Sejarah Suzuki Jimny

Sejarah Suzuki Jimny

Suzuki adalah salah satu pabrikan otomotif besar Jepang yang gaungnya tidak bisa diremehkan. Sejak didirikan pertama kali tahun 1907, Suzuki berhasil membuat banyak sekali varian motor dan mobil yang di pasarkan ke banyak negara dunia. Salah satu jenis mobil antik yang paling laris manis dijual ke berbagai negara adalah Suzuki Jimny.

Jimny dibuat oleh Suzuki untuk menggebrak pasaran. Dengan desainnya yang unik, mobil ini mampu melakukan penetrasi pasar dengan sangat baik. Dampaknya, mobil klasik yang terus diperbarui ini mampu berkembang hingga sekarang. Untuk lebih mengenal Suzuki Jimny, silakan simak sejarahnya di bawah ini.

 

Jenis Mobil Off Road SUV

Berbeda dengan pabrikan lain yang menyajikan desain bodi yang cukup mewah dan berkelas. Suzuki justru mencari celah yang tepat hingga akhirnya mampu memproduksi secara massal Suzuki Jimny. Awalnya mula ide pembuatan Suzuki Jimny dimulai ketika Suzuki mengakuisisi Hope Motor Company. Perusahaan pembuat mobil itu memiliki beberapa desain baru mobil offroad yang sebelumnya ditolak oleh rekanannya.

Desain mobil yang ditolak yang awalnya bernama Hopestar ON360 ini diperbarui desainnya hingga akhirnya mobil pertama dari generasi pertama Suzuki Jimny keluar. Suzuki memperkenalkan pertama kali produk ini di tahun 1970 di pasaran lokal Jepang dan mendapatkan respons yang bagus. Dari sini Suzuki mulai berani menjual produknya ke luar negeri dan bertahan hingga sekarang.

 

Bodi Suzuki Jimny

Selama 46 tahun masa produksi, Suzuki Jimny telah bertransformasi dari mobil classic menjadi mobil modern yang teknologinya sangat canggih. Bodi yang terus digunakan oleh Suzuky Jimny adalah jenis wagon dua pintu, van dua pintu, dan convertible 2 pintu. Jenis-jenis bodi ini terus digunakan hingga sekarang karena sangat cocok dengan mobil SUV sehingga terlihat gahar di jalanan.

 

Generasi Suzuki Jimny

Selama 46 tahun, perkembangan dari Suzuki Jimny berjalan dengan sangat baik. Bahkan varian Jimny ini memiliki 3 generasi dengan jangka waktu cukup panjang. Generasi pertama dari Suzuki Jimny diproduksi pertama kali pada 1970 dan berakhir pada 1981. Pada generasi pertama, Suzuki Jimny membuat beberapa varian mobil seperti LJ10 yang merupakan perbaikan dari Hopestar ON360, lalu LJ20 yang mengalami perubahan bodi dari versi sebelumnya, SJ10 yang diusung dengan jenis mesin yang hebat, dan terakhir SJ20 yang mengakhiri desain Jimny orisinal.

Generasi kedua dari Suzuky Jimny bertahan cukup lama dipasaran. Terbukti sejak dibuat pada tahun 1981, jenis mobil kuno ini mampu bertahan selama 17 tahun dengan melahirkan banyak varian. Adalah SJ30 yang melanjutkan tongkat estafet perjuangan generasi pertama. Pada versi ini Suzuki memperbanyak varian bodi dan perbaikan mesin . Selanjutnya generasi kedua berlanjut pada SJ40, Maruti Gypsy untuk pasar India, Farm Worker 4x4 untuk kawasan peternakan Selandia Baru, dan jenis SJ413 yang kerap dijuluki sebagai Jimny Samurai.

Generasi ketiga dari Suzuki Jimny masih terus bertahan hingga sekarang. Sejak pemberhentian produksi generasi kedua pada 1998, Suzuki terus berupaya menghadirkan varian mobil terbaik yang mampu bersaing di kancah otomotif dunia. Pada generasi ketiga ini Suzuky memproduksi mobil series Jimny yang dikenal dengan Jimny Wide, Jimny Sierra, Chevrolet Jimny, dan yang terakhir adalah Mazda AZ-Offroad.

 

Demikianlah sejarah singkat mobil antik Suzuki Jimny yang mampu bertransformasi menjadi mobil spesialis offroad hingga sekarang. Semoga bisa memberikan tambahan informasi terkait perkembangan mobil tua Suzuki Jimny dan perkembangannya hingga sekarang.

Halaman 1 dari 3

Maruti Gypsy adalah merk mobil yang dikembangkan dan diproduksi berdasarkan spesifikasi Suzuki Jimmy SJ40/410.

"Kendaraan ini sangat tangguh, namun tidak layak digunakan di jalan raya"

"SJ40 atau SJ410 adalah Suzuki Jimny pengganti seri LJ 80, atau yang dikenal dengan julukan Jimny Jangkrik."

"SJ30 merupakan seri Suzuki Jimny generasi kedua yang diproduksi pada tahun 1981."

"Suzuki Jimny versi Coilspring termasuk salah satu dari mobil antik generasi kedua yang diproduksi oleh Suzuki."

"Puncak Gunung Andes di Amerika Selatan adalah saksi kehandalan Suzuki Jimny."

Halaman 1 dari 3