Sejarah Chevy Bel Air

Sejarah Chevy Bel Air

"Anda yang pecinta mobil antik pasti sudah tidak asing lagi dengan Chevrolet Bel Air. Mobil yang menjadi salah satu ikon otomotif dunia ini begitu populer di kalangan kolektor mobil kuno."

Selain karena spesifikasinya yang istimewa, mobil ini juga kerap tampil di film-film yang diproduksi oleh Hollywood. Bahkan, kabarnya Elvis Presley dan Marylin Monroe juga pernah menggunakan Chevy Bel Air sebagai kendaraan pribadi mereka.

Bel Air merupakan salah satu tipe Chevrolet dengan kelas full size yang diproduksi oleh Chevrolet, salah satu divisi pembuatan mobil pada perusahaan General Motors. Bel Air diproduksi mulai tahun 1949 hingga tahun 1980 dan merupakan penerus dari Chevrolet Deluxe.

Produksi mobil dilakukan di Amerika hingga tahun 1975. Kemudian, produksi dilanjutkan di Kanada sampai tahun 1980 untuk memenuhi pasar domestik saja. Setelah Bel Air, Chevrolet kemudian mulai memproduksi Chevrolet Impala pada tahun 1975.

Pada awal produksi pada tahun 1950 hingga tahun 1952, hanya Chevrolet tipe hardtop dengan 2 pintu saja yang diberi nama Bel Air. Nama ini diberikan untuk membedakannya dengan model Styleline dan Fleetline. 

Namun, pada tahun 1953, Bel Air yang semula digunakan untuk menamai tipe hardtop 2 pintu, kemudian digunakan untuk menamai mobil Chevrolet dengan level premium yang terdiri dari berbagai tipe.

Dari awal diproduksi hingga tahun 1981, Chevrolet Bel Air memiliki banyak perubahan, baik dari sisi penampilan luar maupun bagian mesin. Perkembangan ini dibagi ke dalam 8 generasi, termasuk Bel Air yang diproduksi di Kanada. 

Generasi-generasi Bel Air pada umumnya mengeluarkan berbagai jenis tipe, yaitu hardtop coupe, coupe, sedan, convertible, dan station wagon. Masing-masing tipe bisa terdiri dari 2 pintu atau 4 pintu. 

Pada tahun 2002, konsep Chevrolet Bel Air dengan tipe convertible sempat muncul di North American International Auto Show. Konsep ini terinspirasi dari Bel Air yang diproduksi pada tahun 1955 hingga tahun 1957, yang dijuluki dengan nama tri-five. 

Dengan membawa konsep yang lebih modern, Bel Air tersebut tampak lebih elegan dan mewah. Namun sayangnya, General Motors tidak tertarik untuk memproduksi mobil dengan konsep tersebut. 

Meskipun tergolong sebagai mobil klasik, Bel Air memiliki penampilan yang tidak hanya anggun, tetapi juga sporty, terutama untuk jenis sport coupe. Oleh karena itu, para kolektor juga menggolongkan Bel Air sebagai Chevrolet sport car. Para kolektor umumnya mengincar Chevrolet sedan dan Chevrolet sport car untuk dijadikan bagian dari koleksi mereka.

Untuk mencari tahu informasi seputar mobil Chevrolet Bel Air secara mendalam, Anda bisa mengunjungi website Chevrolet. Website Chevrolet berbahasa Indonesia bisa Anda kunjungi di www.chevrolet.co.id.

Sementara untuk website berbahasa inggris, Anda dapat masuk ke alamat ini, www.chevrolet.com. Kedua website tersebut menyediakan informasi mengenai mobil dan aksesori yang tersedia untuk negara yang bersangkutan beserta harga dan spesifikasinya. Anda juga dapat mencari tahu lokasi dealer Chevrolet dan jenis pelayanan yang tersedia.

Halaman 1 dari 2

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

"Eksistensi Chevy Bel Air generasi ketujuh yang berlangsung pada 1971 hingga 1975 bersamaan dengan munculnya Chevy Bel Air Kanada pada 1970 hingga 1976."

"Ini adalah generasi terakhir dari Chevrolet Bel Air sebelum kegiatan produksinya di Amerika dihentikan dan dilanjutkan di Kanada."

"Memasuki tahun 1965, Chevy Bel Air terus mengalami perubahan. 

"Dari tahun ke tahun, General Motors semakin memahami apa kemauan pasar."

"Setelah bertahan di Generasi ketiga yang konon dianggap sebagai generasi terburuk dari Bel Air, di tahun 1959 General Motors melakukan pembenahan habis-habisan."

Halaman 1 dari 2