Holden HD 1965 – 1966

"Setelah sukses dengan versi EH yang diproduksi 2 tahun sebelumnya. Holden kembali mengeluarkan mobil dengan jenis yang jauh lebih unik."

Holden car jenis HD ini memiliki perubahan mendasar pada bodi serta mesin yang digunakan. Perubahan ini membuat Holden HD laku keras di pasaran meski hanya diproduksi dari tahun 1965-1966. Berikut uraian selengkapnya dari Holden HD yang masuk dalam kategori Holden Classic incaran banyak kolektor.

 

Spesifikasi Holden HD

Holden HD memiliki bodi yang benar-benar beda dengan versi sebelumnya. Jenis ini bukan facelift yang hanya memberikan perubahan minor dari versi EH. Bodi mobil ini dibuat berbeda dengan dimensi yang jauh lebih lebar dan panjang. Holden ini memberikan tempat yang jauh lebih lebar bagi pengguna dan penumpang agar jauh lebih nyaman saat berkendara. Selain untuk pengguna, bagasi juga dibuat lebih lebar agar muat banyak sekali barang. Untuk logo Holden masih terletak di atas grille dan menyatu dengan penutup mesin.

Panjang Holden HD untuk jenis sedan mencapai 179,6 inci sedangkan untuk jenis wagon mencapai 179,8 inci. Lebar untuk dua jenis tersebut 70 inci dan tingginya berturut-turut 59,1 inci dan 59,3 inci. Berat untuk dua mobil ini masing-masing berkisar 1177 kg.

Holden jenis HD ini memiliki jenis mesin baru yang berbeda dari jenis EH ke belakang. Jenis mesin yang digunakan adalah X2 yang dikenal sangat andal dalam memacu mobil menjadi lebih cepat. Selain X2 Holden HD untuk jenis tertentu juga menggunakan mesin jenis I6 yang banyak dipakai oleh mobil jenis Chevrolet.

 

Pemasaran Holden HD

Holden HD dipasarkan dengan empat jenis tipe bodi. Gelombang pertama pada Februari 1965 hingga April 1966 dibuat jenis Sedan dan Wagon. Selanjutnya gelombang kedua pada Juli 1965 hingga April 1966 dibuat jenis utility dan panel van. Dari empat tipe bodi di atas, Holden HD dipasarkan menjadi 2 kelompok berdasarkan jumlah pintunya.

Pertama jenis Sedan 4 pintu dan Station Wagon 5 pintu terdiri dari: Holden Standard Sedan, Holden Standard Station Sedan, Holden Special Sedan, Holden Special Station Sedan, Holden Premier Sedan, dan Holden Preemier Station Sedan.

Kelompok kedua menggunakan 2 pintu yang berasal dari bodi Coupe Utility dan panel van terdiri dari: Holden Utility dan Holden Panel Van. Dari dua kelompok di atas, Holden mampu menjual jenis HD ini sebanyak 178.927 unit.


Mesin dan Transmisi Holden HD

Mesin dari Holden HD terdiri dari 4 jenis sesuai dengan jenis mobil yang dipasarkan. Jenis mesin itu terdiri dari 2.447 cc (149 I6), 2.940 cc (179 I6), 2.940 cc (179 X2 I6), dan 3.185 cc (Chevrolet 194 I6). Untuk transmisi, Holden HD memakai 3-speed manual dan 2-speed otomatis Powerglide.

 

Demikianlah pembahasan tentang mobil Holden jenis HD yang diproduksi di Australia pada tahun 1965-1966. Semoga bisa memberi wawasan.