Holden EH 1963 – 1965

"Salah satu jenis Holden Classic paling diminati dari dahulu hingga sekarang adalah jenis EH."

Holden car jenis ini laku keras di pasaran Australia hingga dua kali lipat dari versi sebelumnya. Beberapa kehebatan dari Holden EH membuat mobil ini masuk golongan mobil Holden wajib dikoleksi oleh kolektor mobil antik. Berikut uraian selengkapnya tentang Holden EH.

 

Spesifikasi Holden EH

Perubahan paling mendasar dari Holden EH terletak pada mesin yang disematkan ke dalam bodi mobil. Jika versi sebelumnya banyak menggunakan grey engine. Pada jenis ini Holden sudah menggunakan jenis red engine untuk pertama kali. Penggunaan mesin baru ini menambah kapasitas kerja hingga tenaga yang digunakan untuk memacu mesin jadi lebih besar. Akibat penambahan kapasitas itu, Holden EH sering dijuluki sebagai Clever Power Swept.

Pada bagian bodi, Holden EH memiliki perubahan besar pada bagian garis jendela yang tampak lebih lebar dan jernih. Selanjutnya bokong mobil juga mengalami perubahan mendasar dari versi sebelumnya. Untuk logo Holden, jenis EH masih mempertahankan posisi di atas grille degan posisi tepat di tengah-tengah.

Secara dimensi, Holden EH tidak mengubah penampakan panjang, lebar, dan wheelbase. Pada jenis ini wheelbase memiliki panjang 106 inci. Sementara itu panjang serta lebar berturut-turut 177,6 inci dan 68 inci. Holden EH memiliki tinggi 58 inci dan berat sebesar 1118 kilogram untuk jenis standar.

 

Pemasaran Holden EH

Holden EH yang diproduksi pada tahun 1963-1965 memiliki 4 jenis bodi yang berbeda. Pada jenis ini Holden membuat jenis Sedan 4 pintu, Station Wagon 5 pintu, dan Coupe Utility serta Panel Van sebanyak 2 pintu.

Dari empat jenis bodi di atas, Holden memasarkan produknya menjadi 9 jenis produk yang terdiri dari: Holden Standard Sedan, Holden Standard Station Sedan, Holden Special Sedan, Holden Special Station Sedan, Holden S4 Special Sedan, Holden Premier Sedan, Holden Premier Station Sedan, Holden Utility, dan Holden Panel Van.

 

Mesin Holden EH

Mobil Holden yang dipasarkan dengan jenis “Standard” menggunakan mesin jenis 149 cu in dengan 6 silinder dan kapasitasnya 2,4 L. Untuk jenis “Special” dan “Premier” mesin sudah menggunakan 179 cu in dengan 6 silinder dan kapasitasnya mencapai 2,9 L. Dengan kekuatan mesin yang berbeda-beda. Holden EH menggunakan transmisi manual 3-speed dan otomatis 3-speed menggunakan Hydramatic.

 

Produksi Holden EH

Holden EH adalah jenis paling laris di pasaran Australasia. Dalam tempo nyaris 2 tahun saja, mobil jenis ini telah terjual sebanyak 250.000 unit lebih. Yang menyebabkan penjualan Holden EH meningkat adalah harganya yang terbilang murah jika dibandingkan dengan versi di tahun 1950-an. Selain itu dari segi bodi dan mesin Holden EH juga cukup memikat banyak kalangan.

 

Demikianlah uraian singkat tentang Holden jenis EH yang banyak mencuri perhatian banyak kalangan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Holden EK 1961 – 1962

"Holden EK adalah salah satu jenis Holden classic yang dibuat oleh GM Holden Ltd di Australia."

Holden EJ 1962 – 1963

"Holden EJ adalah jenis baru dari mobil Holden sebagai pengganti Holden EK yang dihentikan masa produksinya pada Juli 1962."

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."