Toyota Sprinter E10 (KE15/KE17)

"Toyota Sprinter adalah sebutan untuk mobil antik berukuran kompak yang diproduksi oleh Toyota sebagai salah satu varian dari Toyota Corolla."

Sprinter juga merupakan versi sporty dari model Corolla lainnya yang berlabel mobil ekonomis. Generasi pertama Sprinter E10 mulai diperkenalkan pada bulan Maret 1968 sebagai tanda kembalinya Toyota Corolla yang habis terjual di dealer-dealer Toyota di Jepang.

Sama seperti pendahulunya, mobil klasik Toyota Sprinter juga menggunakan kode rangka berupa huruf E, yaitu KE15/KE17 yang diproduksi dalam versi coupe dua pintu. Seri ini merupakan sprinter pertama dan terakhir yang melekatkan label Corolla dalam merek dagangnya.

 

Desain Toyota Sprinter KE15/KE17


Pada dasarnya, secara fisik, Sprinter KE15/KE17 memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya E10, yaitu dengan panjang 3,85m dan lebar 1,49m. Namun demikian ruang di dalam KE15/KE17 lebih sempit. Sprinter ini mengurangi tinggi atapnya sekitar 35mm sehingga tampilannya terlihat lebih gagah dan tingkat aerodinamisnya juga lebih tinggi. Adapun ciri khas utama berupa dekorasi grille full chrome tetap dipertahankan.

 

Mesin Toyota Sprinter KE15/KE17

Sprinter generasi pertama ini berbagi mesin yang sama dengan tipe kontemporer E10, dengan sedikit penambahan harga. Mesin yang digunakan adalah K 1100cc yang kemudian di-upgrade menjadi 3k 1166cc.

Mesin mobil antik ini memiliki daya output gross maksimum 68 & 77 PS (50 & 70 kw), dengan gearbox 4-speed manual, dan kemudian 3-speed otomatis. Sistem suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut dan leaf spring yang terkoneksi dengan solid axle di bagian belakangnya. Kombinasi ini tentunya menghasilkan performa handling yang nyaman dan stabil, khususnya untuk kelas mobil sport.

Sprinter Coupe dirilis kembali sebagai generasi ke-2 dari dengan mesin 3K yang dilengkapi dengan silinder 1407cc. Pada produksi selanjutnya digunakan  mesin 2T 1588cc, dengan twincam 2T-G. Sprinter tersebut dikenal dengan Trueno. Mobil klasik Sprinter Trueno memiliki karakter sport car sejati. Body dua pintu yang kompak, dilengkapi kemampuan mesin yang prima, membuatnya terus diburu hingga saat ini.

 

Pemasaran Toyota Sprinter KE15/KE17

Corolla sprinter secara khusus diproduksi sebagai kendaraan utama dalam proyek kerjasama antara Toyota dan General Motor di Amerika Serikat. Setiap seri dari produksi Corolla, Sprinter selalu disertakan sebagi versi kembarannya.     

Di pasar ekspor, Corolla Sprinter Coupe dijual di dealer yang sama dengan dealer Toyota lain. Namun di Jepang, sprinter dijual secara lebih eksklusif di jaringan-jaringan Toyota Auto Store terbaru. Produk ini laris terjual hingga tahun 1971, sampai rivalnya E20 diproduksi.

 

Demikian uraian singkat mengenai Toyota Sprinter E10 (KE15/KE17) yang merupakan versi sporty dari model kontemporer E10. Semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai produk-produk klasik dari Toyota Corolla. Salam otomotif.

Artikel Terkait

Toyota Corolla E70

"Desain terbaru seri Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari"

Corolla TE71 (1979–1983)

TE71 adalah seri Toyota Corolla yang diproduksi dengan banyak model body.

Aneka Versi Toyota Corolla

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

Toyota Sprinter dan Trueno Sprinter (1970 - 1974)

"Setelah sukses mengeluarkan Toyota Corolla pada tahun 1966, Toyota Jepang lagi-lagi menelurkan mobil versi baru yang lebih canggih."

Produk Lainnya

"Mobil sedan dengan 4 pintu ini pertama kali diproduksi pada Februari tahun 1966."
Bulan September 1955 menjadi waktu penting bagi sejarah mobil klasik keluaran Mercedes-Benz seri 220S dan 220SE.
"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."