Holden EJ 1962 – 1963

"Holden EJ adalah jenis baru dari mobil Holden sebagai pengganti Holden EK yang dihentikan masa produksinya pada Juli 1962."

Setelah produksi Holden EK dihentikan, Holden membuat lagi jenis EJ yang mengalami perubahan besar-besaran dari segi bodi dan model pemasaran. Berikut uraian selengkapnya tentang Holden EJ."

 

Spesifikasi Holden EJ

Holden EJ mengalami perubahan yang signifikan dari versi Holden EK yang dihentikan setelah diproduksi hingga 100.000 unit. Pada jenis Holden car ini garis atap mobil terlihat jauh lebih rendah. Selain itu, bak belakang untuk bagasi juga lebih tipis jika dibandingkan dengan versi EK. Jenis Holden EJ ini menghilangkan sirip di pinggiran bodi hingga membuat mobil ini lebih bulat dan elegan. Yang dipertahankan dari versi sebelumnya adalah logo Holden yang tetap di atas grille.

Kelebihan lain dari jenis ini adalah adanya peningkatan pada rem, suspensi, dan pemberian transmisi otomatis dengan menggunakan jenis Hydra-matic. Secara dimensi Holden EJ memiliki wheelbase dengan ukuran panjang 105 inci. Selanjutnya panjang dan lebar berturut-turut 177 inci dan 68 inci. Untuk tinggi Holden EK hanya memiliki 58 inci atau lebih pendek dari versi EJ. Terakhir, mobil ini memiliki berat mencapai 1130 kg.

Pada jenis EJ, Holden membuat jenis mewah pertama pada model ini dengan sebutan Holden Premiere. Pada jenis ini, bodi dibuat jauh lebih glamor dengan bagian dalam terbuat dari kulit berkualitas. Jok dibuat lebih nyaman dengan sentuhan metalik yang memukau.


Pemasaran Holden EJ

Bodi dari Holden EJ dibuat menjadi 4 jenis yang berbeda. Pertama ada sedan dengan 4 pintu, Station Wagon dengan 5 pintu dan berturut-turun 2 pintu untuk Coupe Utility dan Panel Van. Dari jenis bodi ini Holden memasarkan jenis EJ ini menjadi 7 jenis yang berbeda. Jenis itu terdiri dari Holden Standard Sedan, Holden Special Sedan, Holden Premiere Sedan, Holden Standard Station Sedan, Holden Special Station Sedan, Holden Utility dan Holden Panel Van.

 

Mesin Holden EJ

Semua mobil jenis Holden EJ dipasarkan dengan incline silinder yang mampu menghasilkan daya mencapai 75 tenaga kuda. Jenis mesin ini memiliki volume 2.262 cc atau sering dikenal dengan sebutan mesin 138 cu in. Untuk transmisi, Holden EJ sudah memakai 3-speed manual dan 3-speed otomatis dengan Hydra-matic.

 

Produksi dan Pemasaran

Holden EJ diproduksi pertama kali pada akhir Oktober 1962 dan berakhir di Agustus 1963. Pemasaran dilakukan di kawasan Australia, Selandia Baru, dan negara lain di kawasan Australasia yang cukup luas. Selama satu tahun diproduksi, Holden telah menghasilkan setidaknya 150.214 unit yang terdiri dari berbagai jenis tipe. Setelah mobil jenis ini selesai diproduksi, pihak Holden memperbaruinya dengan versi Holden EH yang nantinya bertahan selama 2 tahunan.

 

Demikianlah uraian singkat tentang Holden EJ yang merupakan salah satu jenis Holden Classic yang terbilang sukses dalam penjualannya.

Artikel Terkait

Holden EK 1961 – 1962

"Holden EK adalah salah satu jenis Holden classic yang dibuat oleh GM Holden Ltd di Australia."

Holden EH 1963 – 1965

"Salah satu jenis Holden Classic paling diminati dari dahulu hingga sekarang adalah jenis EH."

Produk Lainnya

Setelah sukses dengan seri awalnya, Toyota Motor Company kembali menghadirkan Land Cruiser seri 20 dan 30.
"Sukses dengan versi LJ20 yang mampu menggebrak pasar Jepang dan Internasional, Suzuki Jimny mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan banyak aspek yang ada."
"Puncak Gunung Andes di Amerika Selatan adalah saksi kehandalan Suzuki Jimny."