Deretan Mobil Langka dengan Harga Fantastis

Memiliki barang langka adalah sebuah prestise bagi para kolektor, termasuk kolektor mobil antik. Bukan rahasia lagi jika mobil-mobil langka banyak menjadi incaran para pecinta mobil klasik. Mereka bahkan rela menyodorkan mahar yang untuk orang awam barangkali bisa geleng-geleng kepala bahkan mengatakan ‘edan’! Ibarat mencintai orang, ‘sudah kadung cinta mati’, maka tak heran jika apa saja rela dilakukan agar bisa meminangnya, termasuk menyerahkan mahar selangit sekalipun.

Memang tak semua mobil langka dibanderol dengan harga yang bikin orang mengernyitkan dahi, tetapi tak dipungkiri pula jika terdapat banyak deretan mobil langka yang dibanderol dengan harga fantastis. Berikut beberapa diantaranya.

 

Mobil langka yang pertama adalah Dodge Coronet - R/T Convertible.

Seri tersebut, lihat foto diatas, dikeluarkan hanya dua kali, yaitu antara tahun 1967 hingga 1970-an. Mobil ini memang terbilang salah satu jawaran mobil dengan gaya American Muscle. Dikatakan demikian lantaran usianya sudah tak lagi muda, tetapi gayanya tetap ‘enak’ dipandang hingga kini. Sebagai mobil klasik, Dodge Coronet-R/T Convertible tetap terlihat elegan dan masih tampak gagah untuk diajak mejeng ke mana pun.

Di bursa mobil klasik, Dodge Coronet-R/T Convertible termasuk deretan mobil tua yang sangat langka. Pasalnya, untuk seri buatan tahun 1967 jumlahnya hanya tersedia 2 unit saja. Demikian halnya dengan Dodge Coronet-R/T Convertible buatan tahun 1970 yang hanya tersedia dua unit. Demikian langkanya mobil ini, tak pelak membuat harganya membumbung sangat tinggi.

Sejatinya memang tidak ada patokan harga khusus untuk Dodge Coronet-R/T Convertible sebagaimana mobil keluaran terbaru dari dealer yang diproduksi massal. Akan tetapi, merujuk pada kelangkaan jumlahnya, sudah bisa terbayangkan butuh tak sedikit duit untuk bisa membuatnya menjadi milik Anda.

 

Kedua, adalah Packard Panther buatan tahun 1954 yang digadang-gadang menjadi mobil langka dengan harga fantastis.

Deretan Mobil Langka dengan Harga Fantastis 2Packard Panther menjadi mobil yang mewah pada eranya. Desainnya pun ala-ala mobil mewah zaman sekarang yang dirancang eksklusif untuk dua orang saja. Pada bagian belakang Packard Panther dibekali dengan lampu clipper. Bodinya pun dibuat dari fiberglass. Sementara atapnya dirancang agar bisa dibongkar pasang.

Mobil ini termasuk sangat langka karena jumlahnya super terbatas! Pabriknya hanya membuat 4 unit. Sialnya, saat ini hanya terdapat 2 unit yang masih dapat digunakan. Sementara dua lagi menjadi barang antik yang tak bisa lagi dioperasikan. Tak mengherankan jika Packard Panther pun masih dalam ‘spesies’ langka.

Sebagai barang yang mewah pada masanya dan kini menjadi barang super langka, tidak mengherankan jika butuh merogoh kocek sangat dalam untuk meminangnya. Sebagai informasi, pada pertengahan 2006 silam saja, seseorang yang tidak diketahui namanya dikabarkan bersedia menyodorkan mahar 360 ribu USD untuk meminang Packard Panther. Sayang, orang tersebut tidak ingin diketahui identitasnya.

 

Tak kalah mempesona dengan Packard Panther, Oldsmobile seri F-88 juga menjadi mobil klasik berharga selangit.

Deretan Mobil Langka dengan Harga Fantastis 3Seperti halnya Packard Panther , mobil ini juga lahir pada tahun 1954. Selain memiliki bodi yang aduhai, para kolektor mobil antik juga memburunya lantaran kekuatannya. Mesin mobil ini cukup gahar dengan kemampuan mencapai 200 tenaga kuda.

Jumlahnya pun terbatas, hanya tersedia 4 unit saja. Dikabarkan mobil ini pernah laku hingga 3,6 juta USD dalam sebuah acara lelang. Hal ini menunjukkan bahwa mobil tersebut masih dihargai sangat mahal meski usianya tak lagi muda.

 

Selain 3 mobil di atas, Duesenberg - Model J Murphy Bodied Coupe juga menjadi ‘spesies’ yang sangat langka di jagad otomotif.

Deretan Mobil Langka dengan Harga Fantastis 4Mobil produksi tahun 1931 ini, dirancang oleh Frandk Heshey, seorang industrialis berkebangsaan Amerika. Sebuah peristiwa penting pun menyertai kelahiran mobil tersebut. Dusenberg lahir beberapa saat sebelum perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan total pada paruh 1937 silam.

Gulung tikarnya perusahaan tersebut dipicu oleh krisis internal perusahaan. Sepanjang ‘masa hidup’ perusahaan tersebut, ‘hanya’ berhasil memproduksi sekitar 500 unit mobil saja. Dusenberg - Model J Murphy Body Coupe menjadi salah satu produksi perusahaan tersebut yang paling dicari.

Perpaduan antara bentuk yang unik dengan nilai sejarah yang menyertai mobil tersebut membuat harganya tidak murah.

 

Mobil langka yang dijual mahal berikutnya adalah Phantom Corsair.

Deretan Mobil Langka dengan Harga Fantastis 5Kendaraan buatan tahun 1938 itu, merupakan ‘rajanya mobil’ pada eranya. Konon, tak ada mobil lain yang mampu menyaingi kegaharan Phantom Corsair pada masanya. Bodinya begitu kokoh, ‘wajahnya’ pun tampak cukup sangar dilihat. Demikian pula dengan mesinnya yang dirancang khusus, sehingga begitu kuat.

Penampakannya yang cukup menyeramkan - untuk ukuran mobil, acap kali membuatnya dikaitkan dengan mobil dalam tokoh hayalan Batman. Satu hal yang unik dari Phantom Corsair sebagai mobil klasik adalah tidak diperkenankan mengikuti acara lelang di mana pun. Andai pun diperkenankan, maka mobil yang diproduksi sebanyak 1 juta unit di masanya itu, dilepas dengan harga hingga 10 juta USD. Super fantastis bukan?!

Merujuk pada deretan mobil langka yang dibanderol fantastis tersebut, seri mana kira-kira yang pernah Anda bayangkan untuk dipinang? Terlepas dari tingginya harga yang ditetapkan, sebenarnya bukan hal yang mengherankan jika mobil klasik dibanderol sangat mahal. Selain sebagai bentuk apresiasi atas sebuah produk yang masih bisa dilihat bentuknya bahkan dikendarai, mobil tersebut juga bagian dari sejarah penting hasil cipta, rasa dan karsa penciptanya. (y)

Author

Abrianto