Transmisi Datsun Bluebird Seri 410/411

"Datsun adalah salah satu merek mobil yang paling banyak digemari oleh para pecinta mobil klasik Indonesia."

Banyak dealer Datsun Indonesia yang sudah lama menyediakan mobil Datsun dan mobil Nissan, yang awalnya memang berasal dari perusahaan yang sama."Tentu, produk mobil di masa lalu memiliki perbedaan yang cukup jauh dengan saat ini, misalnya dalam hal model, mesin, maupun jenis transmisi. Salah satu ciri mobil klasik adalah penggunaan transmisi manual dengan jumlah speed sedikit.

Pada awal kemunculannya, Datsun Bluebird seri 410 masih menggunakan transmisi manual 3 speed column shift atau yang populer dengan sebutan three on tree, tetapi pada seri selanjutnya, baik seri 410 maupun 411 sudah menggunakan transmisi manual 4 speed floor shift yang sering pula disebut sebagai four on the floor.

Berikut ini adalah uraian singkat kedua jenis transmisi tersebut.

  • Pada transmisi jenis 3 speed column shift, posisi tuas pemindah gear transmisi terletak pada leher setir atau kemudi. Transmisi jenis ini hanya memiliki 5 posisi, yakni posisi N (netral), posisi gigi 1, gigi 2, gigi 3, dan posisi R untuk mundur.
  • Sementara itu, pada transmisi jenis 4 speed floor shift, posisi tuas terletak pada lantai di bawah kemudi. Transmisi 4 speed memiliki 7 posisi dengan jumlah gigi sebanyak 5.

Semakin banyak jumlah speed pada transmisi, maka putaran poros output juga akan lebih cepat. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila rasanya lebih ringan apabila berkendara dengan mobil dengan jumlah transmisi speed yang lebih banyak. Penggunaan transmisi manual dengan jumlah speed yang sedikit sebagaimana transmisi pada mobil Datsun Bluebird seri 410/411 memiliki sejumlah kelebihan yang membuat para pecinta mobil klasik Indonesia tetap setia menggunakan mobil-mobil seri ini.

  • Pertama, cara kerja (mekanisme) yang cukup sederhana membuat kerusakan pada transmisi manual lebih mudah diperbaiki.
  • Kedua, mobil bertransmisi manual cenderung lebih irit bahan bakar.
  • Ketiga, akselerasi yang lebih baik, misalnya saat berkendara di medan yang agak curam, Anda hanya perlu memindahkan transmisi dengan gigi 1 untuk meminimalisasi penggunaan rem. Jadi, Anda tidak perlu khawatir berkendara dengan transmisi manual saat cuaca buruk atau medan yang cukup sulit.

Demikian uraian tentang transmisi Datsun Bluebird Seri 410/411. Sampai saat ini, tingkat kerumitan yang cukup rendah serta mudahnya perbaikan pada kerusakan transmisi sering menjadi alasan banyak orang tetap setia untuk menggunakan seri mobil klasik ini.

Artikel Terkait

Mesin Datsun Bluebird Seri 410/411

"Salah satu jenis mobil klasik Indonesia dari Jepang yang masih banyak dicari sampai saat ini adalah Datsun Bluebird seri 410/411 yang mengisi banyak dealer mobil Datsun Indonesia sekitar tahun 70-an."

Aneka Model Datsun Bluebird Seri 410/411

"Sejak dilucurkan pertama kali pada Agustus 1959, Datsun Bluebird memiliki banyak seri dan model."

Serba-serbi Datsun Bluebird Seri 410/411

"Mobil-mobil klasik buatan Datsun memang sudah terkenal sebagai mobil yang tangguh tetapi ringan."