Holden FB 1960 – 1961

"Holden FB merupakan salah satu seri mobil pabrikan General Motors-Holdens Australia yang diproduksi selama kurun waktu tahun 1960 sampai 1961."

Mobil seri Holden FB ini pertama kali diperkenalkan pada 14 Januari 1960, sebagai pengganti seri Holden FC.

 

Perubahan dari Seri Sebelumnya

Holden FB hadir dengan gaya tampilan yang cukup berbeda dari seri pendahulunya, Holden FB didesain sangat bergaya mobil Amerika guna mengimbangi langkah Ford dan Chrysler dalam persaingan pasar mobil dalam negeri Australia kala itu. Holden FB dipromosikan sebagai kendaraan yang lebih luas dan powerful dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Namun, saat pertama kali dirilis, banyak kalangan yang menganggap desain Holden FB ini tampak kuno dan tidak sesuai dengan filosofi Holden itu sendiri. Holden FB hadir dengan gaya sirip belakang (tailfins) yang khas dan kaca depan yang lebih melengkung seperti mobil bergaya Amerika pada umumnya.

Improvisasi pada mesin masih tetap mempertahankan penggunaan mesin 6 silinder (138 kubik per inchi), tetapi dengan rasio kompresi yang ditingkatkan. Peningkatan kemampuan juga dilakukan pada bagian rem, per roda depan, kopling, dan filter/pembersih udara.

Selain itu, Holden FB ini menjadi mobil Holden pertama yang diproduksi untuk negara dengan jenis sisi kemudi di sebelah kanan, hal ini tentu saja memperluas jangkauan ekspansi ekspor mobil Holden ke banyak negara, seperti Filipina, Hawaii, dan Kaledonia Baru.

 

Model Bentuk

Holden seri FB masih tetap menawarkan 4 jenis body style yang berbeda, serta ragam kelas yang berbeda di setiap jenis bentuknya.

  • Sedan (4 pintu): Holden Standard Sedan dan Holden Standard Station Sedan
  • Station Wagon (5 pintu) : Holden Standard Sedan dan Holden Special Station Sedan
  • Coupe Utility (2 pintu)
  • Panel Van (2 pintu)

 

Mesin

Semua seri Holden FB dibekali dengan mesin 6 silinder berkapasitas 2.160 cc (138 kubik per inci). Rasio kompresi yang ditingkatkan berhasil menghasilkan 4 brake horsepower (bph) lebih besar dari Holden seri sebelumnya, menjadi 75 brake horsepower (bph) atau 56 kW. Mobil seri Holden FB ini juga dibekali dengan dua jenis transmisi, 3 transmisi kecepatan manual dan otomatis.

 

Harga

Holden FB kala itu dibanderol dengan harga sekitar £1,107.00 atau sebesar $2,214.00.

 

Produksi

Selama kurun waktu 4 tahun, mobil seri Holden FC ini telah diproduksi sebanyak 191.724 unit sejak pertama kali diluncurkan pada Mei 1958 hingga 1960. Pada Januari 1960, General Motors-Holdens menghentikan produksi mobil seri Holden FB, dan menggantikannya dengan mobil seri Holden EK.

 

Itulah beberapa informasi singkat dari salah satu seri Holden car, yakni seri Holden FB produksi tahun 1960-1961. Meskipun dahulu tampilannya terkesan kuno, akan tetapi hal itulah yang menjadi daya tarik utama dari Holden FB saat ini. Tidak kalah keren dengan seri lainnya, bukan? Bagaimana, Anda tertarik memilikinya?

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."