian baru dengan penampakan yang lebih segar serta teknologi yang jauh lebih bagus.

Setelah memproduksi jenis Hardtop di tahun 1950-1952, jenis Bel Air yang jauh lebih modern akhirnya dirilis. Yang pertama adalah jenis Bel Air Couple dengan 2 buah pintu. Selanjutnya Bel Air Sedan atau sering dikenal dengan Chevrolet Sedan dengan memiliki 4 buah pintu. Selanjutnya versi Convertible 2 pintu juga mengikuti disusul Wagon 4 pintu sebagai yang terakhir. (Untuk generasi pertama jenis Chevrolet Sport Car belum dibuat.)

Interior Bel Air generasi pertama ini banyak sekali mengalami perubahan terutama di bagian dasbor, karpet, serta setir yang dibuat jauh lebih modern. Selanjutnya untuk mendukung performa mobil, Bel Air mengusung mesin jenis 215.5 cu in (3.5L) atau yang sering disebut dengan Thriftmaster. Untuk jenis yang lebih besar, Bel Air juga memakai 235.5 cu in (3.9L) atau kerap disebut dengan Blue Flame.

 

Demikianlah uraian singkat tentang Chevrolet Bel Air generasi pertama. Untuk informasi yang lebih detail, silakan menengok website Chevrolet.

Artikel Terkait

Sejarah Food Truck Sebagai Alternatif Bisnis Kuliner

Bingung mencari lokasi usaha kuliner?, Food Truck adalah salah satu pilihan dengan tingkat fleksibilitas paling tinggi

Eko Putro Sandjojo Dan Harley Davidson

Sekedar Alat Transportasi Dan Cadangan Kendaraan, Bukan Untuk Gagah-gagahan

Truk Ford Model A (1928-1929)

Sejarah Truk Pengangkut Susu di Indonesia

Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

Chevy Bel Air Kanada

"Eksistensi Chevy Bel Air generasi ketujuh yang berlangsung pada 1971 hingga 1975 bersamaan dengan munculnya Chevy Bel Air Kanada pada 1970 hingga 1976."