Ford Model "A", Truk Buatan Amerika Pertama Yang Masuk Indonesia

Truk Ford pada jamannya juga dikenal di Indonesia. Keberadaan truk ini berawal ketika susu kental manis di bawah merek Friesche Vlag diimpor oleh Cooperatve Condensfabriek Friesland mulai dipasarkan disini. Cooperative Condensfabriek Friesland kemudian berubah menjadi Royal Friesland Campina, pada tahun 1922. Sweetened Condensed Milk ini sejak awal memang direncanakan untuk dijual oleh mitra bisnisnya di Indonesia, dengan merk "Soesoe Tjap Bendera".

.

Dengan Tujuan Berbagi Kebahagiaan Seorang Kolektor Ford Klasik Melelang Ratusan Mobilnya 1Sejarahnya terus berlanjut dengan mendirikan PT Friesche Vlag Indonesia, melalui kemitraan dari Cooperatieve Condensfabriek Friesland dan perusahaan lokal. Untuk memperluas pemasarannya, pada tahun 1969 PT Friesche Vlag Indonesia mulai membangun Plant Pasar Rebo. Pada tahun 1971, Plant Pasar Rebo mulai memproduksi Susu Kental Manis dan mendistribusikan produk ke setiap wilayah di Indonesia.

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Pihak manajemen memutuskan untuk menggunakan truk kecil Ford Model A produksi tahun 1928 - 1929 (kemungkinan sampai dengan tahun 1930).

Model A adalah Ford pertama yang menggunakan setelan standar untuk pengemudi, seperti pedal gas, pedal kopling dan perseneling.  Tangki bahan bakarnya terletak diantara pembatas ruang mesin dengan panel dasbor, dilengkapi dengan meteran bahan bakar. Pada saat musim salju, ditambahkan alat pemanas di atas manifol. Udara panas yang dihasilkan kemudian dialirkan masuk ke kabin.

Ford Model A adalah truk  yang telah dilengkapi dengan kaca depan yang tidak hancur berkeping-ketika terjadi kecelakaan (safety glass), sehingga aman bagi penumpang. Mesin yang digunakan pada mobil ini terdiri dari 4 silinder yang disusun segaris (L-head inline 4-cylinder), dengan kapasitas 201 cu di (3,3 l). Tenaga yang dihasilkan mencapai 40 hp (30 kW; 41 PS). Dan kecepatan tertinggi yang mampu dicapai sekitar 65 mph (105 km / jam), melalui transmisi 3 gigi maju dan 1 gigi mundur.

Ford Model A hadir dalam berbagai model seperti: Coupe (Standar dan Deluxe), Coupe Bisnis, Sport Coupe, Coupe Roadster (Standar dan Deluxe), Cabriolet, Sedan, Phaeton (Standar dan Deluxe), Tudor Sedan ( Standar dan Deluxe), Town Car, Fordor (2 jendela) (Standar dan Deluxe), Fordor (3-jendela) (Standar dan Deluxe), Victoria, Town Sedan, Station Wagon, Taxicab, Truk, dan Komersial.

Diluar dari deretan tersebut ada satu model Special Coupe yang sangat langka, diproduksi satu tahun saja, sekitar Maret 1928 dan berakhir pertengahan 1929. Harga untuk satu unit Ford Model A pada saat itu berkisar antara US $ 385 untuk model roadster hingga US $ 1400 untuk City Car versi paling tinggi.

Tertarik Lakukan Engine Swap, Inilah Spesifikasi Mesin 14B Diesel

Spesifikasi mesin 14B diesel memang tidak diragukan lagi. Bukti performa dan daya tahannya selama puluhan tahun menjadikan mesin andalan Toyota Dyna ini sebagai salah satu mesin favorit dalam proses engine swap. Baca selengkapnya...

Toyota Land Cruiser BJ40, Besar Tenaganya Tapi Irit Solarnya

Toyota adalah nama produsen Jepang yang sama sekali tak bisa diremehkan keberadaannya. Pabrikan satu ini dikenal piawai meracik berbagai model mobil. Bukan hanya parasnya yang menawan, melainkan juga memiliki ketangguhan. Beberapa diantaranya bahkan dirancang khusus sebagai kendaraan yang sanggup melibas segala medan. Salah satu dari seri yang dirancang demikian adalah Toyota Land Cruiser FJ40. Baca selengkapnya...
misbah bengkel service karburator

Misbah, Pakar Karburator Andalan Para Penggemar Mobil Klasik Di Bogor

Karburator adalah salah satu komponen yang terdapat pada mesin bensin, yang berfungsi mencampurkan udara dan bahan bakar dengan perbandingan tertentu, kemudian mengalirkannya kedalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan kata lain, karburator inilah yang menyalurkan bensin pada intake manifold dengan volume ideal. Oleh sebab itu, salah satu bagian penting dari sebuah mobil ini harus sering diperhatikan agar tidak bermasalah ketika sedang dikendarai. Baca selengkapnya...

Pilihan Mesin Diesel Untuk Toyota Land Cruiser

Mesin asli Toyota Land Cruiser FJ40 adalah 6 silinder in-line yang berkapasitas 4.230 cc dan masih mengandalkan karburator juga sistim platina kondensor. Karena dirasa sudah kurang mumpuni dan boros bensin, maka banyak yang menggantinya dengan mesin diesel. Baca selengkapnya...