Loading...
en

Mercedes Benz 540K , Tampang Manis Harga Sadis!

Mercedes Benz adalah salah satu pabrikan mobil Jerman yang begitu terkenal. Produsen mobil ini bisa dikatakan melegenda soal membuat mobil yang ‘enak’ dipakai, tampak mewah serta berharga mahal. Mercedes Benz juga tergolong pabrikan yang sangat inovatif dalam hal kualitasnya. Tak dipungkiri jika banyak mobil besutannya yang dikenal handal bahkan tahan uji meski usianya sudah tak lagi muda.

Menariknya lagi, perusahaan otomotif tersebut juga dikenal piawai merancang bentuk-bentuk yang menawan, sehingga mobilnya tetap terlihat tampan meski sudah tergerus zaman. Salah satu mobil besutannya yang pantas menyandang sebutan molek di usianya yang sudah senja adalah Mercedes Benz 540K. Siapa pun yang melihatnya, terutama para kolektor mobil klasik dipastikan akan jatuh cinta dan ingin memilikinya.

Sayangnya, Anda harus siap-siap kecewa jika tak bisa meminangnya. Pasalnya, meski terlihat tampangnya manis, ternyata Mercedes Benz 540K harganya sangat sadis! Bagaimana tidak? Mobil ini ditawarkan dengan harga ratusan milar rupiah!

Ya, memang mobil Mercedes Benz  selalu dibanderol mahal dibandingkan mobil lain semasanya dan sekelasnya. Namun, melihat nominal tersebut, kira-kira apa yang membuatnya begitu mahal? Jangan beranjakdulu ! Berikut ulasannya!

Seri 540K  dikabarkan pernah ditawarkan sekitar Rp 131 Milyar. Yang lebih mencengangkan lagi, varian lain dari seri tersebut ditawarkan dengan harga jauh lebih fantastis. Adalah Mercedes Benz Special Roadster, yang dilepas Rp 160 milyar pada 2012 silam di rumah lelang Gooding&Co, Pebble Beach, California.

Namun, pada gelaran lelang setahun belakangan, mobil tersebut hanya dibanderol setara dengan Rp 110 miliar. Sedangkan pada tahun 2016 lalu, Mercedes Benz 540K Special Roadster laku setara Rp 135 miliar dalam sebuah cara pelelangan di Arizona, Amerika Serikat. Edisi khusus dari Mercedes Benz 540 tersebut merupakan keluaran tahun 1937. Mendarat di Negeri Paman San, mobil klasik itu akhirnya menjadi milik Reginald Sinclaire yang berasal dari Larkspur, Colorado.

Mobil yang diketahui berkelir merah itu, menempuh perjalanan yang belum terlalu jauh meski usianya sudah 8 dasawarsa kala itu. Tercatat bahwa jarak yang ditempuhnya baru 11 mil saja selama 80 tahun. Hal ini  menandakan bahwa mobil itu tidak berfungsi sebagai kendaraan harian. Ia hanya mejeng di saat tertentu saja. Tak mengherankan jika bodinya pun tetap mulus dan menawan di usianya yang mendekati seabad.

Meski harganya tidak selalu tetap, maksudnya bisa naik atau turun dari tahun ke tahun. Tetapi jika melihat angkanya, harga jual seri 540K tetap saja ratusan miliar rupiah baik untuk seri standard maupun ultimate-nya. Hal ini menandakan bahwa seri Mercedes Benz 540K tetaplah pantas menyandang gelar sebagai mobil klasik berharga fantastis!

Apalagi jika pada eranya, mobil tersebut ternyata dibanderol murah. Merujuk pada data dari Wikipedia, Mercedes Bens Special Roadster hanya dijual 28.000 Reichmark atau sekitar US$ 12.000 saja.

Mercedes Benz  540K dapat dikatakan sebagai salah satu karya legendaris pabrikan asal Jerman itu. Seri tersebut lahir pada tahun 1936 dan memulai debut perdananya di gelaran Paris Motor Show. Masa produksi mobil ini berlangsung hanya beberapa tahun, yaitu mulai 1936 hingga 1940. Salah satu keluaran seri ini yang kemudian begitu masyur adalah Mercedes Benz Special Roadster.

Seri ini adalah edisi khusus sekaligus ultimate dari Mercedes Benz 540K. Berbeda dengan versi standardnya, versi khusus ini dirancang dengan bodi yang kualitasnya lebih tinggi. Tak hanya memperhatikan kekuatan pada sisi bodi, melainkan juga memperhatikan estetika. Tak heran jika mobil ini masiih terlihat molek hingga kini.

Sumbu roda seri ini adalah 2.980 mm, lebih pendek dari pada versi standard-nya yang dibuat dengan sumbu roda 3.880 mm. Versi standard itu juga memiliki bodi yang lebih terlihat ‘kekar’ dibandingkan versi Special Roadster yang tampak lebih ‘manis’. Namun demikian, baik versi standard maupun spesialnya sama-sama memiliki keunikan dari segi desain.

Keduanya juga dirancang sebagai mobil mewah, bukan sebagai kendaraan perang sesuai dengan kebutuhan utama pada saat itu. Mercedes Benz 540K Special Roadster pun tampak sporty dengan kursi untuk dua orang penumpang saja.  Perancang mobil ini adalah Friderich Geiger. Sebagai mobil mewah, tak mengherankan jika mobil ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya dibuat 26 unit saja.

Mobil dengan body convertible dengan dua pintu ini, dilengkapi dengan mesin yang cukup besar. Menyunggi mesin straight-eight berkapasitas 5401 cc, yang dilengkapi dengna 4 transmisi percepatan manual. Merujuk pada kapasitas mesin yang dimiliki, di atas kertas mobil klasik yang satu ini menjanjikan tenaga maksimal hingga 177 daya kuda pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 431 Nm pada putaran 2.200 rpm.

Pemilik mobil spesial ini salah satunya adalah Hermann Goering. Petinggi NAZI dengan pangkat Reichsmarschall (di atas jenderal bintang 5) tersebut memesan seri 540K edisi khusus pada 1937. Ia memesan mobil tersebut dengan warna favoritnya, yaitu biru langit. Tak lupa lambang keluarganya pun disematkan di kedua pintu mobil. Mobil tersebut pun dirancang kokoh dengan lapis baja pada bodinya dan juga fitur anti peluru.

-------------------------------------------

JADWAL EVENT OTOMOTIF:

"Mbanjar Negarane CB"
Event Mbanjar Negarane CB

25-26 Juli 2020 di Stadion Soemitro Kolopaking, Banjarnegara. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di Aplikasi IAC Indonesia Automotive Community

Baca selengkapnya...

 
  • Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi

    Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi?

    Mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi virus Corona, setelah kendaraan umum tidak beroperasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri lebih aman. Virus Corona ternyata mudah masuk kedalam mobil pribadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibawa oleh pengemudi ataupun penumpang yang masuk kedalam mobil setelah beraktifitas.
  • Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    There are so many instagrammable cafes in Indonesia you can visit. Jogjakarta is one of the cities in Indonesia that full of cafes around. Most of them bring the unique concept for the customers including hobbies. It means, you can’t get the entertainment and meals only but you can hang out there while enjoying the beautiful interior design such as Brick Cafe in Jogja. If you love classic motor bikes, then you can visit and spend your time in this vintage cafe.

food truck 1

BISNIS FOOD TRUCK

Bisnis yang sedang booming di berbagai belahan dunia. Selain praktis karena mudah dipindah-pindahkan, juga bisa tampil menarik hingga bisa dengan mudah menarik konsumen untuk berbelanja. Bagaimana cara memulai bisnis ini, dan apa saja yang harus disiapkan? 

Baca Selengkapnya...