Holden FC (1958 – 1960)

"Halo, para pecinta otomotif retro Indonesia, rasanya pasti kenal dong dengan mobil retro yang satu ini?"

Holden FC merupakan salah satu seri mobil pabrikan General Motors-Holdens Australia yang diproduksi selama kurun waktu tahun 1958 sampai 1960. Mobil dengan seri Holden FC ini pertama kali dirilis ke pasar otomotif Australia pada 6 Mei 1958, menggantikan seri Holden FE.

 

Perubahan dari Seri Sebelumnya

Sebagai versi penyempurna dari Holden FE, seri Holden FC ini mendapatkan improvisasi kemampuan pada bagian mesin, suspensi, rem, steering box, dan komponen lainnya, sehingga membuat Holden FC lebih nyaman, mudah, dan tidak bising saat dikendarai.

Beberapa perubahan juga terlihat pada tampilan eskterior mobil, diantaranya seperti pemberian ornamen huruf H-O-L-D-E-N pada bagian depan kap mesin, sirip krom pada pengaman bagian depan, serta penambahan ornamen krom di panel bagian samping, dan masih banyak lagi.

Untuk interior, posisi duduk pengendara juga disempurnakan pada seri ini. Selain itu, penambahan kap di sekeliling instrumen pada dasbor, serta perubahan bentuk kemudi menjadi jenis half horn ring, membuat visibilitas instrumen Holden FC menjadi lebih baik dari seri sebelumnya.

Model Bentuk

Holden seri FC menawarkan 4 jenis body style yang berbeda, serta ragam kelas yang berbeda pula di setiap jenis bentuknya. Model tersebut di antaranya adalah:

  1. Sedan (4 pintu)

-          Holden Standard Sedan

-          Holden Special Sedan

-          Holden Business Sedan

  1. Station Wagon (5 pintu)

-          Holden Standard Sedan

-          Holden Special Station Sedan

  1. Coupe Utility (2 pintu)
  2. Panel Van (3 pintu)

Mesin

Mesin yang digunakan pada seri Holden FC ini masih mengadopsi mesin dari seri sebelumnya, yakni Holden FE. Holden FC dibekali dengan 3 transmisi kecepatan manual dan mesin 6 silinder berkapasitas 2.262 cc (135 kubik per inci) yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 71 brake horsepower (bhp) atau 53 kW. Meskipun komponen camshaft pada mobil ini diubah, kemampuan rasio kompresi dan tenaga mobil pada seri FC ini berhasil ditingkatkan. Beberapa improvisasi mesin lainnya pada Holden FC ini juga berhasil meningkatkan kualitas mesin menjadi lebih baik dari seri mobil sebelumnya.

Harga

Holden FC kala itu dibanderol dengan harga sekitar £1,110.00 atau $2,220.00.

Produksi

Selama kurun waktu 1 tahun lebih, total produksi mobil seri Holden FC ini mencapai 147.747 unit sejak pertama kali diperkenalkan pada Januari 1960 hingga 1961. Pada Mei 1961, General Motors-Holdens menghentikan produksi mobil seri Holden FC mereka, dan menggantinya dengan Holden car seri terbaru, yakni Holden FB.

 

Itulah beberapa informasi singkat dari salah satu seri Holden car, yakni seri Holden FC produksi tahun 1958-1960. Tidak kalah kerennya dengan seri lainnya, bukan? Bagaimana, Anda tertarik memilikinya?

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."