Sejarah Toyota Corolla

Sejarah Toyota Corolla

Sejarah Toyota Corolla, Si Body Compact yang Bandel dan Berkelas

 

Bagi para pengamat otomotif, terutama penyuka mobil antik, pastinya sudah sangat mengenal Toyota Corolla. Mobil compact dengan karakternya yang bandel, irit, namun selalu tampil berkelas.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1966, mobil keluaran Jepang ini merupakan salah satu mobil yang terlaris di dunia. Berbekal mesin 4-silinder, Toyota Corolla telah melahirkan 11 generasi dengan terus mengandalkan kekuatan mesin dan kesesuaian desain di pasar otomotif dunia.

 

Mesin Mobil Corolla

Mobil klasik Toyota Corolla selalu menjadi incaran penikmat mobil, salah satunya karena kualitas mesinnya yang sangat bertenaga dan teruji di medan balap. Spesifikasi mesinnya selalu berubah dan mengalami peningkatan, mulai dari keluaran pertama (E-Series) pada tahun 1966 yang memiliki cc dibawah 1000 dengan mesin 1.1 L I4 K – 1.2 L I4 3k, hingga di generasi terakhirnya, yaitu All new Corolla Altis 2014 yang menggunakan mesin 2ZR-FE Silinder 16 valve DOHC Dual VVT-I dengan kapasitas 1800-2000cc.

Spare part mobil tua Toyota Corolla pun mudah didapatkan di pasaran dan harganya terjangkau. Kesemua edisi sedan Corolla dikategorikan sebagai kendaraan irit bahan bakar. Bahkan untuk mobil sekelas Altis a.8 hanya menghabiskan 1 liter untuk jarak tempuh 1205km.  

Desain mobil corolla mudah dimodifikasi dengan tetap mempertahankan tampilan awal yang klasik dan menarik. Mobil keluaran tua pun memiliki struktur rangka yang kuat. Itu sebabnya Anda mungkin masih sering melihatnya berseliweran di jalan-jalan kota besar.

 

Perkembangan Desain Mobil Corolla

Di generasi-generasi awal, sekitar tahun 1966-1991, mobil antik Toyota Corolla diproduksi dalam bentuk super mini atau subkompak dengan panjang kira-kira 3.900mm, yang memiliki 2-5 pintu untuk daya tampung hingga empat orang.

Setelah tahun 1991 hingga saat ini, Corolla lebih memfokuskan diri pada jenis mobil kompak atau mobil keluarga, dengan kapasitas mencapai 5 orang dan memiliki mesin mulai dai 1.4L-2.2L.

Walaupun mobil klasik ini lebih terkenal dengan jenis sedannya seperti Corolla 1600 GT-S (AE86) hingga Great Corolla, namun Corolla memiliki banyak variasi desain, terutama di generasi-generasi awal, seperti coupe (termasuk hardtop) 2 pintu, yang diusung oleh Corolla Levin, Sprinter Trueno, atau Corolla Hardtop Coupe CS (KE35). Mobil antik ini diproduksi sejak tahun 1970an, dan masih ada hingga tahun 1990an.

Selain coupe, Corolla juga memproduksi station wagon (dengan 3 & 5 pintu), yaitu mobil berbasis sedan yang atap bagian belakangnya dipanjangkan, sehingga ruang bagasinya menyatu dengan ruang penumpang dan pilar belakangnya membentuk huruf D. Contoh jenis ini adalah Corolla DX Station Wagon (1981) dan Corolla (AE95R) XL yang diproduksi tahun 1990an.     

Corolla juga sempat memproduksi mobil jenis van klasik (3 & 5 pintu) yang merupakan modifikasi sedan dengan ruang penyimpanan barang yang cukup luas di bagian belakangnya. Contoh produksinya adalah Toyota Corolla 1400 Deluxe Van (1979) dan Corolla Van/R-EE103V (1995).

Di generasi ke-4 (1979–1983), Corolla mulai melakukan banyak perubahan signifikan, terutama pada tampilan bodi yang menjadi lebih kotak. Lampu depan, belakang dan sein dibuat lebih lebar dengan bentuk kotak memanjang, dengan karet diujung bumper, serta tambahan tachometer.

Masuk ke generasi ke-7 sekitar tahun 1992-1997, Toyota meluncurkan Great Corolla dengan desain sporty dan berlekuk. Generasi ini juga menandai perpindahan kelas, dari Corolla kelas subkompak ke kelas sedan kompak. Dan setelahnya (generasi 8-11/1995-sekarang), Corolla sudah meninggalkan kesan klasik/konvensionalnya dan mulai memantapkan diri sebagai kendaraan mewah dan eksklusif dengan konsep iconic dynamism, seperti semua versi New Corolla dan Corolla Altis (all/new/grand). 

Halaman 1 dari 2

"Desain terbaru seri Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari"

TE71 adalah seri Toyota Corolla yang diproduksi dengan banyak model body.

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

"Setelah sukses mengeluarkan Toyota Corolla pada tahun 1966, Toyota Jepang lagi-lagi menelurkan mobil versi baru yang lebih canggih."

"Jika TE27 dikenal memiliki desain yang mungil, maka jenis TE51 dan TE55 memiliki desain yang lebih besar dan terkesan sporty."

"Mobil antik yang diproduksi pada tahun 1974-1981 ini menjadi ujung tombak perjuangan mobil Jepang di kawasan Amerika."

Halaman 1 dari 2