Arief Muhammad, Sang Travel Vlogger yang Hobi Modifikasi Mobil Klasik Holden

Para penggemar youtube traveling tentu sudah tidak asing lagi dengan pemilik nama Arief Muhammad. Seorang youtuber yang sering membuat konten jalan-jalan ke lokasi wisata yang terkenal eksotis. Disela-sela kesibukan tersebut, ternyata youtuber yang satu ini mempunyai hobi memodifikasi mobil klasik jenis sedan seperti Holden dan BMW. Demi memuaskan hobi modifikasinya ini, dia rela merogoh dana dalam jumlah besar untuk membeli komponen-komponen mobil yang harganya sangat mahal. Bahkan jika ditotal, biaya modifikasi sebuah mobil Holden bisa melebihi dari harga mobil itu sendiri.

 

 

Dari Daftar Berikut, Jenis Holden Manakah Yang Dikoleksi Oleh Arief Muhammad?

 

Holden merupakan perusahaan yang berasal dari Australia ini pertama kali menjadi produsen mobil pada tahun 1908 yang tidak lama kemudian perusahaan ini dibeli oleh General Motor Amerika. Salah satu jenis Holden yang disukai oleh youtuberyang identik dengan tokoh fiksi pocong ini adalah Holden dengan jenis sedan. Beberapa jenis Holden yang masuk ke Indonesia adalah sebagai berikut:

 

 

Holden Special

Merupakan mobil keluaran tahun 1960 yang dikenal dengan nama Holden FC atau atau Holden Selendang. Sedan dengan 4 pintu ini mempunyai ciri khas bodi belakang yang mirip dengan pesawat.

Pada bagian depan terdapat lampu yang bulat dan besar. Banyak panel-panel klasik dengan interior setir  yang besar. Untuk bagian mesinnya, mobil Holden ini menggunakan mesin dengan kapasitas  2600cc, dilengkapi dengan transmisi 3 percepatan maju dan 1 mundur.

 

 

Holden Premier

Terdapat dua jenis Holden Premier yang dikeluarkan. Yang pertama pada tahun 1966, tapi sayang model yang satu ini kurang banyak peminatnya. Kemudian pada tahun 1974 dikeluarkanlah jenis Holden yang sangat digandrungi para pemuda.

Dengan tampilan bodi yang gahar dan terlihat sangat kokoh disertai dengan torsi 6 silinder 3000cc serta 4 percepatan maju dan 1 percepatan mundur. Untuk aliran modifikasi yang tepat untuk mobil klasik Holden Premier ini adalah aliran hotrod.

 

 

Holden Kingswood

Jenis mobil yang satu ini peluncurannya bersamaan dengan Holden Premier. Walaupun jika dilihat sekilas bentuknya sangat mirip dengan Premier, namun perbedaannya juga sangat banyak. Untuk tampilan depan, terdapat 2 lampu depan dengan bentuk grill yang lumayan lebar.

Jika premier memiliki 4 percepatan maju, maka pada Holden Kingswood ini menawarkan 3 percepatan maju dan 1 percepatan mundur dengan torsi sebesar 2850cc. Yang membuatnya semakin tampak beda adalah posisi tuas persneling yang ada pada bagian leher setir. Perlu beberapa waktu untuk membiasakan mengganti percepatan mobil jika menggunakan Holden Kingswood.

 

 

Holden Belmont HQ PickUp

Ini adalah satu-satunya jenis pickup dari Holden yang masuk ke pasaran Indonesia. Jenis mobil yang satu ini juga cukup digandrungi oleh para pemuda dan penggemar Holden pada khususnya. Dengan desain lampu depan yang tampak elegan sangat cocok untuk aliran modifikasi hotrod oldschool.

 

 

Holden Statesman

Banyak para artis serta musisi yang menyukai Holden jenis ini. Didukung oleh torsi 3300cc atau seri mesin 202 menambah tampilannya yang terlihat sangat elegan, menawan dan mewah.

 

 

Holden Gemini SL

Pada tahun 80-an, Holden seri Gemini ini sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Bahkan mobil Holden yang satu ini banyak digunakan sebagai taksi dan tersebar di seluruh pelosok Jawa. Bentuknya yang lebih kecil daripada seri yang lain membuatnya sangat cocok jika digunakan sebagai taksi dengan torsi mesin yang lebih kecil juga, yaitu sebesar 4 silinder dengan 1600cc.

 

 

Holden Torana

Untuk seri mobil klasik yang satu ini dari segi bentuk agak mirip dengan seri Premier dan Kingswood. Perbedaannya terletak pada bodinya yang lebih kecil serta torsi mesinnya yang lebih kecil juga. Jenis yang satu ini cukup diminati oleh para penggemar mobil Holden di Indonesia.

 

 

Holden VL Calais

Merupakan seri paling mewah dari Commodore. produk lanjutan dari Statesman dan Kingswood. Mesin yang digunakan adalah mesin Nissan RB20E. Keunikan yang dimiliki mobil Holden yang satu ini adalah bentuk lampu bagian depan yang menganut model semi pop up.

 

 

Arief Muhammad Sang Travel Vlogger yang Hobi Modifikasi Mobil Klasik Holden 1Diantara berbagai jenis mobil Holden diatas, sang youtuber memilih Holden Premier 1972. Bahkan mobil kesayangannya yang berwarna merah itu mempunyai nama panggilan yaitu Karyo.

Dengan hobinya ini, Arief yang kerap dipanggil si Pocong ini akan mencari komponen yang dibutuhkan sampai ke seluruh pelosok sampai ketemu. Bahkan dia rela membuat ubahan pada bagian depan, belakang dan dalam mobil agar mobil koleksinya bisa tampil keren, menarik dan nyaman dipakai.

Ubahan yang dia lakukan bisa dimulai dari bagian depan dengan mengganti ukuran ban, mengganti pelek dan menambahkan airsuspension atau air lift performance yang kegunaannya untuk merendahkan ground clearence atau meninggikan posisi mobil jika bertemu dengan polisi tidur yang tinggi atau jalanan yang rusak.

Disela-sela kesibukannya yang padat membuat video-video, sang youtuber ini masih meluangkan waktu untuk memasang sendiri kamera mundur pada mobil kesayangannya beserta dengan mirroring module, yaitu alat  yang bisa menampilkan apa yang ada pada layar ponsel ke monitor yang ada di dalam mobil.

Arief Muhammad, sang travel vlogger yang hobi modifikasi mobil klasik Holden tidak segan-segan mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar demi memuaskan hobinya yang satu ini. Bahkan untuk memodifikasi sebuah mobil unik, total uang yang dikeluarkan sama dengan harga mobil keluarga jenis terbaru.