Gagahnya Ford Mustang Maverick 1967, Mobil Klasik Milik Rio Dewanto dan Cara Perawatannya

Bagi aktor ternama Rio Dewanto, memiliki sebuah mobil klasik jenis Ford Mustang 1967 merupakan impian yang akhirnya bisa menjadi kenyataan. Mobil keluaran Amerika Serikat  yang diproduksi oleh Ford Motor Company mempunyai ciri-ciri kap mesin yang panjang dengan dek belakang yang pendek dan hanya mempunyai dua pintu saja. Ford Mustang termasuk dalam mobil sport yang biasa disebut sebagai kuda poni selain sebutan sebagai musclecar.

Sebelum nama Mustang melekat pada nama mobilnya, terlebih dahulu telah dilakukan survey  di publik untuk mengetahui nama apa yang pantas disematkan pada sebuah mobil khusus. Dan ternyata nama Mustang ini menempati peringkat paling atas sebagai kategori “nama yang cocok untuk mobil khusus” dan menjadi top of mindsurvey. Sayangnya nama Mustang tidak bisa dipakai di Jerman karena sudah ada perusahaan lain yang menggunakannya. Itu sebabnya khusus di Jerman, nama mobil Ford Mustang berubah menjadi Ford T-5.

Penampakan Ford Mustang yang gagah inilah yang membuat salah satu pemain film Filosofi Kopi rela mencari mobil impiannya sampai ke berbagai pelosok negeri hingga akhirnya bertemu dengan mobil idamannya di Jakarta.Demi mendapatkan kenyamanan dalam berkendara dengan mobil kesayangannya ini, suami dari Atiqah Hasiholan rela merogoh koceknya untuk melakukan beberapa perubahan pada penampilan mobil sehingga semakin meningkatkan kesan gagah pada mobil Ford Mustang miliknya.

 

Merawat mobil Klasik ala Rio Dewanto

 

Gagahnya Ford Mustang Maverick 1967 Mobil Klasik Milik Rio Dewanto dan Cara Perawatannya 1Rio rajin merawat mobil tua agar awet dan tetap terjaga kondisinya. Karena tidak bisa dipungkiri, dengan kondisi mobil keluaran lama secara otomatis kondisi mesin juga sudah berumur.

Apalagi jika sparepart-nya sudah banyak yang tidak diproduksi lagi. Hal ini menambah daftar alasan kenapa harga mobil-mobil unik keluaran lama menjadi mahal harganya.

 

 

Cek Mesin Mobil Secara Berkala

Hal pertama yang harus diperhatikan secara berkala adalah pengecekan mesin mobil. Pemeriksaan secara rutin dan teratur bermanfaat untuk menjaga kondisi mobil tetap dalam keadaan fit dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Jangan ragu untuk melakukan tuneup secara rutin yang bermanfaat untuk menjaga kondisi mobil Ford Mustang ataupun mobillainnya tetap prima. Saat merasa performa mesin mobil kurang prima, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel untuktuneup. Atau bisa juga dengan melakukantuneupsecara mandiri.

 

 

Bersihkan Mobil Secara Teratur

Kebersihan mobil adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Tidak hanya bagian bodi mobil saja yang perlu dipoles, bagian bawah mobil yang bisa dijangkau dengan tangan juga harus dibersihkan. Dengan demikian jika menemukan ada menemukan masalah pada mobilnya bisa segera teratasi.

Sebelum melakukan kegiatan mencuci mobil, cek kondisi mobil dan perhatikan apakah ada bagian yang bocor atau bagian yang rawan jika terkena air. Cucilah mobil dengan menggunakan lap basah atau dengan alat semprot khusus. Untuk sabunnya, pakailah sampo khusus untuk mencuci mobil, hindari menggunakan deterjen karena kandungannya yang keras bisa merusak warna mobil.

Setiap pemilik mobil, baik yang baru maupun yang lama perlu untuk mencuci mobilnya secara rutin. Bisa seminggu sekali atau lebih sering pada saat musim hujan tiba. Akan lebih baik jika pencucian mobil dilakukan sendiri kecuali bagi orang yang aktivitasnya sangat padat sehingga tidak punya cukup waktu untuk mencuci mobilnya sendiri.

Untuk bagian dalam mobil, ada baiknya dibersihkan dengan menggunakan vacumcleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang melekat di bagian dalam mobil. Dikhawatirkan jika kotoran atau debu tersebut dibiarkan terlalu lama melekat bisa membuat mobil tersebut berkarat atau korosi.

 

 

Cek Bahan Bakar dan Oli

Untuk mobil yang sudah digunakan selama lebih dari 10 tahun akan membutuhkan asupan oli yang lebih banyak agar performa mobil tetap terjaga. Mobil yang mempunyai kilometer yang banyak seiring dengan usia mobil yang sudah tua membuat kondisi mobil menjadi ringkih.

Sebagai pencegahan, ada baiknya untuk mengganti oli mobil jika kilometer sudah mencapai 2500 km. Hal ini dimaksudkan agar tingkat emisi mesin bisa ditekan dan untuk meringankan kinerja mesin mobil.

Untuk bahan bakarnya, gunakan bahan bakar yang kandungannya tidak mengandung karat yang bisa membahayakan mesin mobil tua yang dimiliki. Dengan mengisinya secara teratur bisa memperpanjang usia tangki mobil serta terhindar dari pengeroposan tangki.

 

 

Cek Komponen Mobil

Tiga komponen mobil klasik yang harus diperhatikan adalah ring, kabel dan karet penyangga. Cek kondisi ring, jika terdapat karat dan kinerjanya sudah lemah, segera ganti dengan yang baru. Ring yang baru akan membuat aliran bensin menjadi lancar dan suara mesin tidak menjadi kasar.

Kabel juga komponen yang tidak kalah pentingnya. Perhatikan apakah ada kabel yang mengelupas atau tidak. Segera ganti kabel yang mengelupas agar tidak terjadi korsleting yang bisa mengakibatkan mesin tidak bisa dinyalakan.

Seiring dengan usia mobil yang semakin tua, karena penyangga menjadi mudah robek karena terlalu lama digunakan. Selain menimbulkan suara yang mengganggu saat berkendara dengan mobil tua, karet yang sudah tidak elastis lagi ini bisa menyebabkan air hujan masuk melalui sela-sela mobil.

Gagahnya Ford Mustang Maverick 1967, mobil klasik milik Rio Dewanto tidak terlepas dari perawatan rutin dan beberapa perubahan yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat mengendarainya. Menantu dari Ratna Sarumpaet ini juga sering mengunggah kegiatannya bersama mobil kesayangannya ini di akun Instagram miliknya.