Holden EK 1961 – 1962

"Holden EK adalah salah satu jenis Holden classic yang dibuat oleh GM Holden Ltd di Australia."

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 2 Mei 1961 dan bertahan selama 1 tahunan hingga Juli 1962 sebelum berganti dengan Holden EJ. Holden EK adalah jenis facelift atau bentuk lama yang dimodifikasi dengan perubahan yang minor dan tidak menyeluruh. Berikut ulasan selengkapnya tentang Holden EK."

 

Spesifikasi Holden EK

Secara garis besar Holden EK dibuat dengan bodi yang beraneka ragam. Dalam masa produksi yang hanya setahun saja, Holden membuat setidaknya 4 jenis bodi yang berbeda-beda. Pertama adalah sedan dengan 4 pintu, selanjutnya ada Station Wagon dengan 5 pintu yang mirip dengan keluar seri Holden Special, Coupe Utility 2 pintu, dan Panel Van dengan 2 pintu. Semua bodi yang dibuat dalam seri ini termasuk dalam golongan mid-size seperti yang banyak diproduksi di pasaran Amerika Utara dan Eropa.

Untuk dimensi secara menyeluruh Holden EK memiliki whellbase sepanjang 105 inci. Panjang dan lebar Holden EK dipatok 181 inci dan 67 inci. Tinggi mobil ini sekitar 59 inci dan berat standar terutama jenis Holden sedan sebesar 1121 kilogram.

 

Pemasaran Holden EK

Holden EK dipasarkan menggunakan 6 nama yang berbeda meski secara bodi Holden membuatnya menjadi 4 jenis seperti yang disebutkan di atas. Untuk pemasaran Holden EK dibuat menjadi Holden Standard Sedan, Holden Standard Station Sedan, Holden Special Sedan, Holden Special Station Sedan, Holden Utility, dan Holden Panel Van.

 

Perubahan Minor pada Holden EK

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Holden car jenis ini merupakan jenis facelift dari Holden FB dengan perubahan minor pada bodi. Perubahan yang paling tampak terlihat pada bagian grille yang terlihat lebih kokoh di bagian depan dengan logo holden di atasnya. Perubahan selanjutnya terlihat dari potongan interior yang lebih bagus. Lalu wiper yang berguna untuk menghilangkan air hujan didesain lebih baru. Selain wiper, bagian kipas di dalam bodi juga dibuat lebih canggih.

Perubahan yang lebih besar dari jenis Holden FB dipasarkan dengan nama Hydro-matic dan tidak dipasarkan berbarengan dengan Holden EK. Untuk jenis bodi Utility dan Panel Van terjadi peningkatan kapasitas angkutnya dari 8 cwt ke 10 cwt.

 

Mesin Holden EK

Holden EK disenjatai dengan kekuatan incline silinder berjumlah 6 dengan volume 2.260 cc. Bor yang digunakan sudah berukuran 3 inci dan mampu menghasilkan tenaga hingga 75 tenaga kuda atau 56 kW. Untuk transmisi, mobil ini sudah menggunakan 3-speed manual dan 3-speed otomatis.

 

Masa Produksi Holden EK

Holden EK hanya diproduksi selama satu tahun saja dari 1961-1962. Selama masa produksi itu, Holden telah membuat setidaknya 150.214 mobil yang dipasarkan ke berbagai kawasan Australia dan Selandia baru.

 

Demikianlah uraian singkat tentang Holden EK yang merupakan Holden Classic buatan Holden Ltd. di tahun 1961-1962.

Author

Abrianto

Artikel Terkait

Holden EJ 1962 – 1963

"Holden EJ adalah jenis baru dari mobil Holden sebagai pengganti Holden EK yang dihentikan masa produksinya pada Juli 1962."

Holden EH 1963 – 1965

"Salah satu jenis Holden Classic paling diminati dari dahulu hingga sekarang adalah jenis EH."