TRANSLATE

en English

Merek Mobil Subaru, Mengapa Kurang Populer Di Indonesia?

Baru-baru ini, banyak yang menanyakan merek mobil Subaru buatan mana? Bagi kaum milenial yang tidak mengikuti sejarah mobil, pertanyaan tersebut memanglah wajar, mengingat bahwa merk Subaru sudah lama tidak berjualan mobil di Indonesia. Penyebabnya adalah pelanggaran regulasi tentang kendaraan bemotor.

Padahal pada jaman dulu yaitu sekitar tahun 1970-an,  merek mobil Subaru sudah diperkenalkan di Indonesia. Bahkan beberapa produknya juga telah dirakit di Indonesia. Produk mobil yang pernah dipasarkan antara lain: Subaru Sambar pickup, Rex, Leone 1400 DL dan GSR 1600.

Mobil Subaru yang didatangkan utuh dari jepang tersebut sudah cukup populer di Indonesia, sehingga pada waktu tidak ada yang menanyakan mobil Subaru buatan mana.

Namun, pemerintah pada saat itu punya keinginan untuk mengurangi merk yang penjualannya kurang dari 500 unit pertahun, jadilah Subaru dengan ATPMnya, yaitu P.T. Insan Apollo keluar dari pasar Indonesia bersamaan dengan Simca, Alfa Romeo, Moskvitch dll.

Pada tahun 1999, ketika impor mobil diperbolehkan kembali, Subaru mencoba peruntungannya dengan beberapa model mobil yang menggunakan mesin turbo dan penggerak 4 roda (double gardan).

Sialnya pemerintah mengenakan pajak yang sangat mahal bagi mobil-mobil yang dilengkapi teknologi maju tersebut, padahal dua teknologi tersebut merupakan spesialisasi Subaru. Seluruh jajaran produk Subaru (kecuali Kei-car untuk JDM) memang selalu berpenggerak 4 roda.

Sedangkan berdasakan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2014 telah diatur bahwa (sebagai contoh), Subaru XV (Medium Crossover, 2000 cc, 4x4) termasuk ke dalam kategori kendaraan yang dikenakan pajak 40%, karena memiliki penggerak 4x4.

Bandingkan dengan Honda CRV yang termasuk ke dalam kelas dan cc yang sama, namun  tanpa penggerak 4x4, pajaknya  20%. Kendala yang lain adalah harga jualnya. 

Honda CRV telah dirakit didalam negeri, tentu saja biaya produksinya lebih murah, sehingga harga jualnya bisa diturunkan. Sedangkan mobil produk Subaru harus diimpor utuh karena tidak memiliki fasilitas perakitan di dalam Negeri. Pastinya tidak bisa bersaing dalam hal harga jual produknya bukan?

Subaru mencoba berkilah bahwa mobil-mobil yang dijualnya menggunakan penggerak roda depan. Memang ketika mobil diangkat lalu mesin dihidupkan, hanya roda depan saja yang berputar sehingga petugas pajak menggangap mobil ini 2wd (padahal bukan). Suatu tindakan cukup nekat, demi meraih pangsa pasar lebih luas. 

Ketika hal ini kemudian dipermasalahkan kembali, Subaru dituntut oleh Pengadilan Pajak dan akhirnya ATPM-nya harus ditutup. Dengan demikian,  merk Subaru tidak lagi berjualan di Indonesia untuk kedua kalinya. eksistensinya di Indonesia memudar.

Tidak mengherankan jika masih ada pertanyaan merek mobil Subaru berasal darimana.

MOBIL NEGARA EROPA

Alfa Romeo Giulia, Mobil Mungil Bertenaga Raksasa

Alfa Romeo Giulia adalah nama dari tiga model mobil. Yang pertama adalah mobil empat pintu Tipe 105, yang diproduksi dari tahun 1962 hingga 1978. Yang kedua adalah tipe Spider, Sprint, dan Sprint Speciale Giuliettas yang merupakan pembaharuan dari tipe 105. Dan yang terakhir adalah mobil eksekutif kompak (tipe 952) diluncurkan pada tahun 2015. Baca selengkapnya...
  • 28

    Dijual Peugeot 405 STI Lemans

    Xu10 full refresh Istimewa Morette original headlamp Headlamp ori ada Spion original 605 Spion ori ada Velg original T16 turbo Jok kulit original lemans Audio full surround Ac dingin Kelistrikan aman jaya Khusus untuk pecinta mobil klasik

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Chevrolet Luv, Dari Sejarah Hingga Solusi Permasalahan Yang Kerap Dialami Penggunanya

Setiap merek mobil, pasti memiliki satu seri yang hampir selalu menjadi legenda. Demikian juga dengan Chevrolet, ada satu seri yang tak lekang oleh jaman yaitu Chevrolet LUV. Karena kehandalannya, mobil ini pernah menjadi andalan para pekerja dijamannya. Baca selengkapnya...
  • 28

    Forsale Jeep M151 MUTT A2

    Tahun 1974 . Full restorasi seperti baru. Type paling tinggi, ada heater ( type arctic) dan pod colokan jumper/ las. Surat lengkap bawan mobil tax On. Mesin ori water proof, 24 volt. Kaki kaki independen suspension empuk seperti sedan ( per keong). Cat baru repainting army green dop ( kerok angkat body). Baut baru semua. Engine Grill cover ori USA baru. Busi dan kabel busi baru. Coil dan bendix baru. Antene military ori ( pecut, antene samping lengkap). Mobil Ganteng, Siap dimahar open 400 nego…

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 27

    (SALE) Holden VL Calais 1989

    M/T 5speed Full Registered Paper (BPKN & STNK) Pajak Hidup Plat B KM: 90,XXX (Slowly Going) Lokasi: Jawa Timur OPTIONS: Fresh Paint, Fully Restored Bolt on roll cage 4 sparco racing seats all brand new Interior roof lining All new black carpets Dash blacked out Sparco wheel New distributor, coil and ECU

MOBIL BUATAN JEPANG

Toyota Avanza (2003 – 2004), Minibus Dengan Desain Modern Pada Jamannya

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang dipasarkan juga oleh Daihatsu dengan nama Daihatsu Xenia. Nama Avanza berasal dari bahasa Italia, Avanzato, yang artinya maju. Sedangkan dalam bahasa Spanyol, memiliki arti bergerak. Pada masa itu, bentuk Toyota Avanza dianggap sangat modern untuk sebuah minibus. Rancang bangunnya memakai konsep MPV, yang pada masa itu memang sedang populer diseluruh dunia. Sebuah desain yang perbedaannya cukup signifikan jika… Baca selengkapnya...
  • 33

    Dijual Nissan Patrol KTT 1992

    4x4 Aktif. Mesin super halus . Surat lengkap . Detail croom . Bemper .spion dan Velg. Ban tebal . 225 Jt Nego di tempat ( Jual Cepat).