Intip Mobil Klasik Land Rover 1961 Kesayangan Yuke Dewa 19

Bagi seorang musikus sekelas Yuke salah satu anggota Dewa 19, memiliki sebuah mobil bukanlah hal yang sulit. Namun dibandingkan membeli sebuah mobil keluaran terbaru, Yuke lebih memilih mengoleksi mobil klasik. Salah satu mobil kesayangannya adalah mobil Land Rover keluaran tahun 1961.

Baginya, mobil lawas cenderung lebih simpel dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru yang mempunyai aneka macam fitur yang cukup membingungkan. Ditambah lagi dengan hobi travelingnya, menjadikan sebuah Land Rover cocok untuk mendampingi perjalanannya.

Intip Mobil Klasik Land Rover 1961 Kesayangan Yuke Dewa 19 2Land Rover merupakan salah satu merek perusahaan mobil yang berasal dari Inggris yang berdiri pada tahun 1948 yang bernama Jaguar Land Rover. Berkantor pusat di Whitley, Coventry, sejak tahun 2008 Jaguar Land Rover ini dimiliki oleh perusahaan otomotif India Tata Motors. Hobi yang satu ini mulai digelutinya semenjak bergabung dengan grup Dewa beberapa tahun yang lalu.

Beberapa koleksinya adalah Land Rover 1961, VW 1967, International Harvester Scout 1967. Demi memuaskan keinginannya tersebut, Yuke rela berburu keluar negeri. Namun untuk memelihara sebuah mobil keluaran lama tidaklah mudah, selain perawatan yang ekstra, dana yang harus dipersiapkan untuk perawatannya juga cukup besar.

Selain itu, butuh kesabaran yang ekstra juga karena perbaikan yang harus dilakukan agar mobil kuno bisa dalam kondisi yang baik juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

 

Tips Perawatan Mobil Land Rover

Bagi pecinta Land Rover seperti Yuke, perlu untuk mengetahui tips merawat mobil kesayangannya agar bisa kinerjanya tetap baik. Walaupun mobil jenis ini tergolong mobil tua, namun jumlah peminatnya masih lumayan banyak.

Mobil 4 x 4 All terrain dengan bodi yang besar ini butuh cara khusus dalam perawatannya. Sedikit saja lalai dalam merawatnya atau salah dalam perawatannya, bisa jadi mobil ini hanya akan menjadi tumpukan besi tua yang akan memenuhi halaman rumah pemiliknya.

 

Tangki Bensin

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tangki bensin. Umurnya yang tidak muda lagi menyebabkan kondisi tangki bensin banyak terdapat karat yang bisa membuat pompa bensin menjadi tersumbat. Segera ganti tangki bensin dengan yang baru agar aliran bensin kembali lancar.

 

Karburator

Jangan lupa perhatikan juga karburator pada mesin Land Rover.  Karburator merupakan jantungnya mobil. Untuk itu perlu sering dilakukan perawatan dan pengecekan, jika perlu lakukan service secara berkala agar menjaga keawetan mobil. Jika terindikasi ada masalah terhadap karburator, sebaiknya segera lakukan penggantian.

 

Cek Komponen Busi, Platina, Koil dan Kondensor

Komponen tersebut di atas merupakan komponen penting yang harus sering-sering dilakukan pengecekan. Jika terdapat masalah pada salah satu komponen tersebut, alangkah baiknya jika segera diganti dengan yang baru agar kerusakan tidak merembet ke komponen yang lain.

 

Pompa Bensin Elektrik

Untuk menciptakan tekanan bensin yang lebih kencang pada mobil klasik yang satu ini sangat disarankan untuk menggunakan pompa bensin elektrik. Selain itu, pompa ini juga mampu meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin.

 

Sistem Pendinginan

Mobil tua yang sering dipakai pastilah komponen yang ada pada mobil tersebut kinerjanya sudah mulai berkurang. Perhatikan sistem pendinginan atau coolingsystem-nya pada mobil Land Rover. Cek waterpump apakah ada yang bocor atau radiator dan segala hal yang berhubungan dengan sistem pendinginan.


Kabel Penghantar Listrik

Banyak mobil-mobil tua yang kondisi kabelnya sudah mengelupas dengan tambahan berbagai sambungan yang kurang rapi yang menyebabkan sistem hantaran listriknya terganggu atau tidak maksimal.

Hal ini juga bisa menyebabkan mobil tiba-tiba mogok atau mati secara mendadak. Bahkan bukan tidak mungkin kabel yang sudah terkelupas bisa menyebabkan korsleting sehingga mengakibatkan munculnya percikan api yang bisa mengakibatkan kebakaran.

 

Mesin

Cek dengan teliti bagian ring pada piston. Bersihkan secara rutin ring yang fungsinya untuk menjaga bensin tetap berada dalam ruang bakar. Jika ring sudah rusak, segera ganti dengan yang baru. Kurangnya perhatian terhadap komponen ini akan menyebabkan asap mengepul saat akan mengoperasikan mesin mobil.

 

Per Mobil

Pada umumnya, per mobil yang sudah tua bisa berkurang tingkat elastisitasnya. Per tidak lagi bisa memantul dengan baik bahkan cenderung keras sehingga akan menyebabkan bunyi yang keras. Segara lakukan penggantian agar perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan mobil LandRover menjadi nyaman dan tenang tanpa suara bising dari per.

 

 

Bagi yang memiliki hobi dan suka mobil klasik, Land Rover 1961 pilihan Yuke Dewa 19 dan perawatannya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan akan membeli sebuah mobil lawas yang didambakannya. Dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh dan perawatan yang rutin bisa memperpanjang usia mobil yang dimilikinya.

Author

Abrianto