Holden Era Tahun 1960-an

"Setelah meraih sukses besar dalam industri otomotif Australia selama era 1950-an, General Motors-Holdens terus mengembangkan produk-produk mereka."

Pada awal tahun 1960, Holden memperkenalkan model mobil terbarunya yang ketiga, yakni Holden FB. Desain Holden FB ini terinspirasi dari desain mobil Chevrolet produksi tahun 1950-an. Saat pertama kali dirilis, banyak kalangan yang menganggap desain Holden FB tampak kuno dan tidak sesuai dengan filosofi Holden itu sendiri. Holden FB menjadi mobil Holden pertama yang diproduksi untuk negara dengan jenis sisi kemudi kanan, yang tentu saja memperluas jangkauan ekspansi ekspornya ke banyak negara.

Kemudian pada tahun berikutnya, untuk menyaingi Falcon produksi Ford, Holden meluncurkan seri terbaru mereka yakni seri Holden EK pada Mei 1961. Holden EK merupakan penyempurnaan dari seri FB. Perubahan eksterior kentara yang terlihat pada seri Holden EK ini adalah pada bagian grille dan side body moulding-nya. Improvisasi juga dilakukan pada bagian interior, electric wiper, heater, dan pengunci kap mobil. Holden EK juga menjadi mobil Holden pertama yang menggunakan fitur transmisi otomatis Hydra-Matic.

Pada Juli 1962, Seri Holden EK digantikan produksinya oleh mobil seri terbaru Holden, yakni Holden EJ. Holden EJ merupakan pengembangan ulang yang sangat berbeda dari Holden EK, dengan desain atap yang lebih rendah, bagasi yang lebih datar, dan dihilangkannya sirip pada bagian belakang mobil. Improvisasi juga dilakukan pada bagian rem, suspensi depan, dan penggunaan transmisi otomatis Hydra-Matic. Selain itu, jenis Holden premier juga memulai debutnya pada seri ini.

Lalu pada Agustus 1963, seri Holden EH dirilis untuk menggantikan seri Holden EJ. Holden EH menjadi seri Holden pertama yang menggunakan Red Motor, teknologi mesin terbaru yang memberikan performa lebih baik dibandingkan teknologi Grey Motor yang digunakan pada seri sebelumnya.

Selanjutnya pada tahun 1963, Holden meluncurkan seri HD untuk menggantikan seri EH. Holden HD hadir dengan tampilan dan jenis mesin terbaru, penggunaan teknologi mesin X2 179 kubik/inci, dan transmisi otomatis Powerglide memberikan performa mesin Holden HD menjadi lebih tangguh dan cepat di kelasnya.

Kemudian pada 1966, seriHR mulai diperkenalkan. Holden HR tampildengan perubahan bentuk bodi depan dan belakang yang baru,serta improvisasi mesin dengankapasitas yang lebih tinggi. Yang lebih penting lagi, HR telah dilengkapi sabuk pengaman standar,sehingga Holden menjadi mobil Australia pertama yang menyediakan alat pengaman sebagai perlengkapan standar di semua model mobil mereka kala itu.

Pada Januari 1968, Holden kembali meluncurkan seri Holden HK. HK menjadi seri Holden pertama yang menggunakan teknologi mesin V8. Penggantian nama jenis penjualan juga mulai diterapkan dalam seri ini, yang pada awalnya menggunakan istilah Standard, Special, dan Premier menjadi Belmont, Kingswood, dan Premier, untuk menunjukkan varian jenis kelasnya.

Holden kembali meluncurkan seri terakhirnya untuk era 1960-an, yakni seri Holden HT pada 1969. Menggantikan seri HR, Holden HT dirilis dengan perubahan pada tampilan dan penyempurnaan pada mesin seperti ditambahkannya panel instrumen baru dan synchromesh pada model gearbox manualnya.

Meskipun kedatangan banyak kompetitor serius seperti Ford Falcon, Chrysler Valiant, dan produsen otomotif asal jepang pada era tahun 1960-an, Holden tetap bertahan pada peringkat atas penjualan mobil di Australia. Bahkan, Holden mulai meningkatkan eksponya ke berbagai negara di dunia kala itu.