Sejarah Mercy Kentang

Sejarah Mercy Kentang

Mercedez-Benz adalah salah satu pabrik otomotif paling hebat di dunia. Sejak dibangun pertama kali di Jerman ketika perang dunia masih terjadi, perusahaan ini mampu bertahan dan mengembangkan sayapnya hingga ke banyak negara di dunia termasuk di Indonesia, India, Korea Selatan, bahkan Inggris yang dahulu menjadi musuh bebuyutan dari Jerman.


Mercedes-Benz telah banyak menghasilkan mobil unggulan sejak pertama dibuka. Beberapa yang sangat terkenal dalam sejarah adalah Mercy Ponton yang dikenal dengan nama Mercy Kentang di Indonesia. Berikut sejarah Mercy Kentang yang dikenal sebagai ‘sesepuh’ mobil Mercy.

 

Perang Dunia yang Penuh dengan Kehancuran

Sebelum Mercy Kentang akhirnya lahir, Jerman mengalami masa kelam dalam sejarah negaranya. Setelah perang dunia pertama kalah telak dan membayar kerugian yang tidak sedikit. Jerman lagi-lagi harus rela negaranya hancur lantaran diserang dari udara oleh para tentara sekutu yang telah memiliki dendam sejak lama di perang dunia kedua.

Salah satu sasaran dari serangan itu adalah Daimler-Benz. Sebuah perusahaan otomotif paling berkembang pesat di zamannya. Tentara sekutu membombardir kawasan pabrik dari Daimler-benz di tahun 1939 hingga lebih dari 80 persennya hancur. Keadaan ini membuat produksi mobil di kala itu terhenti cukup lama dan kerugian yang didapat nyaris tidak bisa ditaksir.

Pasca perang, dengan sisa kekuatan dan pembangunan kembali pabrik-pabrik, Daimler-Benz akhirnya bisa tumbuh dengan baik. Akhirnya mereka bisa membuat satu produk mobil mercy klasik sebelum series Mercy Kentang membanjiri pasaran. Nama dari produk pertama itu adalah Type 170V, 170S, dan 170D. Mobil produksi pertama ini akhirnya banyak sekali digunakan untuk alat transportasi seperti taksi dan diproduksi sebanyak 17.000 unit.

 

Pembuatan Model Mercy Ponton

Pada tahun 1953, akhirnya pihak Daimler-Benz yang kelak jadi bagian dari Marcedes-Benz memproduksi mobil baru dengan model Ponton. Mobil dengan jenis ini dirilis pertama kali saat musim gugur 1953. Mobil yang dibuat pada tahun 1953 ini berbeda jauh dengan mobil yang dibuat di tahun sebelumnya. Pada model 180 ini pihak pabrik mengganti semua mesin dan juga bodi secara menyeluruh.

Tipe pertama dari model 180 (W120) akhirnya diperbarui hingga menjadi 180a, 180b, 180c, 180D, 180 Db, dan 180 Dc. Mobil jenis pertama ini diproduksi sejak tahun 1953-1962. Bersamaan dengan seri 180, seri 190 (W121) akhirnya dibuat dengan 4 tipe yang berbeda yaitu 190, 190b, 190d, dan 190Db.

Seiring dengan berkembangnya waktu, produksi dari mobil Marcedes-Benz semakin ditingkatkan. Model baru seperti tipe 190SL, 220SL, dan 220 SE mulai memenuhi pasaran dunia. Bahkan, harga mobil Mercedes Benz yang awalnya anjlok jadi naik.

 

Ciri Khas Mercy Ponton

Mercy Ponton memiliki ciri khas berupa bodi yang agak membuka dari depan hingga ke belakang. Setelah itu logo mercedes tertancap di atas grille hingga terlihat sangat unik. Warna dari mobil ini cenderung kalem dan tidak berwarna seperti mobil di era modern.

 

Demikianlah uraian singkat tentang sejarah Mercy Kentang. Semoga bisa memberi informasi.

Halaman 1 dari 2

Mercy Kentang atau disebut juga Mercy Ponton adalah salah satu jenis mobil antik yang dewasa ini banyak sekali dicari oleh kolektor.

Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.

Bagi pecinta mobil tua keluaran Mercedes-Benz, Mercy Kentang bisa menjadi salah satu pilihan yang sempurna.

Mungkin ada sebagian dari pembaca yang kurang begitu mengenal Mercy Kentang versi pick-up karena hampir semua model yang ada hingga sekarang adalah jenis sedan.

Salah satu mobil klasik dari Mercedes-Benz adalah seri cabriolet.

Setelah berkutat di mobil sedan dengan empat silinder seperti Mercy Kentang 180 dan 190, Mercedes-Benz kembali menggebrak dunia otomotif.

Halaman 1 dari 2