Bengkel Servis Datsun Klasik

Bagi Anda penggemar otomotif lawas, pastilah sudah mengetahui suka duka dalam hal perawatan hingga restorasinya. Tidak seperti mobil-mobil keluaran terbaru, tak banyak bengkel bisa menangani permasalahan seputar bodi dan mesin mobil lama. Selain itu, Anda mungkin sewaktu-waktu membutuhkan sejumlah suku cadang yang mungkin sudah tak diproduksi lagi. Kesulitan seputar perawatan dan restorasi mobil jadul tersebut juga tak jauh-jauh menghinggapi para penggemar Datsun jadul.

Meski merupakan keluaran lama, tetapi keberadaannya masih dipertahankan dari kepunahan oleh para penggemarnya. Tak perlu heran jika banyak yang jatuh hati dengan mobil klasik dari merek ini. Pasalnya Datsun lama dikenal memiliki performa mesin yang bandel, serta desainnya yang sangat ciamik khas retro.

Pesona datsun menjadi semakin menarik, tatkala sparepart dari roda empat buatan Jepang ini terbilang cukup mudah untuk didapatkan. Kabar baiknya, dealer resmi Datsun mengumumkan bahwa mereka siap untuk melayani dalam hal perawatan dan perbaikan. Namun perlu dicatat, treatment yang diberikan tergantung pada kesanggupan dealer dalam memperbaikinya. Sebab tak semua kasus kerusakan Datsun lama bisa ditangani oleh mereka.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena nyatanya masih ada bengkel spesialisasi yang khusus menangani servis perawatannya. Seperti dilansir dari kabaroto.com (18/01/2019), lokasinya sendiri berada di Jalan Abdullah no.25, Karang Mulya, Ciledug, Tangerang.

Apabila Anda datang dengan kendaraan bermotor, letak bengkel tersebut tepatnya berada di jalan samping pom pertamina Karang Mulya. Anda juga bisa keluar melalui pintu tol Karang Tengah Barat jika datang menggunakan kendaraan roda empat dari Jakarta.

Bengkel yang didirikan sekitar 3 tahun lalu tersebut memang tidak bernama, tetapi para pelanggannya menjuluki tempat tersebut sebagai base camp atau markas Datsun Jakarta. Di sana Anda akan dilayani langsung oleh Wahyu Cimoh yang merupakan pemilik bengkel tersebut.

Di tempat workshop tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pelayanan dimulai dari servis hingga reparasi. Tak hanya itu, di markas ini Anda juga bisa membeli sejumlah suku cadang dari yang paling mudah didapatkan hingga jenis langka seperti New Old Stock (NOS).

Soal kelengkapan sparepart yang dimiliki, Wahyu memang lebih banyak mengoleksi untuk keperluan sendiri. Namun pria pekerja keras tersebut juga tetap menyisakan beberapa item, guna membantu para pemilik Datsun lawas dalam mendapatkan sejumlah part yang dibutuhkan.

Meski sangat ahli dalam memperbaiki Datsun lama, tetapi Wahyu mengaku bahwa dirinya juga terbuka dalam melayani perbaikan merek kendaraan roda empat lainnya. Ayah dua anak tersebut juga mengaku dapat menangani sejumlah kasus ringan hingga berat, dimulai dari servis ringan hingga turun mesin (overhaul). Untuk treatment biasa seperti servis rutin, Wahyu biasa mematok harga sebesar Rp 250 ribu per mobilnya.

Wahyu Cimoh juga dikenal giat mengikuti sejumlah event dari Datsun, seperti kontes, reli, hingga touring. Oleh karenanya, ia juga menawarkan jasa modifikasi seperti salah satunya engine swap.

Tak perlu khawatir soal besaran budget yang akan dikeluarkan untuk berbagai jenis perawatan yang bisa didapatkan dari tempat tersebut. Sebab Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu soal biaya dan konsep yang hendak digoreskan pada kendaraan Anda.

Dimulai dari perawatan, perbaikan, restorasi, modifikasi, hingga obrolan seru seputar Datsun retro, bisa Anda temukan jika datang langsung ke sana. Dengan sejumlah kegiatan menarik yang bisa ditemukan di dalamnya, pantaslah jika tempat milik Wahyu Cimoh disebut sebagai surganya Datsun retro.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Asal Nama Toyota Kijang Buaya yang Legendaris

Penggemar mobil klasik pasti sudah akrab dengan nama-nama mobil Kijang era 1970-an hingga 1980-an. Salah satu varian yang tersohor adalah Kijang generasi pertama yang punya julukan “buaya”. Tentu Anda penasaran dengan asal muasal nama Toyota Kijang Buaya yang legendaris. Baca selengkapnya...

Harga Sparco Dan Recaro Tidak Seberapa Dibandingkan Dengan Jok Butut Ini!

Jok adalah tempat duduk bantalan atau biasa juga disebut pelana yang berfungsi untuk menopang tubuh dan peredam guncangan. Istilah Jok umum digunakan pada tempat duduk bagi pengendara/pengemudi, ataupun penumpang kendaraan bermotor. Tetapi berlaku juga untuk kursi rumah. Baca selengkapnya...

Jenis Hadiah Vespa Kongo Garuda Berdasarkan Pangkat Penerimanya

Buat penggemar Vespa, Vespa Kongo adalah harta karun, karena populasinya yang langka. Vespa ini berbeda dengan Vespa seri VBB, Vnb atau VLA yang unitnya lebih banyak. Juga tergolong benda bersejarah bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Presiden Soekarno, karena merupakan hadiah untuk prajurit… Baca selengkapnya...

Antik Bukan Berarti Retro, Tidak Selalu Klasik, Apalagi Vintage

Anda mungkin sering mendengar julukan tertentu yang disematkan terhadap kendaraan roda empat, terutama yang usia produksinya terbilang sudah tidak muda lagi. Beberapa diantaranya adalah mobil retro dan klasik atau vintage. Meskipun semua bisa dibilang mobil tua, tetapi masing-masing memiliki… Baca selengkapnya...