Loading...
en

Motor Masuk Tol

Pada awal bulan Maret 2020 yang lalu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengomentari perihal pembatasan sepeda motor di jalan nasional dengan tujuan mengurai kemacetan. Menurutnya wacana tersebut tidak tepat, Bamsoet kemudian menyarankan untuk membuat lintasan sepeda motor di ruas jalan tol.

Bamsoet juga mempertanyakan mengapa pengendara motor tidak diberi hak untuk lewat jalan tol. Menurutnya, ada sejumlah jalan tol yang lengang, sementara ojol berimpit-impitan di jalan umum, padahal mereka punya hak yang sama.

Saat ini, mayoritas jalan tol di Indonesia hanya diperboleh untuk kendaraan roda empat atau lebih. Sementara sepeda motor dilarang masuk mayoritas jalan tol. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, yang disempurnakan oleh Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 yang merevisi Pasal 38 PP 15/2005, dengan menambahkan satu ayat pada Pasal 38 yaitu soal ketentuan motor lewat jalan tol.

Pada Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 diberikan penjelasan umum tentang aturan motor lewat jalan tol, yang salah satunya menyebutkan bahwa "Kendaraan bermotor roda dua merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar sehingga perlu diberi kemudahan dalam menggunakan infrastruktur berupa jalan termasuk jalan tol. Pemberian kemudahan ini diberikan dengan tetap memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan pengguna jalan."

Sedangkan tambahan ayat pada pada Pasal 38 tersebut menerangkan bahwa "Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih". 

Beberapa jalan tol di Indonesia telah menerapkan peraturan tersebut, misalnya di Suramadu yang memiliki jalur khusus untuk sepeda motor. Kemudian Tol Bali Mandara. Di sana, tol khusus sepeda motor dipisahkan dengan tol untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Sumber: oto.detik.com

 

 ------------------------------------------

Tak Perlu Daftar ataupun Login, jadwal Kegiatan Komunitas Motor Trail di seluruh Indonesia, kini dapat dilihat dengan mudah melalui Aplikasi Android IAC

 ------------------------------------------

 
 
promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS!  Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227. 

 

Jika Dulu Harganya Kompetitif, Mobil Peugeot 604 SL ini Dipastikan Akan Merajai Pasar

Peugeot 604 SL merupakan salah satu mobil kuno yang sulit ditemui di Indonesia dan juga di seluruh penjuru dunia. Jika ditemui, kondisi mobil Peugeot 604 SL biasanya hancur dan ditelantarkan oleh pemiliknya atau menjadi koleksi dari para pecinta mobil Peugeot. Sedikitnya populasi dari mobil ini, karena selama masa produksi yakni dalam kurun waktu antara tahun 1975 sampai dengan tahun 1983, angka penjualan Peugeot 604 SL memang tergolong rendah. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Peugeot 504… Baca Selengkapnya...

Horror Story Behind The Classic Car

Classic car are very identical to the word old. The reason is because most the cars that categorized as classic were launched long before we were born. For example, there are some people say that the cars were released close to the world tragic event, World War. The age of the cars generally is more than 50 years. It's such a gold age. And in that long time, it is impossible for the just to have few experiences on the street.