Holden HR 1966 – 1968

"Setelah sukses dengan Holden HD pada penjualan tahun 1965-1966, Holden car kembali dibuat versi mutakhirnya dengan julukan Holden HR."

Pada versi ini, Holden banyak bermain-main dengan jenis mesin yang nantinya disematkan ke 4 jenis bodi dan 8 jenis produk yang dipasarkan dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut uraian selengkapnya tentang Holden HR yang diproduksi selama dua tahun sejak 1966.

 

Spesifikasi Holden HR

Dibandingkan versi sebelumnya, Holden HR banyak mengalami perubahan pada grille yang digunakan sebagai tempat masuk dan keluarnya udara. Selain perubahan mendasar pada grille yang memuat logo Holden, pengembang juga mendesain ulang garis pada atap dan membuat jendela pada bokong mobil menjadi lebih lebar dari versi sebelumnya (jenis sedan). Selanjutnya lampu belakang dibuat lebih baru (jenis sedan dan wagon). Eksterior dari Holden HR juga diubah secara keseluruhan hingga membuat Holden HR benar-benar tampak baru.

Perubahan lain yang diberikan pada jenis HR ini terletak pada suspensi yang jauh lebih nyaman. Untuk jenis Premier ditambahkan interior dengan nuansa kayu yang sangat mewah. Enam bulan pascaproduksi, Holden menambahkan sabuk pengaman di bagian depan, kaca yang lebih lebar, lampu cadangan, cermin untuk melihat belakang yang terletak di sunvisor.

Untuk dimensi, Holden HR memiliki panjang sekitar 180-181 inci tergantung jenis bodinya apakah sedan atau wagon. Sedangkan untuk lebar berkisar 70 inci dan tinggi 58 inci. Untuk masalah berat, rata-rata jenis Holden HR berbobot 1178 kg.

 

Pemasaran Holden HR

Holden Classic jenis HR ini dibuat menjadi empat tipe bodi yang terdiri dari sedan 4 pintu, Wagon 5 pintu, dan Utility serta Panel Van masing-masing 2 pintu. Dari jenis ini, pemasaran dikembangkan menjadi 8 jenis produk mobil yang berbeda-beda. Jenis itu terdiri dari: Holden Standard Sedan, Holden Standard Station Sedan, Holden Special Sedan, Holden Special Station Sedan, Holden Premier Sedan, Holden Premier Station Sedan, Holden Utility, dan Holden Panel Van.

 

Mesin dan Transmisi Holden HR

Ada enam jenis mesin yang disiapkan untuk membuat performa Holden HR semakin memukau. Mesin itu terdiri dari 2.639 cc (161 I6), 3.049 cc (186 I6), 3.049 cc (186 X2 I6), 3.049 cc (186S I6), 3.185 cc (Chev. 194 I6), dan 3.768 cc (Chev. 230 I6). Dengan kekuatan mesin yang beragam, Holden HR menawarkan transmisi manual dengan 3 atau 4 kecepatan dan otomatis Powerglide dengan 2 kecepatan.

 

Produksi Holden HR

Holden HR adalah jenis mobil yang mendulang kesuksesan cukup besar. Selama dua tahun, mobil ini telah berhasil diproduksi sebanyak 252.352 unit yang terdiri dari 8 jenis model. Setelah dirilis selama 2 tahun akhirnya seri HR digantikan dengan seri HK.


Demikianlah uraian singkat tentang Holden HR yang menjadi jajaran Holden Classic andalan sepanjang masa.

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."