Toyota Corolla E70

"Desain terbaru seri Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari"

Bagi penggemar mobil tua, siapa yang tidak mengenal mobil Toyota Corolla E70  besutan Jepang ini? Toyota Corolla E70 merupakan generasi ke-4 mobil-mobil yang dijual di bawah bendera Corolla. Model generasi ke-4 ini dirilis pada bulan Maret 1979 di Jepang. Toyota Corolla E70 ini menjadi generasi terakhir yang menggunakan roda penggerak belakang. Nah, bagaimana dengan desain dan rancangan mobil antik ini? Mari kita lihat bersama.

 

 

Desain dan Rancangan Toyota Corolla E70

 

Pekerjaan desain ini dimulai pada tahun 1974 oleh Fumio Agetsuma. Tujuan desain yang ingin dicapainya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya tahan bodi terhadap karat.
  • Mulai mempertimbangkan faktor aerodinamikanya. Memperbesar kabin penumpang lengkap dengan interior yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Menambah faktor-faktor yang bisa meningkatkan kenyamanan. Melengkapi desain baru ini dengan aneka fitur yang diinginkan oleh konsumen

 

Intinya, desain Corolla harus berubah, namun tidak mengesampingkan hal-hal dasar yang membuat mobil ini cukup digemari antara lain :

  • Modelnya memenuhi selera banyak kalangan, dengan demikian perubahan pada seri terbaru ini tidak boleh terlalu berbeda jauh dengan model sebelumnya.
  • Tidak ada kesenjangan antar generasi terhadap Corolla. Maksudnya, Corolla harus memiliki daya tarik yang sama bagi anak muda maupun orang tua.
  • Corolla juga harus bisa diterima melewati batas-batas negara. Mobil ini harus bisa digunakan dengan baik di negeri bertemperatur di bawah 0 derajat, di negara tropis, ataupun di panasnya padang pasir.
  • Corolla memiliki tradisi yang sudah dikenal. Jadi selanjutnya Corolla harus dirancang menggunakan tradisi tersebut. Jenis Corolla baru yang diyakini akan diharapkan oleh semua pengemudi.

 

Pada kenyataannya, pakem yang sudah ditetapkan pun masih harus dikembangkan. Di Indonesia, terjadi perubahan desain sebanyak 4 kali pada Toyota Corolla E70 ini. Apa saja perubahan itu dari tahun ke tahun?

  • Toyota Corolla Produksi Tahun 1980; Model yang dikeluarkan pada tahun ini memakai 4 lampu depan yang berbentuk bulat, serta memiliki bumper besi dengan karet pada kedua ujungnya.
  • Toyota Corolla Produksi Tahun 1981; Headlamp (lampu utama) model bulat digantikan dengan model  kotak.
  • Toyota Corolla Produksi Tahun 1982; Dilengkapi dengan lampu sein depan melebar ke samping. Sedangkan lampu belakang menggunakan desain baru.
  • Toyota Corolla Produksi Tahun 1983; Telah menggunakan tachometer, yaitu alat untuk mengukur kecepatan rotasi per menit (RPM). Sedangkan bagian bumper terbuat dari bahan polyurethane yang berukuran panjang.

 

 

Varian Toyota Corolla E70

Selanjutnya bagi yang ingin mengetahui tipe berbagai desain dari mobil classic Corolla E70 yang sering ditemui, inilah daftarnya.

1.Sedan dengan 2  dan  4 pintu.

2.Station Wagon dengan 3 dan 5 pintu.

3.Hardtop Coupé dengan 2 pintu.

4.Liftback dengan 3 pintu.

5.Van dengan 2 dan 3 pintu.

 

Varian Langka dari Toyota Corolla E70

Ternyata ada pula desain yang merupakan varian langka dari mobil kuno Toyota Corolla E70 ini.

a.Toyota Corolla Slant Nose di Jepang.

b.Toyota Corolla Slant Nose di Australia.

c.Station Wagon Atap Tinggi 2 dan 4 Pintu.

 

Nah, demikianlah berbagai desain dan rancangan dari mobil classic Toyota E70, mobil tua yang paling banyak diminati. Semoga bermanfaat terutama bagi para pencinta mobil antik!

Artikel Terkait

Corolla TE71 (1979–1983)

TE71 adalah seri Toyota Corolla yang diproduksi dengan banyak model body.

Aneka Versi Toyota Corolla

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."

Toyota Sprinter dan Trueno Sprinter (1970 - 1974)

"Setelah sukses mengeluarkan Toyota Corolla pada tahun 1966, Toyota Jepang lagi-lagi menelurkan mobil versi baru yang lebih canggih."

Toyota Sprinter (E40 & E60) & Trueno Sprinter (1974 - 1979)

"Toyota Sprinter E40 dan E60 adalah generasi ketiga dari jenis Corolla yang menjadi simbol kebangkitan Toyota pasca perang dunia ke-II."

Toyota Levin TE51 & TE55 (1974 - 1979)

"Jika TE27 dikenal memiliki desain yang mungil, maka jenis TE51 dan TE55 memiliki desain yang lebih besar dan terkesan sporty."

Toyota Corolla E30 dan E50 (1974 - 1981)

"Mobil antik yang diproduksi pada tahun 1974-1981 ini menjadi ujung tombak perjuangan mobil Jepang di kawasan Amerika."

Toyota Levin TE27 (1972 - 1974)

"Mobil yang akhirnya berjuluk Toyota Levin TE27 ini merupakan mobil antik jenis Sport coupe yang sengaja diciptakan untuk penggila mobil sport di Jepang."

Toyota Corolla E20 (1970-1973)

"Untuk melanjutkan kisah sukses dari generasi pertamanya, generasi ke-2 Toyota Corolla ini diberi kode sebagai E20."

Toyota Sprinter E10 (KE15/KE17)

"Toyota Sprinter adalah sebutan untuk mobil antik berukuran kompak yang diproduksi oleh Toyota sebagai salah satu varian dari Toyota Corolla."