Kisah Sultan Yang Masuk ke Laut Menggunakan Mobil

Sultan Hamengku Buwono IX, tak banyak bicara tentang pengalaman batin yang dialami. Namun demikian banyak orang meyakini bahkan menjadi saksi berbagai hal mistis, misterius dan diluar nalar yang pernah terjadi, dengan Dorodjatun-nama kecil Sultan.

Misalnya kisah tentang Sultan masuk ke laut selatan dengan mengendarai sebuah mobil merah tanpa kap. Setidaknya lebih dari tiga orang warga desa dekat Parangkusumo menjadi saksi. Kejadiannya bermula pada satu siang, saat itu Raja Jogja tersebut terlihat sedang menyetir mobil dan mengitari bibir pantai beberapa kali. Tiba-tiba Sultan mengarahkan mobilnya ke laut dan langsung masuk laut selatan. Hingga beberapa lama, mereka kemudian tak melihat Sultan muncul lagi ke daratan

Setelah Hamengku Buwono IX mangkat pun banyak orang yang mengatakan melihat penampakan Sultan di Parangkusumo. Tak sedikit warga yang melihat sosok mirip Ngarso Dalem sedang mengendarai mobil dan melakukan hal yang sama: masuk ke laut selatan.

Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat, pini sepuh sekaligus Pengageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, menganggap kejadian di luar nalar mengenai Hamengku Buwono IX bukan sebagai suatu hal yang aneh. Kemistisan para raja Jawa, menurut dia, memang kental karena tradisi turun-temurun.

Sumber: tempo.com