Mobil Klasik Volkswagen Golf MKI Kepunyaan Gofar Hilman

Aktor, MC dan Presenter Gofar Hilman sangat menyukai dunia otomotif. Dia juga memiliki channel Youtube yang khusus membahas mengenai dunia otomotif. Salah satu mobil klasik kesayangannya adalah Volkswagen Golf Mk1 yang bahkan diberi nama khusus yaitu Rahayu.

Gofar rela merogoh koceknya untuk biaya perawatan dan biaya modifikasi Rahayu yang nilainya berkali-kali lipat dari harga beli mobil VW itu sendiri. Mobil Volkswagen Golf atau yang sering disebut juga VW Golf ini diluncurkan pada tahun 1974 dan merupakan generasi pertama sebagai pengganti Volkswagen Beetle.

 

 

Kelebihan Volkswagen Golf MKI Gofar Hilman

Mobil Klasik Volkswagen Golf MKI Kepunyaan Gofar Hillman 2Performa mesin yang dimiliki Volkswagen Golf ini sangat luar biasa. kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam, mulai dari posisi diam sampai melaju hanya butuh waktu 6,5 detik saja. Hal ini merupakan kemajuan, karena dibandingkan sebelumnya terdapat perbedaan sebesar 0,4 detik lebih cepat.

Mesin TSI yang melekat pada VW Golf Gofar merupakan mesin yang performanya luar biasa dan ramah lingkungan. Itu sebabnya mesin ini mendapat penghargaan atas kelebihan yang dimilikinya. Selain itu mesin yang terdapat pada VW Golf juga sudah turbocharger dan supercharger. Dalam hal interior, VW Golf juga memiliki desain interior yang cukup keren pada seri tertentu.

Untuk Volkswagen Golf generasi kelima keatas sudah dilengkapi dengan dualclutch atau kopling ganda. Terdapat airbag di 7 titik yang strategis dan mempunyai akselerasi yang mantap. Handling yang ada pada VW Golf juga gesit dan lincah untuk daerah perkotaan. Suara kabin juga cukup kedap sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara dengan mobil VW Golf.

Selain itu, BBM yang digunakan juga termasuk kategori irit. Untuk mobil yang menggunakan mesin tipe otomatis dan menggunakan transmisi otomatis dengan 6 percepatan membutuhkan 6,4 liter bahan bakar untuk setiap 100 km jika digunakan sesuai ukuran standarnya. Sedangkan untuk fullperformancenya membutuhkan bahan bakar sebanyak 6,5 liter dalam setiap 100 km. Dengan kata lain, perbandingan bahan bakar VW Golf adalah 1:15 sampai dengan 1:15.

 

 

Kekurangan Volkswagen Golf MKI

Salah satu kekurangan yang terdapat pada mobil klasik VW Golf ini adalah kursi bagian depan yang terlalu tegak. Hal ini agak mengganggu kenyamanan dalam menyetir karena posisi duduk yang kurang nyaman. Selain itu, setirnya juga terasa agak berat. Butuh tenaga yang lumayan besar dan kuat untuk bisa menguasai setir agar bisa berputar dengan baik.

Dari segi tampilan bodi juga kurang “menjual” dan kalah dengan pesaingnya karena tampak kurang macho. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa orang Indonesia jarang ada yang memiliki VW  Golf walaupun kualitas mesinnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan pesaingnya.

Harga yang ditawarkan juga cenderung mahal, sedangkan saat akan dijual kembali harganya turun secara drastis. Ini juga yang membuat banyak orang akan berpikir ulang untuk membeli mobil VW Golf ini.

 

 

Aneka Jenis Volkswagen

 

Volkswagen Beetle (Turbo/Convert)

VW Beetle adalah mobil Volkswagen tipe 1 yang mempunyai bentuk yang unik, ciri khas pada suaranya dan handal. Di Indonesia, VW Beetle ini lebih dikenal dengan VW Kodok atau Beetle. Diproduksi pada tahun 1938 sampai 2003. Memiliki nama julukan yang berbeda-beda di tiap negara. Misalnya saja di Jerman yang disebut juga Kafer, di Indonesia yang dikenal juga dengan nama Bug atau di Perancis yang terkenal dengan sebutan Coccinella.

 

Volkswagen Golf

Merupakan mobil keluaran negeri Jerman yang diproduksi tahun 1974 dan masih eksis sampai dengan sekarang. VW Golf ini juga satu-satunya seri Volkswagen yang menggunakan label GTI (Grand Turismo Injection) dan MK1 adalah produk yang mampu menarik perhatian banyak pencinta mobil.

Dalam kurun dua tahun, MK1 mampu terjual sebanyak 1 juta unit. Pada tahun 2007, VW Golf mampu memproduksi sebanyak 25 juta unit, pada tahun 2012 semakin meningkat dan berhasil menjual sebanyak 29 juta unit.

Desain interior mobil klasik VW Golf GTI cukup menawan dengan ciri khas jok kulit motif sarang lebah sedangkan desain eksteriornya lebih fokus untuk menunjukkan grilldepan dengan list warna merah dengan 5 lubang pada peleknya.

Dengan kapasitas mesin 2000 cc dan mesin Diesel TDI (TurbochargedDirectInjection), VW Golf ini juga memiliki beberapa sebutan lain seperti di Kanada dan Amerika Serikat terkenal dengan sebutan Volkswagen Rabbit dan di Meksiko dikenal dengan nama Volkswagen Caribe.

 

Volkswagen Combi

Sering disebut juga sebagai Volkswagen Transporter yang merupakan model kedua yang dirilis setelah Volkswagen Beetle. Ciri khas mobil yang satu ini adalah suaranya yang berisik dan agak lambat tapi diiringi dengan kualitas mesin dan daya tahan mobil yang sangat baik.

 

Volkswagen Polo

Dengan bentuknya yang mini, VW Polo ini diluncurkan mulai tahun 1975 dan masih eksis sampai dengan sekarang dan sudah menghasilkan generasi kelima.

 

Volkswagen Scirocco

Untuk mobil VW yang satu ini diluncurkan pada tahun 1974 sampai dengan 1981 untuk generasi yang pertama. Dan generasi kedua diproduksi mulai tahun 1981 sampai dengan 1992. Ciri khas yang dimiliki adalah desain hot hatch back dengan coupe 3 pintu.

 

Kelebihan dan kekurangan mobil klasik Volkswagen Golf MKI Gofar Hilman bisa menjadi motivasi bagi yang ingin membeli mobil tipe lama. Butuh perawatan yang khusus dan ekstra teliti agar mobil tersebut bisa digunakan secara maksimal.

Author

Abrianto