Holden Era Tahun 1950-an

"Selama era tahun 1950-an, Mobil Holden produksi General Motors-Holdens berhasil mendominasi pasar kendaraan roda empat di Australia." 

GM selaku produsen, berinvestasi sangat besar agar dapat meningkatkan kapasitas produksi Holden kala itu, guna mencapai target perusahaan dalam memenuhi peningkatan permintaan kendaraan bermotor pasca berakhirnya Perang Dunia II."

Sejak perilisan produk mobil antiknya yang perdana yakni Holden FX atau 48-215 pada tahun 1948, Holden terus mengembangkan desain baru untuk produk kendaraan roda empat mereka.

Memasuki era 1950-an, Holden kembali memperkenalkan produk baru mereka yakni Holden 50-2106 pada tahun 1951. Mobil klasik Holden seri ini atau sering disebut juga dengan Holden Ute, merupakan variasi bentuk coupe utility dari seri Holden FX.

Kemudian pada tahun 1953, Holden kembali memperkenalkan seri terbaru mereka, yakni Holden FJ ke dalam pasar otomotif nasional Australia. Holden FJ merupakan seri perubahan besar pertama pada desain mobil produksi Holden sejak peluncuran Holden FX pada tahun 1948.

Seiring waktu mobil tua ini mendapatkan status ikonik dan menjadi salah satu simbol otomotif yang paling dikenal di Australia. Desain eksterior dengan penggunan grille horizontal yang baru terlihat mendominasi pada tampilan dari mobil seri FJ ini.

Seri Holden selanjutnya yang diproduksi di era tahun 1950-an adalah seri Holden FE. Holden FE mulai diperkenalkan sebagai pengganti seri Holden FJ pada Januari 1956.

Holden FE merupakan desain yang benar-benar baru saat itu, dibangun dengan sasis yang lebih panjang dari seri FJ, Holden FE mengusung tampilan yang sama sekali berbeda dari seri-seri  mobil antik Holden sebelumnya.

Pada tahun yang sama, General Motors-Holdens mengumumkan akan mengekspor produk kendaraannya ke Malaysia, Thailand, dan North Borneo. Selain itu, keberhasilan penjualan yang signifikan ini juga terus berlangsung di Australia. Holden berhasil mencatat rekor market share-nya yang mencapai total lebih dari 50% pada tahun 1958 dengan diperkenalkannya mobil seri Holden FC.

Dirilis pada Mei 1958, Seri Holden FC ini menjadi seri mobil klasik pertama yang diuji coba di Holden Proving Ground yang baru selesai didirikan di Lang Lang, Victoria. Holden FC merupakan bentuk penyempurnaan dari seri Holden FE, baik dalam segi desain tampilan dan mesin.

Holden FC memiliki improvisasi lebih baik pada mesin dan komponen lainnya, sehingga menawarkan kenyamanan, dan kemampuan mobil yang lebih baik dari seri sebelumnya. Hal ini tentu membuat banyak konsumen dalam negeri Australia memilih Holden FC sebagai mobil pilihan mereka.

Sejak tahun 1957, Holden telah berhasil memperluas ekspansi ekspor produk mobilnya hingga ke 17 negara, termasuk ke negara-negara baru kala itu, di antaranya seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hongkong, Fiji, serta negara-negara lainnya di timur maupun selatan Benua Afrika.

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."